Harga Minyak Dunia Naik Dampak Serangan Houthi di Laut Merah

Harga minyak naik pada hari Selasa karena kapal tanker menghindari Laut Merah akibat meningkatnya serangan militan Houthi

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 20 Des 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 20 Des 2023, 08:00 WIB
Harga Minyak Dunia. Foto: Freepik/Artphoto_studio
Harga minyak naik pada hari Selasa karena kapal tanker menghindari Laut Merah akibat meningkatnya serangan militan Houthi. Foto: Freepik/Artphoto_studio

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak naik pada hari Selasa karena kapal tanker menghindari Laut Merah akibat meningkatnya serangan militan Houthi yang didukung Iran yang telah mengganggu rute pelayaran internasional.

Dikutip dari CNBC, Rabu (20/12/2023), harga minyak kontrak West Texas Intermediate untuk bulan Januari naik 97 sen, atau 1,34%, menjadi menetap di USD 73,44 per barel. Kontrak Brent untuk bulan Februari naik USD 1,28, atau 1,64%, menjadi USD 79,23 per barel.

Dalam beberapa pekan terakhir, pemberontak Houthi Yaman telah melancarkan serangkaian serangan pesawat tak berawak terhadap kapal-kapal komersial yang melintasi Laut Merah.

Perusahaan pelayaran besar dan pengangkut minyak menghentikan perjalanan melalui Laut Merah pada hari Jumat, setelah lebih dari selusin kapal diserang sejak dimulainya perang Israel-Hamas pada awal Oktober.

Jalur Pelayaran Dialihkan

Raksasa pelayaran Maersk, Hapag Lloyd, Mediterranean Shipping Company (MSC), CMA CGM dan Evergreen mengumumkan bahwa mereka akan segera mengalihkan semua perjalanan yang dijadwalkan.

Raksasa minyak BP pada hari Senin bergabung dengan raksasa transportasi dan menghentikan pengiriman melalui Terusan Suez karena memburuknya keamanan di Laut Merah.

“Pasar energi mulai memperhitungkan gangguan terhadap permintaan minyak harian global yang 9% di antaranya mengalir melalui Terusan Suez,” tulis Senior Portfolio Manager NewEdge Wealth Ben Emons dalam catatan hariannya, seraya menambahkan bahwa Brent “sangat sensitif” terhadap gangguan ini. .

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dampak ke Komoditas Lain

Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP
Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP

Ia mencatat bahwa hal ini juga akan berdampak pada komoditas lain seperti kopi, kedelai, nikel, dan minyak sawit, mengingat sekitar 12% arus perdagangan komoditas non-minyak melalui Terusan Suez.

Goldman Sachs memperkirakan dampak keseluruhannya akan terbatas.

“Gangguan ini sepertinya tidak akan berdampak besar pada harga minyak mentah dan LNG karena peluang pengalihan kapal menyiratkan bahwa produksi tidak akan terkena dampak langsung,” kata analis di bank investasi tersebut dalam sebuah laporan.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis hari Minggu, Ketua dan Direktur Pelaksana Otoritas Terusan Suez Ossama Rabiee mengatakan bahwa sejak 19 November, 55 kapal telah dialihkan melalui Tanjung Harapan – perjalanan yang lebih panjang mengelilingi Afrika bagian selatan, sementara 2.128 kapal telah lewat. melalui Terusan Suez.

 


Peran AS

FOTO: Kapal Kargo Ever Given Berhasil Dievakuasi dari Terusan Suez
Kapal kargo Ever Given ditemani kapal tunda saat melaju di Terusan Suez, Mesir, Senin (29/3/2021). Ratusan kapal sedang menunggu untuk melewati kanal yang menghubungkan Mediterania ke Laut Merah. (Suez Canal Authority via AP)

AS telah menjanjikan upaya internasional untuk memerangi situasi ini, dengan memperluas kekuatan maritim multinasional di Laut Merah untuk melindungi diri dari serangan tersebut.

Inisiatif keamanan baru ini, yang diberi nama Operation Prosperity Guardian, bertujuan untuk mencegah serangan Houthi lebih lanjut ketika AS melihat potensi gejolak konflik regional di tengah perang Israel-Hamas. Negara-negara peserta yang teridentifikasi dalam pakta pertahanan tersebut termasuk Bahrain, Inggris, Kanada, Prancis, Italia, Belanda, Norwegia, Seychelles, dan Spanyol.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya