Ada Diskon Tarif Tol Jakarta-Cikampek di Mudik Lebaran, Jasa Marga Pastikan Tak Tekor

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengaku sudah membuat perhitungan matang terkait pemberian diskon tarif tol di rus Tol Jakarta-Cikampek pada periode mudik dan balik Lebaran 2023. Sehingga kebijakan itu dijamin tidak bakal membuat perusahaan merugi.

oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana diperbarui 13 Apr 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 13 Apr 2023, 10:00 WIB
Kepadatan Jalan Tol Jakarta Cikampek Jelang Natal
Suasana contraflow Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat, Kamis (24/12/2020). Puncak arus lalu lintas keluar Jabodetabek via jalan tol diprediksi terjadi hari ini, Kamis (24/12). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengaku sudah membuat perhitungan matang terkait pemberian diskon tarif tol di rus Tol Jakarta-Cikampek pada periode mudik dan balik Lebaran 2023.

Sehingga kebijakan itu dijamin tidak bakal membuat perusahaan merugi.Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Agus Setiawan mengatakan, diskon tarif tol sebesar 20 persen itu murni usulan dari perseroan dan Asosiasi Tol Indonesia (ATI), bukan desakan pemerintah. Sehingga, ia memastikan kondisi keuangan perusahaan tetap aman.

"Pasti, karena kita sudah punya strategi. Artinya kita memutuskan untuk mengusulkan kebijakan itu pasti sudah dihitung," ujar Agus di Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (13/4/2023).

Menurut dia, potongan harga tersebut bermaksud untuk mengurai kepadatan lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek saat arus mudik dan balik, agar tidak bertumpuk pada waktu-waktu tertentu.

Selain dengan diskon tarif tol, Jasa Marga juga sudah mengantisipasi kemacetan dengan memperlebar Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari kedua arah. Dengan menambah satu lajur, dari tiga lajur menjadi empat lajur.

"Ya sebenarnya trafik di Lebaran kan meningkat. Kemudian kelancaran yang sudah kita pelebaran lajur, itu harapannya kan menjaga tambahan trafik," imbuh Agus.

Agus juga memastikan, kebijakan diskon tarif ini tidak akan menurunkan standar pelayanan minimum (SPM) yang diberikan kepada para pengguna jalan tol.

"Intinya gini, secara keseluruhan Jasa Marga meyakini bahwa rencana usaha untuk pengusahaan Jakarta-Cikampek Insya Allah tidak terganggu dengan adanya diskon," tegas dia.

Adapun pemberlakuan diskon tarif 20 persen ini berlaku untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Potongan harga tersebut hanya berlaku di dua gerbang tol, yakni Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju/dari arah Trans Jawa, dan GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang yang menuju/dari arah Bandung.

Periode pemberlakuan diskon tarif tol 20 persen di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yakni pada Minggu, 16 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Selasa, 18 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Tidak hanya pada arus mudik, Jasa Marga juga akan memberlakukan diskon tarif tol 20 persen di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada periode arus balik, yaitu pada Kamis, 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Berikut besaran diskon untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek selama periode mudik dan balik Lebaran:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

  • Kendaraan Golongan I: Semula Rp 20.000 menjadi Rp 16.000, diskon sebesar Rp 4.000
  • Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp 30.000 menjadi Rp 24.000, diskon sebesar Rp 6.000
  • Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp 40.000 menjadi Rp 32.000, diskon sebesar Rp 8.000

Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Mudik di Tol Jatim Terjadi pada 19 April

Jalan tol layang Jakarta-Cikampek
Jalan tol layang Jakarta-Cikampek (dok: PUPR)

PT Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik tahun ini di jalan tol Jatim terjadi pada tanggal 19 April 2023. Sedangkan arus balik diperkirakan terjadi dua kali, yaitu pada tanggal 25 April dan 1 Mei 2023.

General Manager Jasa Marga Surabaya - Gempol, Dominicus Hari Pratama menyatakan siap melayani pemudik di jalan tol wilayah Jawa Timur (Jatim), di antaranya mengantisipasi antrean panjang kendaraan pemudik di sejumlah pintu tol yang menjadi simpul kemacetan.

Jalan tol Trans Jawa di wilayah Jatim terdiri dari rute Surabaya - Gempol, Surabaya - Mojokerto, Pasuruan - Probolinggo, Gempol - Pasuruan, Pandaan - Malang dan Ngawi - Kertosono - Kediri.

"Salah satunya yang kerap dipadati kendaraan pemudik adalah di pintu tol Kejapanan, Pasuruan, yang merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa Surabaya - Gempol. Selama 24 jam atau sehari pada puncak arus mudik tahun lalu tercatat dilintasi sebanyak 285 ribu kendaraan," katanya di Surabaya, dilansir dari Antara, Rabu (5/4/2023).

Peningkatan jumlah kendaraan pada arus mudik dan balik tahun ini diprediksi sekitar 6 hingga 9,5 persen.

Jika terjadi antrean panjang di pintu tol pada puncak arus mudik maupun balik, Jasa Marga menyatakan siap mengurainya dengan menambah pintu atau jalur baru demi mempercepat transaksi.

Di tiap pintu tol yang menjadi simpul kemacetan telah disiapkan masing-masing empat unit alat pembayaran portabel.

Namun menurut Hari, terutama yang sebenarnya agak mengganggu dan dapat menimbulkan antrean semakin panjang adalah "top up" atau pengisian uang elektronik kartu tol.


Fasilitas Top Up Dipindah

Ratusan Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta saat Libur Tahun Baru
Arus kendaraan saat melintas di ruas Tol Layang Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (30/12/2021). Sebanyak 143.660 kendaraan tercatat meninggalkan Jakarta lewat empat gerbang tol (GT) utama, antara lain Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Ciawi, dan Cikupa. (merdeka/com/Iqbal S Nugroho)

Di jalan tol Surabaya - Gempol, selama ini disiapkan fasilitas "top up" di pintu tol Sidoarjo.

Hari menginformasikan, selama masa mudik, mulai 7 April mendatang, sebagai antisipasi agar tidak menambah panjang antrean kendaraan di pintu tol Sidoarjo, fasilitas "top up" sementara dipindahkan ke Rest Area 754-A, yang masih berlokasi di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

"Jadi mohon perhatian pengguna jalan. Tarif tol Surabaya - Gempol sebenarnya tidak terlalu mahal, dari Surabaya ke Sidoarjo cuma Rp9 ribu, mohon pengguna jalan bisa mengisi uang elektroniknya dengan maksimal agar tidak perlu menggunakan fasilitas top up yang kami sediakan, sehingga tidak menambah semakin panjang antrean kendaraan," tuturnya.

  

Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya