10 Kebiasaan Ramah Lingkungan bagi Pengguna Laptop

Ada beberapa cara mudah dan efektif untuk menjadikan penggunaan laptop Anda lebih ramah lingkungan, meminimalkan dampaknya terhadap planet ini sebagaimana dirangkum dari blog resmi Asus.

oleh M Hidayat diperbarui 10 Agu 2023, 06:30 WIB
Diterbitkan 10 Agu 2023, 06:30 WIB
Ilustrasi orang sedang mengetik di laptop. Kredit: StartupStockPhotos via Pixabay
Ilustrasi orang sedang mengetik di laptop

Liputan6.com, Jakarta - Laptop adalah alat yang sangat penting untuk mendukung pekerjaan, komunikasi, dan hiburan di era digital seperti sekarang ini.

Namun, konsumsi energi, proses produksi yang memakan sumber daya, dan limbah elektronik yang dihasilkan oleh laptop sebetulnya berkontribusi pada jejak karbon kita.

Ada beberapa cara mudah dan efektif untuk menjadikan penggunaan laptop kamu menjadi lebih ramah lingkungan, sehingga meminimalkan dampaknya terhadap planet Bumi sebagaimana Tekno Liputan6.com rangkum dari blog resmi Asus.

1. Pembelian Laptop dengan Cermat

Saat berbelanja laptop baru, pertimbangkan keberlanjutannya. Carilah ekolabel yang diakui secara internasional seperti EPEAT dan ENERGY STAR.

Di luar label, selidiki material laptop, efisiensi energi, daya tahan, dan kemampuan perbaikan. Merek yang menawarkan layanan daur ulang untuk laptop lama saat membeli yang baru juga dapat dipertimbangkan.

2. Pilih Aksesori Ramah Lingkungan

Selanjutnya, kamu dapat mempertimbangkan periferal, seperti mouse dan dudukan laptop, yang terbuat dari bahan ramah lingkungan seperti plastik daur ulang atau material daur ulang lainnya. Dengan mendukung opsi aksesori yang berkelanjutan, kamu semakin mengurangi jejak karbon kamu.

3. Manajemen Daya untuk Penghematan Energi

Sesuaikan pengaturan daya laptop kamu untuk membuat perbedaan yang signifikan. Menerapkan tema gelap untuk sistem operasi dan menurunkan kecerahan layar juga dapat kamu coba.

Selain itu, kamu dapat memanfaatkan rekomendasi hemat energi dari sistem operasi terbaru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Penggunaan Daya Efektif

Menggabungkan kebiasaan mematikan atau hibernasi laptop Anda saat tidak digunakan. Praktik sederhana ini dapat menghemat banyak energi dan berkontribusi pada gaya hidup yang lebih hijau.

6. Perawatan Laptop untuk Masa Pakai Panjang

Menjaga kondisi laptop dengan baik tidak hanya memperpanjang masa pakainya, tetapi juga mengurangi kebutuhan akan penggantian yang sering.

Bersihkan laptop Anda secara teratur, perhatikan ventilasi dan port, serta praktikkan cara penyimpanan yang aman. Kebiasaan ini memastikan laptop Anda tetap berfungsi selama bertahun-tahun yang akan datang.

7. Hiburan dan Produktivitas Offline

Unduh media seperti musik dan video alih-alih streaming untuk mengurangi emisi karbon yang terkait dengan online streaming. Offline Mode untuk permainan dan produktivitas dapat meminimalkan jejak karbon Anda lebih lanjut.

8. Lakukan Transisi Digital

Pilih media digital, seperti e-book dan majalah digital daripada materi cetak. Konten digital tidak hanya mengurangi konsumsi kertas tetapi juga menghemat energi dan mengurangi pemborosan dalam proses produksi.

 

 


9. Manfaatkan Cahaya Alami

Jika memungkinkan, manfaatkan cahaya alami untuk penggunaan laptop. Posisikan ruang kerja Anda di dekat jendela untuk mendapatkan manfaat dari pencahayaan alami, sehingga mengurangi kebutuhan akan pencahayaan buatan dari lampu.

10. Perbaiki dan Daur Ulang Secara Bertanggung Jawab

Saat laptop Anda mengalami masalah, cobalah opsi perbaikan terlebih dahulu sebelum beralih ke penggantinya.

Memperbaiki komponen yang tidak berfungsi daripada mengganti seluruh perangkat akan mengurangi limbah elektronik. Jika diperlukan penggantian, daur ulang laptop lama melalui saluran yang bertanggung jawab untuk memastikan pembuangan komponen elektronik dengan benar.

Dengan menerapkan kebiasaan laptop ramah lingkungan ini, Anda dapat meminimalkan jejak karbon dan berkontribusi pada gaya hidup digital yang lebih ramah lingkungan.

Dengan perubahan kecil dalam cara kita menggunakan dan merawat laptop kita, kita bersama-sama dapat membuat dampak positif yang signifikan bagi planet ini.


Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan. (Liputan6.com/Triyasni)

Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan
Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya