Sosok Pendatang Baru yang Masuk Daftar 50 Orang Terkaya Indonesia Gara-Gara IPO

Kekayaan kolektif orang terkaya di Indonesia naik 40 persen menjadi USD 252 miliar. Salah satunya keuntungan dari pelaksanaan IPO.

oleh Agustina Melani diperbarui 07 Des 2023, 18:46 WIB
Diterbitkan 07 Des 2023, 18:46 WIB
Sosok Pendatang Baru yang Masuk Daftar 50 Orang Terkaya Indonesia Gara-Gara IPO
Forbes kembali merilis daftar terbaru 50 orang terkaya di Indonesia. Berdasarkan data Forbes, kekayaan kolektif orang terkaya Indonesia mencatat rekor mencapai USD 252 miliar. (Foto: Freepik/Chokniti)

Liputan6.com, Jakarta - Forbes kembali merilis daftar terbaru 50 orang terkaya di Indonesia. Berdasarkan data Forbes, kekayaan kolektif orang terkaya Indonesia mencatat rekor mencapai USD 252 miliar atau sekitar Rp 3.914 triliun (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.532).

Kekayaan orang terkaya Indonesia itu naik 40 persen dari USD 180 miliar atau sekitar Rp 2.795 triliun pada tahun lalu. Hasilnya separuh taipan dalam daftar orang terkaya Indonesia menjadi lebih kaya dibandingkan tahun lalu.

Kekayaan orang terkaya Indonesia melonjak seiring serangkaian pencatatan saham baru terutama perusahaan energi dan pertambangan yang hasilkan keuntungan.

Bahkan dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia itu, ada empat pendatang baru yang masuk berkat penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO).

IPO perusahaan tambang tembaga dan emas PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) pada 7 Juli 2023 membawa tiga nama masuk daftar 50 orang terkaya di Indonesia.

Sosok pendatang baru itu antara lain Presiden Komisaris PT Amman Mineral Internasional Tbk dan mantan bankir investasi Agoes Projosasmito, Presiden Direktur PT Amman Mineral Internasional Tbk Alexander Ramlie dan pemilik perusahaan minyak dan gas bumi Medco Energi Internasional Hilmi Panigoro, ketiga merupakan pemegang saham utama. Adapun PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) genggam 20,94 persen saham AMMN.

PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) mencatatkan saham perdana di BEI pada 7 Juli 2023. Perseroan mematok harga saham perdana Rp 1.695 per saham dengan nilai nominal Rp 125 per saham. Total dana yang diraup dari IPO mencapai Rp 10,73 triliun. IPO tersebut termasuk yang terbesar pada 2023.

Dana IPO

Dari dana IPO, sekitar Rp 1,78 triliun atau sekitar USD 117,2 juta dari dana IPO akan digunakan perseroan untuk penyetoran untuk penyetoran modal kepada AMIN melalui pengambilbagian saham baru yang akan diterbitkan oleh PT Amman Mineral Industri (AMIN), yang selanjutnya akan digunakan oleh AMIN untuk membiayai pengeluaran modal atas Proyek Smelter di AMIN yang berlokasi di Dusun Otakeris, Desa Maluk, Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. 

Selain itu, sekitar Rp 3,04 triliun atau USD 200 juta akan digunakan untuk melunasi uang kepada PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT).

Sedangkan sisa dana IPO akan digunakan untuk penyetoran modal kepada AMNT melalui pengambilbagian saham baru yang akan diterbitkan oleh AMNT, yang selanjutnya akan digunakan AMNT untuk membiayai pengeluaran modal atas Proyek Ekspansi Pabrik Konsentrator dan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap di AMNT. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harga Saham AMMN Melonjak

Indeks Harga Saham Gabungan Akhir Tahun 2022 Ditutup Lesu
Karyawan melintasi layar yang menampilkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) saat acara Penutupan Perdagangan Bursa Efek Indonesia Tahun 2022 di Jakarta, Jumat (30/12/2022). PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat ada 59 perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) atau pencatatan saham sepanjang 2022. Pada penutupan perdagangan akhir tahun, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup lesu 0,14% atau 9,46 poin menjadi 6.850,62. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Harga saham AMMN telah naik 282 persen sejak pencatatan saham perdana di BEI pada Juli 2023. Harga saham AMMN ditutup ke posisi Rp 6.475 per saham pada Kamis, 7 Desember 2023 dari Juli 2023 sebesar Rp 1.695 per saham.

Pendatang Baru dalam Daftar Orang Terkaya di Indonesia Berkat IPO

Seiring lonjakan saham AMMN itu, Presiden Komisaris PT Amman Mineral Internasional Tbk Agoes Projosasmito mencatat kekayaan USD 5,4 miliar. Ia masuk 10 besar daftar orang terkaya di Indonesia. Agus Projosasmito berada di peringkat ke-8 di jajaran 50 orang terkaya di Indonesia.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) Alexander Ramlie mencatat kekayaan USD 2,5 miliar. Ia berada di peringkat ke-23 dari 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Selain itu, Hilmi Panigoro dan keluarga masuk daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada 2023 untuk pertama kali. Posisi Hilmi Panigoro dan keluarga berada di peringkat ke-22. Nilai kekayaan Hilmi Panigoro dan keluarga mencapai USD 2,8 miliar.Forbes menyebutkan, kenaikan harga saham Medco dan faktor lainnya telah menempatkan Hilmi Panigoro dan keluarga masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada 2023.

Harga saham MEDC meski sempat turun dari level tertinggi di kisaran Rp 1.600 pada September 2023, harga saham Medco kini berada di kisaran Rp 1.000 pada akhir November, atau sekitar dua kali lipat harganya dibandingkan Desember 2021.


Pendiri Cinema XXI Benny Suherman

Cinema XXI di Plaza Senayan yang dikelola jejaring bioskop PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (CNMA). (Foto: PT Nusantara Sejahteraya Raya Tbk)
Cinema XXI di Plaza Senayan yang dikelola jejaring bioskop PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (CNMA). (Foto: PT Nusantara Sejahteraya Raya Tbk)

Selain itu, sosok pendatang baru lainnya yakni salah satu pendiri jaringan bioskop Cinema XXI Benny Suherman. Benny Suherman masuk daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada 2023 dan berada di peringkat ke-43. Nilai kekayaan Benny Suherman tercatat USD 1,1 miliar.

Benny Suherman masuk daftar tersebut setelah IPO PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk. PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (CNMA) mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI)  pada 2 Agustus 2023.

Perseroan menetapkan harga perdana saham CNMA sebesar Rp 270 per saham dengan nilai nominal Rp 8. Dengan demikian, total dana IPO yang diraup Rp 2,25 triliun. Harga saham CNMA naik 1,4 persen dari sejak pencatatan saham perdana pada 2 Agustus 2023. Harga saham CNMA ditutup stagnan di posisi Rp 274 per saham.


Kenaikan Peringkat

Kawasan tambang nikel PT Trimegah Bangun Persada Tbk atau yang familiar disebut Harita Nickel di Pulau Obi, Halmahera Selatan.
Kawasan tambang nikel PT Trimegah Bangun Persada Tbk atau yang familiar disebut Harita Nickel di Pulau Obi, Halmahera Selatan. (dok: Ilyas)

Selain IPO membawa pendatang baru dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia, ada juga orang terkaya Indonesia yang catat lonjakan kekayaan dan peringkat. Salah satunya  Lim Hariyanto Wijaya Sarwono. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono kini masuk di daftar 10 orang terkaya di Indonesia, tepatnya posisi ke-9. Ia alami kenaikan 27 peringkat dari 2022 di posisi ke-36. Pada saat itu, kekayaan Lim Hariyanto Wijaya Sarwono mencapai USD 1,12 miliar.

Dengan IPO PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) membawa kekayaan Lim Hariyanto Wijaya Sarwono menjadi USD 4,8 miliar. PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) atau dikenal sebagai Harita Nickel mencatatkan saham perdana di BEI pada 12 April 2023.

Harga saham perdana NCKL ditetapkan Rp 1.250 per saham dengan nilai nominal Rp 100 per saham. Total dana yang diraup dari IPO sebesar Rp 10 triliun. Adapun momen IPO PT Trimegah Bangun Persada Tbk dinilai tepat seiring ambisi Indonesia untuk membangun rantai pasokan kendaraan listrik dengan cadangan nikel yang melimpah.

 Pada penutupan perdagangan Kamis, 7 Desember 2023, harga saham NCKL naik 0,49 persen ke posisi Rp 1.020 per saham. Namun, harga saham NCKL melemah 18,4 persen dari harga perdana Rp 1.250 per saham.

Adapun Harita Nickel memiliki empat konsesi nikel di Pulau Obi di Maluku Utara yang memulai eksplorasi pada 2007. Setelah pemerintah membatasi ekspor nikel pada 2014 untuk mendorong perusahaan dalam negeri membuat produk nikel yang bernilai tambah, Harita Nickel mengembangkan pabrik rotary klin-electric furance atau RKEF yang produksi feronikel untuk membuat baja tahan karat.


IPO Penting Lainnya pada 2023

Pencatatan perdana saham PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA), Selasa (18/4/2023). (Foto: BEI)
Pencatatan perdana saham PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA), Selasa (18/4/2023). (Foto: BEI)

PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 18 April 2023. Harga saham perdana ditetapkan Rp 795 per saham dengan nilai nominal Rp 100. Total dana yang diraup dari IPO sebesar Rp 8,74 triliun.

Merdeka Battery Materials merupakan salah satu satu unit usaha Merdeka Copper Gold. Perusahaan yang didukung pengusaha Garibaldi Thohir dan Edwin Soeryadjaya ini meraih dana terbesar ketiga dari IPO pada 2023. Namun, saham MBMA merosot 28,93 persen dari harga Rp  795 per saham menjadi Rp 565 per saham. Pada penutupan perdagangan Kamis, 7 Desember 2023, harga saham MBMA susut 5,04 persen.

Forbes menyebutkan, meski saham MBMA anjlok sejak go public, kekayaan dua pengusaha itu terpukul oleh penurunan yang lebih besar pada kepemilikan yang lain. Garibaldi Thohir yang memiliki sekitar 9 persen saham MBMA dan 7 persen Merdeka Copper Gold, kekayaannya merosot menjadi USD 3,3 miliar.

Berdasarkan daftar Forbes, Garibaldi Thohir dan keluarga mencatat kekayaan USD 3,3 miliar, dan berada di posisi ke-17 dari  50 jajaran orang terkaya di Indonesia. Posisi Garibaldi Thohir turun dari sebelumnya di posisi ke-15 dari 50 orang orang terkaya di Indonesia dengan nilai kekayaan USD 3,45 miliar.

Sementara itu, Edwin Soeryadjaya dan keluarga berada di peringkat ke-39 dari daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Total kekayaan Edwin Soeryadjaya dan keluarga mencapai USD 1,24 miliar. Posisi Edwin Soeryadjaya ini turun dari sebelumnya di posisi ke-25 dengan kekayaan USD 1,8 miliar pada 2022.

 

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya