3 Negara Ini Gratiskan Tarif Jalan Tol saat Libur Lebaran

Berikut adalah sederet negara yang membeberlakukan pembebasan tarif jalan tol selama libur lebaran.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 04 Apr 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 04 Apr 2024, 07:00 WIB
20150708-Jasa Marga Beri Diskon Tarif Tol Sampai 35 Persen Selama Lebaran-Jakarta 3
Arus lalulintas di jalan tol Jagorawi, Jakarta, Rabu (8/7/2015). Pemerintah mulai Selasa (7/7) pukul 00.00 WIB memberikan diskon tarif seluruh ruas jalan tol sebesar 25-35 persen sampai Rabu (22/7) pukul 24.00 WIB. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Libur nasional dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri atau Libur Lebaran telah menjadi tradisi yang dirayakan di negara-negara mayoritas penduduk muslim.

Libur Idul Fitri kerap disambut dengan pergerakan besar masyarakat untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman, atau yang umum dikenal sebagai aktivitas "mudik".

Di sejumlah negara, periode mudik Lebaran disambut pemerintah dengan menyediakan pembebasan tarif jalan tol, untuk mendudung masyarakat bepergian selama berlibur.

Baru-baru ini, Malaysia mengungkapkan akan memberlakukan bebas tarif pada jalan tol pada tanggal 8 dan 9 April untuk pengguna kendaraan pribadi, dalam rangka menyambut perayaan Hari Raya Idul Fitri atau libur Lebaran di negara itu.

Berikut adalah sederet negara yang membeberlakukan pembebasan tarif jalan tol selama libur lebaran, disusun dari berbagai sumber pada Kamis (4/4/2024):

Malaysia

Menteri Pekerjaan Umum Malaysia, Datuk Seri Alexander Nanta Linggi mengatakan bahwa tarif gratis jalan tol akan diberlakukan di seluruh gerbang tol di Malaysia, kecuali yang berada di perbatasan negara, yakni Tol Gedung Sultan Iskandar (BSI) dan To Plaza Tanjung Kupang di Johor.

Dia mengatakan, periode bebas tarif jalan tol akan dimulai pada tanggal 8 April (Senin) dan berakhir pada pukul 23.59 waktu setempat pada tanggal 9 April (Selasa), dengan alokasi kompensasi sebesar 37,6 juta Ringgit.

"Dengan adanya pembebasan tol ini, diharapkan jumlah kendaraan meningkat 2,46 juta per hari di seluruh jaringan jalan tol," ungkap Nanta, dikutip dari Bernama, Rabu (3/4/2024).


Uni Emirat Arab

Objek Wisata di Dubai
Burj Al-Arab dilihat dari Souk Madinat Jumeirah, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). (Liputan6.com/Asnida Riani)

Pada tahun 2023 lalu, kota Abu Dhabi di Uni Emirat Arab memberlakukan tarif gratis pada fasilitas parkir umum dan jalan tol selama libur Idul Fitri mendatang.

Melansir GulfNews, regulator transportasi umum di emirat, yang merupakan bagian dari Departemen Kota dan Transportasi, mengatakan periode bebas biaya tol berlangsung hingga 3 Syawal, dengan tanggal yang sama pada kalender Masehi akan ditentukan berdasarkan pengamatan ke bulan.

Otoritas UEA mengatakan, tarif tol akan dikenakan kembali pada jam sibuk setelah libur Idul Fitri.


Turki

Menjelajahi Istanbul, Kota Dua Benua di Turki dengan Segudang Keindahannya
Istanbul menyimpan kekayaan sejarah, budaya dan panorama cantik yang wajib dikunjungi selama Ramadan. (Foto: Dok/TGA).

Pada Juli 2023 lalu, Turki memberlakukan tarif gratis pada jalan tol yang terhubung dengan Jembatan Syahid dan Fatih Sultan Mehmet.

"Jembatan Fatih Sultan Mehmet dapat digunakan secara gratis," demikian keterangan otoritas Turki, dikutip dari Raillynews.

Selain jalan tol, Turkiye juga melakukan peningkatan kapasitas pada kereta kecepatan tinggi, jalur utama, dan kereta regional.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya