Ekonomi Lesu, Penyerapan Kondominium Naik Signifikan

Sektor kondominium tetap mendapatkan respons positif dari pasar karena masih dianggap instrumen investasi menarik.

oleh Agustina Melani diperbarui 23 Jan 2015, 13:58 WIB
Diterbitkan 23 Jan 2015, 13:58 WIB
Perumahan
(Foto: Wordpress)

Liputan6.com, Jakarta - Terlepas dari melemahnya Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat, tingginya tingkat suku bunga, dan sentimen bisnis yang sedang menurun; aktivitas pasar properti di Indonesia masih menunjukkan pertumbuhan positif.

"Hal ini terlihat di pasar kondominium, ritel, dan perkantoran non CBD," ungkap Herully Suherman, Director Strategic Consulting JLL Indonesia," seperti dikutip dari laman www.rumah.com, Jumat (23/1/2015).

Sektor kondominium tetap mendapatkan respons positif dari pasar, karena masih dianggap instrumen investasi menarik. Luke Rowe, Head of Residential JLL Indonesia menjelaskan, kendati dibayangi dengan kondisi makro ekonomi yang bergerak lamban, penyerapan pasar kondominium pada kuartal IV – 2014 mencapai 3.975 unit.

Sementara itu, total penyerapan pasar kondominium di 2014 mencapai sekitar 17.000 unit, dengan pasokan mendatang kondominium hingga 2018 mencapai 56.000 unit. Pada kuartal IV-2014, jelas Luke, harga kondominium kelas atas dan mewah mengalami kenaikan cukup signifikan, yakni sebesar 7,5%.

"Hal ini disebabkan pembeli masih percaya kondominium sebagai alat investasi dan keterbatasan pasokan kondominium di kelas mewah dan atas," ujar Luke. (Ahm/)

 

*Tulisan Lebih Lengkap Bisa Dibaca di www.rumah.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya