Kembangkan e-Commerce, XL Bangun Ekosistem Pendukung

Sementara ini Elevania sudah mendukung sistem pembayaran online, transfer antar bank, pembayaran melalui ATM dan juga kartu kredit.

oleh Denny Mahardy diperbarui 20 Mar 2014, 09:52 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2014, 09:52 WIB
Hasnul Suhaimi
Hasnul Suhaimi (LIputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Industri e-commerce di Indonesia sedang mendapat banyak sorotan dari pelaku bisnis digital. PT XL Axiata Tbk berusaha memasuki pasar e-commerce Indonesia dengan meluncurkan Elevania.

Penyedia layanan telekomunikasi Tanah Air itu menilai bahwa e-commerce memiliki pertumbuhan yang sangat baik. Mereka berharap industri bisnis digital Indonesia bisa mencapai angka 5% dari pasar komersial yang ada di Indonesia.

"Industri e-commerce kita itu tumbuh pesat. Beberapa waktu lalu masih di angka 0,8% dari total commercial market  Indonesia. Sekarang sudah ada di angka 2%. Kami harapkan bisa jadi 5% nantinya," kata Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL.

Lebih lanjut, Hasnul mengaku perusahaannya telah mengambil langkah strategis agar harapannya bisa terwujud. Membangun ekosistem utama pendukung e-commerce di Indonesia adalah salah satu fokusnya.

"Kami akan dongkrak ekosistem penyangga industri e-commerce di Indonesia dulu. Kita mulai dari payment gateway  sama jalur logistik dulu," ungkap Hasnul saat dijumpai di Hotel JS Luwansa, Jakarta.

Untuk sementara ini Elevania sudah mendukung sistem pembayaran online, transfer antar bank, pembayaran melalui ATM dan juga kartu kredit. Sedangkan sisi jalur logistik Elevania sudah menggandeng Tiki, JNE dan Star Logistik.

Sekedar informasi, Elevenia adalah merek dagang dari XL Planet yang sahamnya hasil patungan dari PT XL Axiata Tbk dengan perusahaan bisnis digital, SK Planet. Kedua perusahaan menyiapkan investasi awal sekitar USD 36,6 juta untuk membangun portal sejak sekitar 1,5 tahun lalu.

E-commerce yang baru dibuka ini memiliki 8 kategori utama yang dianggap paling diminati di Indonesia, diantaranya elektronik dan fashion.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya