Luhut 3 Kali Ditegur Jokowi Gara-Gara Kurang Promosikan F1 PowerBoat

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengisahkan sempat ditegur oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Hal itu berkaitan denagn promosi ajang balap perahu motor atau F1 PowerBoat di Danau Toba.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 02 Feb 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 02 Feb 2023, 16:00 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan mengunjungi lokasi penyelenggaran F1 Power Boat (F1H2O) di Silangit, Sumatera Utara (Sumut). (Dok Kemenko Marves)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan mengunjungi lokasi penyelenggaran F1 Power Boat (F1H2O) di Silangit, Sumatera Utara (Sumut). (Dok Kemenko Marves)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengisahkan sempat ditegur oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Hal itu berkaitan denagn promosi ajang balap perahu motor atau F1 PowerBoat di Danau Toba.

Gelaran F1 PowerBoat sendiri akan dihelat pada 25-26 Februari mendatang. Sejumlah sponsor perusahaan nasional pun sudah bergabung mendukung acara ini.

"Perhelatan F1 PowerBoat di Danau Toba ini, tanggal 25-26 (februari) ini saya rasa perhelatan yang hebat," kata dia dalam Konferensi Pers, di Kantor Kemenko Marves, Kamis (2/2/2023).

"Presiden malah negur saya 3 kali ya, 'pak Luhut mana anunya (promosi), kurang itu promosinya, lebih bagus waktu di Mandalika', nah sekarang ini kita promosikan ini," sambungnya.

Padahal, gelaran kejuaraan balap perahu motor setara dengan kejuaraan balap motor atau MotoGP yang dihelat di Mandalika beberapa waktu lalu. Dia juga mewanti-wanti jajaran sponsor yang hadir dalam momen tersebut.

Tercatat ada 7 sponsor yang melakukan penandatanganan tersebut. Diantaranya, PT Mayora Indah, PT Parna Raya, Wilmar, Astraagro, Sinarmas, Musim Mas, Asosiasi Semen Indonesia.

Menko Luhut mengaku tak ragu mempromosikan produk-produk dari sponsor tersebut. Utamanya jika menyangkut kepentingan untuk membuat citra Indonesia menjadi lebih baik.

"Jadi kita semua harus kompak, jadi bapak-bapak sekalian, apapun iklan yang bapak punya mau itu saya tenteng kemana aja," tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Boyong 7 Sponsor

F1 Powerboat atau FI H20 World Series di Danau Toba, Sumatera Utara akan diselenggarakan pada 23 Februari 2023
F1 Powerboat atau FI H20 World Series di Danau Toba, Sumatera Utara akan diselenggarakan pada 23 Februari 2023 (dok: https://www.f1h2o.com )

Kejuaraan balap perahu motor atau F1 PowerBoat di Danau Toba digadang mampu jadi momen kebangkitan pariwisata Indonesia. Dimana PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney menjadi panitia pelaksana utama gelaran ini.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo membidik di tahun 2023 ini jadi satu kebangkitan pariwisata Indonesia. Salah satunya adalah Danau Toba yang bisa dilirik dunia internasional.

"Tentunya kami berbahagia hari ini untuk bisa menandatangani kerja sama dengan para sponsor. Tapi kami ingin menekankan bahwa effort F1H2O ini merupakan salah satu effort daripada kita untuk pemulihan pariwisata Indonesia yang insyaaAllah bisa melejit ditahun 2023 ini," kata dia dalam Konferensi Pers di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kamis (2/2/2023).

Tercatat ada 7 sponsor yang melakukan penandatanganan tersebut. Diantaranya, PT Mayora Indah, PT Parna Raya, Wilmar, Astraagro, Sinarmas, Musim Mas, Asosiasi Semen Indonesia. PT Mayora Indah menjadi sponsor utama, sehingga event ini diberin nama Kopiko F1 PowerBoat Lake Toba.

 


Momentum

F1 Powerboat atau FI H20 World Series di Danau Toba, Sumatera Utara akan diselenggarakan pada 23 Februari 2023
F1 Powerboat atau FI H20 World Series di Danau Toba, Sumatera Utara akan diselenggarakan pada 23 Februari 2023 (dok: https://www.f1h2o.com )

Mengaca ke gelaran MotoGP Mandalika di tahun lalu, pria yang karib disapa Tiko ini menyebut kalau F1 PowerBoat menjadi satu momentum mengenalkan potensi wisata Indonesia ke kancah dunia. Danau Toba sendiri menjadi salah satu dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Indonesia.

"Nah memang dengan program seperti MotoGP, F1H2O termasuk G20 kemarin ini branding Indonesia di dunia meningkat sekali dan kita tentunya ingin 5 BPSP di Indonesia, Toba, Bali, Mandalika, Likupang dan Borobudur bisa menjadi ikon pariwisata dan menjadi Bali-Bali baru," sambungnya.

Informasi, F1 PowerBoat ini bakal digelar pada 25-26 Februari 2023 mendatang di Danau Toba sebagai danau vulkanik terbesar di dunia. Sebanyak 25 ribu orang ditarget bakal menyaksikan gelaran ini.

 


Kesiapan InJourney

F1 Powerboat atau FI H20 World Series di Danau Toba, Sumatera Utara akan diselenggarakan pada 23 Februari 2023
F1 Powerboat atau FI H20 World Series di Danau Toba, Sumatera Utara akan diselenggarakan pada 23 Februari 2023 (dok: https://www.f1h2o.com )

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama InJourney Dony Oskaria menyampaikan lokasi pelaksanaan F1 PowerBoat sudah mencapai 80-90 persen. Beberapa infrastruktur utama pelaksanaan pun sudah rampung.

"Kita sudah selesai untuk di wet paddock dan dry paddock, minggu ini kita akan bangun podium. Kemudian, sudah ada 12 kontainer yang sudah sampai di (pelabuhan) Belawan tinggal kita bawa ke Danau Toba," kata dia.

"Kesiapan masyarakat di sekitar kita sudah lakukan sosialisasi dan mapping semuanya, dan kita harapkan ini eventnya akan berjalan dengan sukses dan ini merupakan event pertama yang melibatkan 80 persennya nya adalah masyarakat," sambung Dony.

Infografis riwayat kecelakaan di Danau Toba
Infografis riwayat kecelakaan di Danau Toba (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya