Prabowo Puji Kinerja Menteri Pertanian atas Kesuksesan Transformasi Pertanian Modern

Keberhasilan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam transformasi pertanian tradisional ke pertanian modern membuatnya menjadi menteri yang paling disayangi Prabowo.

oleh Wuri Anggarini pada 28 Sep 2024, 19:41 WIB
Diperbarui 28 Sep 2024, 19:46 WIB
Prabowo Puji Kinerja Menteri Pertanian atas Kesuksesan Transformasi Pertanian Modern
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaima. (c) Istimewa

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman berhasil mendapatkan apresiasi dari Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto. Pujian ini datang atas kesuksesan Mentan dalam mentransformasi pertanian tradisional ke pertanian modern.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hasjim Djojohadikusumo dalam Rakernas ke-20 Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) di Jakarta Selatan.

"Saya bisa bersaksi kalau Pak Amran, Pak Menteri ini adalah paling disayangi Pak Prabowo Subianto saat ini, paling disayangi dan akan lebih banyak disayangi nanti kalau kita jadi pengekspor pangan, Pak Amran. Ini program luar biasa, itu dengan teknologi dan lain-lain luar biasa," ujar Hasjim, Sabtu, 28 September 2024.

Hasjim juga menyampaikan bahwa Indonesia pernah mengukir sejarah manis lewat capaian swasembada pangan di masa Orde Baru. Ia mengungkapkan bahwa capaian ini bisa saja akan terulang kembali di masa pemerintahan yang akan datang.

"Di tahun 1985, Indonesia eksportir beras, antara lain ke Vietnam. Indonesia membantu negara itu dengan ratusan ribu ton beras. Tahun 1985, tahun 1986, Vietnam mau kembalikan pinjaman beras. Indonesia kelebihan beras, Bulog itu kemudian penuh dengan beras. So, nanti kalau Indonesia kelebihan beras, Pak, saya menawarkan jasa saya ke Bapak, kita ekspor ke negara-negara lain," bebernya.

Hasjim mengaku waktu itu dia merupakan pelaku ekspor yang memasok beras nasional ke berbagai negara. Sebagai pengusaha, dia bangga karena negaranya berhasil swasembada.

"Waktu itu saya punya gaya. Kalau Indonesia tidak perlu beras, Indonesia jual ke negara lain. Saya waktu itu pelakunya, Pak. Saya jual beras ke negara tetangga, namanya Filipina dan kita dibayar, dan uang itu saya bayar ke Bulog waktu itu. Saya berbangga waktu itu, pengusaha Indonesia ikut perdagangan internasional. Kita jual beras Indonesia dari Vietnam, kita jual ke Filipina, uang kita kembalikan, saya bayar kembali ke Pak Bustanil Arifin (mantan Kepala Bulog) waktu itu, Pak, itu pengalaman, Pak," imbuh Hashim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ajak Pengusaha Tionghoa Sukseskan Program Pemerintah di Sektor Pangan

Prabowo Puji Kinerja Menteri Pertanian atas Kesuksesan Transformasi Pertanian Modern
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. (c) Istimewa

Terkait hal ini, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman juga mengajak para pengusaha Tionghoa untuk berpartisipasi dalam mensukseskan program pemerintah yang berkaitan dengan sektor pangan. Mulai dari program cetak sawah 3 juta hektare, cluster pertanian modern hingga penguatan makan bergizi gratis yang akan dijalankan Presiden terpilih Prabowo Subianto pada Oktober mendatang.

Menurut Mentan, berbagai program tersebut adalah program masa depan bangsa untuk menjadikan Indonesia sebagai superpower di dunia.

"Khusus cetak sawah, kalau ini kita lakukan maka hasilnya sudah pasti akan kelihatan. Bapak Ibu perkalian sederhana kalau 3 juta jadi kenyataan produksi 5 ton saja apalagi 10 ton per hektare hasilnya 30 juta ton. Dan kalau itu bisa kita lakukan kita bisa ekspor 4 sampai 5 juta ton," ujar Mentan Amran.

Mentan Amran melanjutman saat ini sudah mulai bekerja di lapangan khususnya wilayah Merauke Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat, pemerintah membangun cluster pertanian modern yang sejajar dengan negara maju.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya