Pelni Tawarkan Kapal Mudik Lebaran‎ Rute Jakarta-Surabaya

Kapal Pelni akan melayani pemudik dengan jalur normal sesuai pengaturan pola angkutan Lebaran 1438 H.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 12 Mei 2017, 13:28 WIB
Diterbitkan 12 Mei 2017, 13:28 WIB
Kapal Pelni
Ilustrasi (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Pengalaman mudik saat Lebaran 1437 H melalui jalur darat dengan kemacetan masih menjadi kekhawatiran bagi pemudik, khususnya pengguna jalur darat di tol Brexit (Brebes Exit), Brebes Timur.

Melihat hal itu PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero)/Pelni menawarkan solusi dan transportasi mudik menggunakan kapal laut Pelni dengan pelayaran reguler Jakarta-Surabaya pada mudik 1438 H tahun 2017.

Manager PR dan CSR Pelni Akhmad Sujadi mengatakan kapal Pelni akan melayani pemudik dengan jalur normal sesuai pengaturan pola angkutan Lebaran 1438 H.

Pelni menawarkan paket mudik berbiaya murah, aman tanpa macet dan menyenangkan dengan kapal laut untuk rute Jakarta-Surabaya.

"Kapal reguler dari Jakarta-Surabaya penumpangnya masih sedikit. Penumpang akan bertambah ketika berangkat dari Surabaya, Makasar dan seterusnya. Space kosong ini yang kami tawarkan kepada penumpang di Jabodetabek untuk mudik dengan kapal laut pada koridor Jakarta-Surabaya," kata Sujadi, Jumat (12/5/2017).

Tiket mudik lebaran dengan kapal laut Jakarta-Surabaya kelas ekonomi KM. Dorolonda yang akan berangkat Jumat 23 Juni 2017 pukul 18.00 ditawarkan hanya Rp 235.000,- sudah termasuk makan. Lama perjalanan tidak jauh berbeda dengan kendaraan darat pada saat lebaran, cuma 23 jam.

"Perjalanan kapal bebas macet, tidak ada lampu merah di tengah perjalanan. Untuk masuk ke pelabuhan, kapal penumpang mendapat prioritas. Bagi warga yang belum mendapatkan tiket bus, kereta api, pesawat dan sewa mobil pribadi bisa mencoba kapal laut dalam mudik lebaran ini bersama keluarga," tambah Sujadi.

Selain bebas macet, kapal laut Pelni juga ber-AC sehingga lebih nyaman. Penumpang dapat istirahat santai tidur atau tiduran di atas kasur empuk, bukan tempat duduk seperti kendaraan lain yang duduk berjam-jam. Penumpang kapal laut juga dapat menikmati hiburan live musik dari salon atau restoran kapal. Tak hanya itu ibadah di atas kapal akan lancar dan lebih khusyuk.

"Tersedia masjid di dalam kapal dan dapat menampung sekitar 100 orang. Naik kapal bisa sholat tarawih, amalan wajib tidak terlewatkan yang sunah pun bisa dilakukan. Beda dengan naik pesawat ,KA dan bus," ujar Sujadi.

Bagi masyarakat di Jawa naik kapal laut masih terasa asing. Kapal Pelni lebih dikenal di luar Jawa, bahkan mereka sangat bergantung dengan kapal Pelni di beberapa pulau terluar dan terdepan sebagai sarana akses dan distribusi barang.

Masyarakat di Jawa dapat memanfaatkan kapal laut dalam mudik Lebaran tahun 2017 ini, khususnya dari Jakarta-Surabaya PP. Tersedia pula kelas kabin atau kelas kamar di KM. Tidar.

Nama-nama Kapal dari Jakarta-Surabaya; KM. Gunung Dempo Jakarta-Surabaya-Jayapura. KM Dobonsolo Jakarta-Surabaya-Jayapura. KM. Ciremai Jakarta-Surabaya-Jayapura. KM. Tidar Jakarta-Surabaya-Fakfak. KM. Umsini Surabaya-Jakarta lanjut sesuai rute.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya