Jepang Resmi Tunjuk Halilhodzic

Halilhodzic resmi ditunjuk setelah Javier Aguirre dipecat Federasi Sepak Bola Jepang.

oleh Deny Adi Prabowo diperbarui 12 Mar 2015, 22:44 WIB
Diterbitkan 12 Mar 2015, 22:44 WIB
Vahid Halilhodzic
Setelah menangani timnas Aljazair di Piala Dunia sekarang timnas Jepang jadi ladang pekerjaan Halilhodzic.

Liputan6.com, Tokyo - Federasi Sepak Bola Jepang (JFA) resmi melantik Vahid Halilhodzic sebagai pelatih tim nasional Negeri Mahari Terbit, Kamis (12/3/2014) waktu setempat.

Pria berusia 62 tahun yang sukses membawa Aljazair ke babak 16 besar Piala Dunia 2014 menggantikan peran Javier Aguirre. Aguirre sendiri dipecat setelah Jepang tampil buruk di Piala Asia 2015 dan menjadi tersangka dalam kasus pengaturan skor semasa bekerja di Spanyol.

Halilhodzic dijadwalkan datang ke Jepang pada Jumat (13/3/2014) dan direktur teknik JFA Masahiro Shimoda mengonfirmasi kalau sang pelatih sudah mendapatkan izin kerja. Rencananya Halilhodzic akan memimpin Jepang dalam laga persahabatan kontra Tunisia dan Uzbekistan, 27 dan 31 Maret mendatang.

"Kami mengincar banyak manajer tetapi ketika mempertimbangkan prestasi dan pengalaman serta bertemu dengannya secara langsung, kami yakin Halilhodzic adalah orang yang cocok. Dia rela menolak pinangan dari klub besar demi pekerjaan ini. Dia punya motivasi tinggi dan rasa lapar untuk bisa menjalankan proyek bersama timnas jepang," tutur Shimoda kepada Japan Times.

Halilhodzic dikenal sebagai manajer yang sangat tegas dan penuntut. Sikap itu dipercaya Shimoda bakal sesuai dengan etos kerja timnas Jepang. "Dia sangat serius, manajer yang menuntut hasil maksimal. Analisa kami menyatakan kalau pemain Jepang justru lebih lancar ketika dihadapkan dengan manajer seperti itu."

Lanjut ke halaman berikutnya -->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bantah Klaim Osim

Halilhodzic, pelatih berpaspor Prancis akan menukangi Jepang bersama asisten pelatih Jacky Bonnevay dan pelatih fisik Cyril Moine. Sementara pelatih kiper Ricardo yang dibawa Javier Aguirre tidak akan dilepas.

Dalam kesempatan ini, Shimoda juga membantah kalau ada permainan mata dalam pengangkatan Halilhodzic seperti yang dituduhkan mantan manajer Jepang Ivica Osim.

"Saya melihat laporan yang menyatakan berita seperti itu tetapi saya tidak bertemu dia agar Halilhodzic jadi manajer timnas berikutnya - saya hanya ingin menanyakan opini tentang timnas dari kacamata orang luar. Saya tegaskan lagi, tidak ada diskusi spesial yang terjadi antara Osim dan saya."

Baca juga :

Ibrahimovic: Pemain Chelsea Seperti Bayi!

Misteriusnya Rekan Latih Tanding Manny Pacquiao

Mourinho Belum Sehebat Di Matteo di Chelsea

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya