Seberapa Kuat Jaringan 4G Telkomsel?

Bertempat di kantornya di bilangan Jakarta, Telkomsel melakukan uji coba koneksi jaringannya secara tertutup.

oleh Denny Mahardy diperbarui 23 Sep 2013, 16:21 WIB
Diterbitkan 23 Sep 2013, 16:21 WIB
speed-test-130923c.jpg

Teknologi 4G LTE (Long Term Evolution) memasuki masa persiapan untuk dipakai di Indonesia. Telkomsel menggelar uji jaringan koneksi LTE secara tertutup di kantornya untuk memperlihatkan kesiapannya menyambut teknologi komunikasi tersebut.

Bertempat di kantornya di bilangan Jakarta, Telkomsel melakukan uji coba koneksi jaringannya secara tertutup. Hardika Nugroho, Head of Technology Roadmap Telkomsel menyebutkan bahwa frekuensi sebesar 5 Mhz telah dialokasikan untuk uji coba ini.

"Kami menyediakan 5 Mhz di frekuensi 1,8 Ghz untuk ujicoba ini. Dengan alokasi ini kami mampu menyediakan maksimal trafik data hingga 30 Mbps," katanya yang ditemui Tim Tekno Liputan6.com di kantornya, Senin (23/9/2013).

Ketika uji coba menggunakan aplikasi Speedtest LTE, Tim Tekno Liputan6.com bisa mencicipi koneksi data sebesar 21,4 Mbps (download atau unduh), 19,05 Mbps (upload atau unggah) dengan latency atau waktu respon 122ms. Sedangkan saat memakai aplikasi SpeedTest standar, koneksi data didapatkan sebesar 19,32 Mbps (download), 11,88 Mbps (upload) dan latency 21 ms.

Perangkat uji coba yang dipakai pada uji jaringan kali ini adalah Xperia Z buatan Sony dengan seri C6603 yang memang sudah mendukung teknologi LTE.

Sebelumnya, kata Hardika lagi, Telkomsel juga pernah mengujicoba jaringan serupa di kampus Universitas Indonesia bersama pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Tes yang dilakukan tahun 2012 itu memakai 10 Mhz jaringan dan memungkinkan penggunanya mengakses layanan data hingga 60 Mbps.

"Kami berencana menggelar jaringan lagi di kota lain, tapi kemungkinan baru bisa dilaksanakan tahun depan," tandas Hardika. (den/gal)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya