Miliarder Satu Ini Keliling Rumah Megahnya Pakai Kereta Gantung

Cable car berbentuk seperti kereta gantung menghubungkan halaman belakang dan bagian utama rumah Larry Ellison.

oleh Siska Amelie F Deil diperbarui 29 Jan 2014, 21:15 WIB
Diterbitkan 29 Jan 2014, 21:15 WIB
larry-ellison-140129c.jpg
Merangkak naik dari kehidupan sulit di masa kanak-kanak, Larry Ellison tak pernah putus asa. Pendiri perusahaan software terbesar di dunia itu kini bahkan telah menjadi salah satu miliarder terkaya di dunia.

CEO Oracle, Larry Ellison tercatat telah membeli rumah mewah di Malibu, California seharga US$ 20 juta atau setara Rp 243,1 miliar (kurs Rp 12.155 per dolar AS). Jumlah itu tentu hanya sedikit jika dibandingkan total hartanya yang menembus angka US$ 41 miliar atau Rp 498,35 triliun.

Lapangan tenis dan kolam renang menjadi salah satu properti yang bertengger menjadi bagian dari kemewahan rumah Ellison. Tetapi bukan itu yang membuat rumahnya menarik dan unik.

Adalah cable car berbentuk seperti kereta gantung yang menghubungkan halaman belakang dengan bagian utama rumah yang menjadikan hunian Ellison semakin fantastis. Dengan kereta gantung tersebut, setiap orang yang ingin berenang dapat langsung meluncur dari atas rumah ke dekat kolam renang.

Seperti apa kereta gantung yang menarik hati Ellison tersebut? Berikut lika-liku rumah mewah Ellison beserta kereta gantung yang jadi fasilitas pribadi seperti dikutip dari Wellington Cable Car, Business Insider, dan Forbes, Rabu (29/1/2014):

1-larry-ellison-140129c.jpg

Apa itu Cable Car yang berbentuk kereta gantung?

Sistem mobil kabel berbentuk kereta gantung sudah lahir lebih dari satu abad digunakan sebagai metode transportasi di sejumlah wilayah di Amerika Serikat (AS). Pada 1873, Andrew Smith Hallidie menciptakan mobil kabel di San Francisco.

Awalnya, sistem mobil kabel ini digunakan sebagai alat angkut barang tambang. Tetapi lambat laun, mobil kabel ini digunakan sebagai angkotan umum di tengah kota.

Penciptaan mobil berbahan bakar uap dengan sistem yang dikendalikan kabel ini muncul saat melihat seekor kuda dicambuk untuk menarik kereta. Padahal saat itu jalanan aspal tengah basah karena hujan.

Setelah berhasil menguji kelayakan kendaraan tersebut, Hallidie berhasil mewujudkan idenya. Pada 1888, Frank Sprague menyempurnakan alat transportasi tersebut.

Dia menjadikannya mobil listrik yang dapat menjangkau banyak kawasan dalam waktu yang lebih cepat. Selain itu, keuntungan menggunakan mobil kabel adalah biaya operasionalnya yang murah.

Hingga saat ini, mobil kabel itu digunakan di beberapa negara bagian di Amerika Serikat, di Australia dan Jerman.

istana-miliarder-12-larry-ellison-131009

Larry Ellison jadikan mobil kabel sebagai kendaraan pribadi

Berbeda dengan warga San Fransisco lain yang menggunakan mobil kabel sebagai alat transportasi publik. Bos Oracle ini justru menjadikannya sebagai kendaraan pribadi.

Uniknya, mobil kabel berbentuk kereta gantung itu tidak digunakan untuk berkeliling kota. Fungsinya sederhana, dia menggunakan mobil kabel itu untuk menghubungkan bagian atas rumahnya dengan kolam renang yang terletak di halaman belakang.

Rumahnya memang terkenal mewah dan megah. Dari atas rumah Ellison, banyak orang dapat membuang pandangannya ke lepas pantai yang terletak tak jauh dari huniannya tersebut.

Selain mobil kabel, Ellison punya banyak properti mewah di rumahnya.

Tak hanya kemegahan rumah Ellison yang membuat banyak orang tercengang. Akan tetapi berbagai properti seperti ruang tamu super luas, lapangan tenis, dan kolam renang besar turut menjadi bagian dari rumah mewah itu.

Selain itu, terdapat sembilan kamar tidur besar dan tiga studio rekaman di dalam rumahnya. Lebih hebat lagi, Ellison juga membayar orang untuk membangun rel khusus untuk mobilnya.

Para tamu yang berkunjung ke rumahnya dapat berkeliling dengan menikmati mobil kabel tersebut. Namun semua properti itu tak sebanding dengan 12 rumah besar di Malibu.

3-larry-ellison-140129c.jpg

Ellison hobil koleksi rumah

Pengusaha di bidang teknologi ini memang memiliki harta yang berlimpah. Terbukti dia tak segan-segan membeli sebuah rumah mewah di Turki seharga US$ 23 juta pada 2005.

Properti hunian ini tampak bergaya Jepang dan dibangun di atas lahan seluas 6,88 hektare (ha). Rumah mewah ini memiliki empat kamar tidur, tiga kamar mandi dan dihiasi dengan arsitektur Inggris.

Hingga saat ini, Ellison tercatat telah memiliki 15 rumah mewah di seluruh dunia. Harga seluruh rumahnya itu diprediksi bernilai ratusan triliun rupiah. (Sis/Igw)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya