7 Rekomendasi Situs Terbaik untuk Baca Buku Komik Gratis

Bagi penggemar buku komik berpengalaman ataupun pendatang baru, berikut ini rekomendasi 7 situs untuk membaca buku-buku komik secara gratis.

oleh Mustika Rani Hendriyanti diperbarui 21 Okt 2023, 20:00 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2023, 20:00 WIB
Penggunaan smartphone
Ilustrasi penggunaan smartphone. (Doc: Mashable)

Liputan6.com, Jakarta - Bagi penggemar buku komik berpengalaman atau pun  pendatang baru, pasti menyadari bahwa membeli semua buku komik tidaklah murah. Atau, terkadang buku-buku komik tertentu sangat langka di pasaran.

Jika kamu ingin membaca buku komik secara gratis, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mengunjungi berbagai situs web yang menyediakan buku komik dalam bentuk digital secara online. 

Meskipun tidak akan membantu dalam pengumpulan buku komik, namun situs web di bawah ini adalah tempat terbaik untuk memulai seri baru atau melanjutkannya. 

Berikut Liputan6.com rekomendasikan 7 situs untuk membaca buku-buku komik secara gratis, merangkum Online Tech Tips, Sabtu (21/10/2023).

1. Digital Comic Museum Melalui situs ini, kamu akan menemukan banyak sekali judul komik era keemasan. Semuanya dari domain publik, sehingga mudah diakses di situs ini.

Kamu bisa mencari berdasarkan penerbit buku komik untuk menemukan komik yang dicari atau menemukan judul baru. 

Kamu juga bisa mengunduh komik apa pun di sini dan membacanya sesuka hati. Kamu bisa melihat pratinjaunya untuk membacanya secara online. Situs ini bersih dan mudah dinavigasi, sehingga kamu bisa menemukan apa yang kamu inginkan tanpa kesulitan.

2. Comic Extra

Jika kamu mencari serial komik yang lebih populer, terutama dari Marvel atau DC, situs ini adalah pilihan bagus untuk menemukannya secara gratis.

Ada banyak sekali scan buku komik di situs ini, baik baru maupun lama. Jadi, kemungkinan besar kamu akan menemukan apa pun yang dicari di sini.

Pemindaian di situs ini berkualitas baik dan mudah dinavigasi di setiap komik, membuat membaca menjadi menyenangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dari Komik-Komik Terkenal hingga Komik Indie Tersedia di Situs Ini

Ilustrasi Komik - Image by Ralph Leonard Poon from Pixabay
Ilustrasi Komik - Image by Ralph Leonard Poon from Pixabay

3.  Comixology 

Situs yang satu ini memberi kamu akses ke berbagai jenis komik, termasuk novel grafis, komik indie, dan banyak lagi. Tujuan situs ini adalah untuk menjual buku komik.

Meski demikian, kamu dapat menemukan ratusan komik untuk dibaca secara online jika masuk ke kategori Komik Gratis. Yang harus kamu lakukan hanyalah menambahkan komik gratis yang ingin dibaca ke keranjang.

Kemudian, kamu akan menerima salinan digitalnya saat checkout tanpa perlu membayar apa pun. Jika kamu ingin mengakses lebih banyak komik di situs ini, kamu juga bisa mendaftar ke Comixology Unlimited.

Ini merupakan layanan berbayar bulanan untuk membaca lebih banyak komik di situs tersebut. Alternatifnya, gunakan aplikasi Comixology.

4. Dark Horse

Setelah Marvel dan DC, Dark Horse adalah salah satu nama besar di dunia buku komik. Mereka memiliki lisensi untuk berbagai waralaba, termasuk Stranger Things, World of Warcraft, Overwatch, dan banyak lagi.

Situs web mereka memiliki banyak komik yang bisa kamu beli, tetapi sebagian besar juga didedikasikan untuk komik gratis.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah mendaftar untuk mendapatkan akun gratis. Kemudian komik Dark Horse bisa dibaca secara digital. Kamu juga dapat mengunduh komik ke perangkat seluler untuk dibaca secara offline jika diinginkan.


Komik Terbitan Apa pun Tersedia di Situs Ini

Ilustrasi generasi milenial
Dalam mencari smartphone, ada tiga hal yang diutamakan oleh generasi milenial. Apa saja? (foto: shutterstock)

5. Read Full Comic

Di situs ini, kamu bisa mencari komik terbitan apa pun. Tanpa embel-embel, memungkinkan kamu menikmati membaca komik favorit tanpa gangguan apa pun.

Pemindaiannya juga cenderung berkualitas sangat tinggi dan mudah dibaca di browser tanpa mengunduh apa pun. Semua halaman untuk setiap komik berada dalam satu halaman panjang jika kamu tidak suka memuat ulang situs web untuk setiap halaman baru.

6. Graphite Comics

Di situs ini, kamu tidak hanya bisa membaca judul-judul komik populer, tetapi juga bisa menemukan beragam komik yang kurang dikenal atau indie. Telusuri koleksi penerbit komik, pencipta, atau telusuri berdasarkan genre. 

Kamu bisa gunakan situs ini untuk menemukan serial baru. Atau ketika kamu tidak dapat menemukan serial tertentu di situs komik gratis lain, situs ini menjadi solusinya.

 


Situs Ini Memiliki Pemindaian Berkualitas Tinggi

Ilustrasi Smartphone Android, Gadget. Kredit: Pexels via Pixabay
Ilustrasi Smartphone Android, Gadget. Kredit: Pexels via Pixabay

Kamu juga dapat berlangganan layanan premium Graphite dengan harga kurang dari USD 2 atau Rp 31 ribu per bulan.

Dengan menjadi pelanggan premium, kamu akan mendapatkan akses ke lebih banyak komik tanpa iklan. Ada juga aplikasi untuk situs ini di iOS dan Android.

7. Read Comics Online

Situs baca komik gratis lainnya yang tidak kalah beragam adalah Read Comics Online. Kamu bisa menelusuri komik berdasarkan penerbit, abjad, rilisan terbaru, atau secara acak.

Pemindaian buku komik diunggah setiap minggu, dan kamu bisa membuat akun di situs tersebut untuk mendapatkan akses ke semua yang ditawarkan. Sangat mudah untuk membaca setiap komik, karena setiap pemindaian berkualitas tinggi dengan format yang ramah pembaca.

Dengan beberapa pilihan bacaan gratis yang tersedia online, kamu tidak akan kehabisan komik untuk dibaca. Komik apa pun yang ingin kamu baca juga tersedia pada situs-situs ini. Mulai dari penerbit terbesar, komik zaman keemasan jadul, atau komik indie.

Kamu bisa dengan leluasa mengakses melalui perangkat kamu.

[INFOGRAFIS] Menggoyang Dominasi Google
Google menjadi raksasa internet yang hampir menguasai semua lini produk dan layanan internet, dominasinya kini mulai goyah.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya