Pasar Ikan Muara Baru Bakal Disulap Mirip Tsukiji Market, Jepang

Diharapkan pasar ikan Muara Baru bisa meningkatkan daya tarik pembeli dan meningkatkan kesejahteraan nelayan.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 23 Feb 2015, 20:40 WIB
Diterbitkan 23 Feb 2015, 20:40 WIB
Ikan-Pasar
(Liputan 6 TV)

Liputan6.com, Medan - PT Hutama Karya (Persero) bersama PT Perikanan Indonesia (Persero) berencana mengembangkan pasar ikan modern di Muara Baru, Jakarta Utara. Konsep pasar ikan yang akan diusung adalah konsep pasar ikan di Jepang dan Korea Selatan.

Direktur Utama Hutama Karya, I Gusti Ngurah Putra mengatakan, semula kedua berusahaan pelat merah tersebut berencana mengembangkan pasar ikan di kawasan Karawang, Jawa Barat. Namun rencana tersebut berubah dengan membangun pasar ikan modern di Muara Baru, Jakarta Utara.

"Tadinya Hutama karya punya tambak 60 Hektar di Karawang yang mau dijadikan pasar ikan, tetapi ternyata Perindo punya pasar Muara Baru, jadi dikembangkan yang itu saja" kata Putra, di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Selasa (23/2/2015).

Ia melanjutkan, pasar ikan modern tersebut akan mencontek pasar ikan yang berada di Tsukiji, Jepang dan Noryangjinm Korea Selatan. Kedua pasar tersebut merupakan pasar ikan modern besar yang menjadi acuan banyak pedagang dan pembeli ikan. Dengan membangun konsep tersebut, diharapkan pasar ikan Muara Baru bisa meningkatkan daya tarik pembeli dan meningkatkan kesejahteraan nelayan.

"Cita-cita kami adalah punya pasar ikan modern. Tidak kumuh, pengen seperti Jepang dan Korea. Besok, Hutama Karya dan Perindo akan membuat studi banding, seperti apa pasar ikan tersebut akan dikembangkan," tuturnya.

Untuk memperbaharui dan memperluas  pasar ikan Muara Baru, membutuhkan dana kurang lebih Rp 10 triliun hingga Rp 12 triliun. Putra menambahkan, saat ini rencana tersebut masih menunggu persetujuan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, setelah dimatangkan konsep pembangunannnya.

" Untuk minta persetujuan apakah project ini layak dilanjutkan. Ada beberapa konsep yang kami buat. Kami akan tindak lanjuti, kami minta waktu sampai pertengahan April," pungkasnya.

Pasar Ikan di Tsukiji, Jepang merupakan pasar ikan modern di Jepang. Di pasar tersebut, Sekitar 2.000 ton ikan dan makanan laut diperdagangkan setiap hari. (Pew/Gdn)


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya