Simak 8 Pertanyaan untuk Mengatur Keuangan Anda

Berikut sejumlah pertanyaan yang harus ditanyakan oleh Anda mengenai keuangan.

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Sep 2017, 15:30 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2017, 15:30 WIB
Beragam masalah dapat memicu keretakan rumah tangga, salah satunya masalah keuangan.
Beragam masalah dapat memicu keretakan rumah tangga, salah satunya masalah keuangan. (Foto: istockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Uang merupakan alat tukar yang digunakan oleh masyarakat setiap hari. Uang dan masyarakat memang tidak bisa dipisahkan. Uang juga menjadi lambang perekonomian di dunia.

Mungkin sejak kecil, Anda sudah diajarkan tentang uang dan prinsip keuangan oleh orangtua. Anda bisa cara berpikir tentang uang dengan belajar mengajukan pertanyaan yang mendorong Anda menuju langkah tindakan positif untuk mengatur keuangan.

Berikut adalah pertanyaan yang sebenarnya harus ditanyakan oleh Anda mengenai keuangan, seperti dikutip dari laman the balance, Sabtu (30/9/2017):

1. Tindakan apa yang saya lakukan minggu ini untuk meningkatkan apa yang saya simpan? Mungkin Anda melewatkan untuk membeli kopi mahal itu dan menyimpan uangnya ke dalam tabungan dana darurat Anda. Atau mungkin Anda meningkatkan kontribusi Anda terhadap rencana pensiun perusahaan Anda sebesar 1 persen. Jika Anda mengambil tindakan seminggu yang meningkatkan tabungan Anda, Anda akan tercengang melihat apa yang dihasilkan dari itu semua.

2. Apakah saya memaksimalkan tingkat suku bunga yang tersedia bagi saya? Lakukan yang terbaik dengan apa yang tersedia. Ambil langkah untuk mendapatkan hasil maksimal dari apa yang Anda miliki dan saat tingkat suku bunga yang lebih tinggi datang.

3. Pilihan karier apa yang bisa saya buat sehingga saya memiliki keterampilan yang diminati bahkan dalam ekonomi yang buruk? Berinvestasi dalam karier Anda adalah langkah cerdas. Pertahankan keterampilan Anda saat ini dan terus belajar yang baru. Ini juga dapat memaksimalkan potensi keterampilan untuk bisa hasilkan uang sehingga mengurangi kehilangan pendapatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Selanjutnya

4. Bagaimana saya bisa berinvestasi dengan cara yang memberi kemungkinan keuntungan tertinggidengan hasil yang baik dari waktu ke waktu? Berinvestasi untuk pertumbuhan bukanlah tentang menemukan persediaan terbaik. Pelajari cara mengikuti rencana alokasi aset dan Anda akan menuju ke arah yang benar.

5. Apa cara terbaik untuk berinvestasi ? Menjaga tujuan jangka panjang Anda adalah kunci kesuksesan investasi.

6. Apakah saya lebih memperhatikan kerugian sementara (volatilitas) atau perubahan gaya hidup permanen (dipaksa untuk hidup lebih hemat)? Anda akan melihat kemerosotan pasar bahkan yang berlangsung beberapa tahun terakhir adalah peristiwa sementara bila dilihat lebih dari satu atau dua dekade. Fokus pada tujuan hidup Anda dan jangan biarkan drama sementara mengalihkan perhatian Anda.

7. Kapan usia terbaik bagi saya untuk mengakses dan menyiapkan dana pensiun? Mulai pertimbangkan untuk menyiapkan dana pensiun. Anda bisa melihat dan mempelajari aset investasi untuk dana pensiun. Ini agar dapat memberikan keamanan keuangan saat masa pensiun.

8. Apa cara terbaik bagi saya untuk melacak kemajuan saya menuju tujuan keuangan? Gambarlah cara untuk melacak berapa banyak yang Anda simpan setiap tahun dan berapa kekayaan bersih Anda. Periksa rekening keuangan seperti tabungan, investasi dan utang Anda. Ini agar Anda tetap fokus ke arah positif untuk mencapai tujuan keuangan. Apalagi jika Anda benar-benar ingin meningkatkan kesuksesan keuangan.(Fransiska Wahyuning) 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya