Fakta Menarik TSC Pekan ke-27: Jumlah Gol Menurun

Apa saja yang menarik dari beberapa TSC pekan ke-27.

oleh Defri Saefullah diperbarui 08 Nov 2016, 06:30 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2016, 06:30 WIB
Persib Bandung vs Persija Jakarta (Indonesiansc.com)
Persib Bandung vs Persija Jakarta (Indonesiansc.com)

Liputan6.com, Jakarta Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, presented by IM3 Ooredoo, telah menyelesaikan laga pekan ke-27. Total tercipta 22 gol dari 9 pertandingan. Jumlah gol tersebut jelas mengalami penurunan dibanding pekan ke-26 yang tercipta 30 gol.

Sorotan dalam pekan ke-27 jelas Arema Cronus dan Madura United. Kedua tim sukses meraih kemenangan dan kini memiliki poin sama yakni 52. Kedua tim meninggalkan Persipura Jayapura yang pada pekan ini hanya bermain imbang kontra Pusamania Borneo FC.

Hal menarik lain adalah keberhasilan Bhayangkara FC meraih kemenangan telak 4-0 saat menjamu Mitra Kukar. Kemenangan itu ditandai hat-trick bomber mereka, Thiago Furtuoso. Itu merupakan hat-trick pertama penyerang asal Brasil tersebut di TSC 2016.

Selain itu, defender Hamka Hamzah juga layak dikedepankan. Satu golnya ke gawang Persela Lamongan membuat dirinya menjadi bek dengan jumlah gol terbanyak di TSC 2016.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fakta Menarik

Persija Jakarta vs Persib Bandung
Striker Persija Jakarta Emmanuel Kenmogne berusaha melewati pemain Persib Bandung Marcos Abel Flores Benard saat kedua tim bertemu dalam lanjutan Torabika Soccer Championship di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (5/11/2016). (indonesiansc.com)

Berikut ini sejumlah fakta menarik yang terjadi pada pekan ke-27 TSC 2016. Apa sajakah?


- Pekan ke-27 total hanya tercipta 22 gol. Ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan pekan ke-26 yang tercipta 30 gol. Bahkan jumlah gol pekan ini yang terminim dalam 4 pekan terakhir.

- Dari 22 gol tersebut, sebanyak 9 gol dicetak oleh pemain asing murni. Sedangkan pemain lokal (termasuk naturalisasi) mencetak 13 gol.

- Hamka Hamzah kini tercatat sebagai defender tersubur di TSC 2016 dengan 6 gol. Sedangkan di posisi kedua adalah Otavio Dutra yang mengemas 5 gol.

- Thiago Furtuoso (Bhayangkara FC) mencetak hat-trick pertama di TSC 2016. Berkat trigolnya, Thiago Furtuoso total telah mengoleksi 15 gol dan hanya berselisih satu gol dengan top skorer sementara, Marcel Silva Sacramento (16 gol).

- Cristian Gonzales tercatat sebagai pemain WNI di TSC 2016 yang paling tajam. Dia telah mengemas 12 gol. Di belakang dia adalah Voaz Solossa dengan 11 gol dan Ferdinand Sinaga dengan 10 gol.  

- Empat top skorer sementara yang berada di atas semua bomber asing dan sama-sama berasal dari Brasil. Mereka adalah Marcel Sacramento (Semen Padang - 16 gol), Alberto Goncalves (Sriwijaya FC - 15 gol), Thiago Furtuoso (Bhayangkara FC - 15 gol), dan Luis Carlos Junior (Barito - 15 gol).

- Penyerang Semen Padang, Nur Iskandar, tercatat sebagai pemain dengan assists terbanyak sebanyak 9 assists. Di bawahnya adalah Rasyid Bakri (PSM Makassar - 7 assists) dan Khairallah Abdelkbir (Bhayangkara FC - 7 assists).

- Laga Persija Jakarta vs Persib Bandung hanya disaksikan 19.815 penonton dan terendah dalam kurun 6 tahun terakhir pertemuan kedua tim.

-  Bali United akhirnya meraih kemenangan setelah dalam 6 laga sebelumnya secara beruntun tak pernah menang. Bali United menang 3-2 saat menjamu Barito Putera.


(I. Eka Setiawan)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya