Persamaan serta Perbedaan antara Kepergian Cristiano Ronaldo dari Real Madrid dan Seandainya Lionel Messi Tinggalkan Barcelona

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo dan Bintang Barcelona Lionel Messi telah menikmati karier yang spektakluer hingga saat ini.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 27 Agu 2020, 13:42 WIB
Diterbitkan 23 Agu 2020, 12:30 WIB
Lionel Messi - Cristiano Ronaldo
Dua bintang sepak bola, Lionel Messi (depan, Barcelona) dan Cristiano Ronaldo (belakang, Real Madrid), pada laga La Liga di Camp Nou, Minggu (6/5/2018). (AFP/Josep Lago)

Liputan6.com, Barcelona - Puncak rivalitas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi terjadi di Liga Spanyol. Keduanya terlibat rivalitas dalam El Clasico, di mana Ronaldo bersama Real Madrid dan Messi dengan Barcelona.

Namun, Cristiano Ronaldo memutuskan meninggalkan Real Madrid pada musim panas 2018. Bintang asal Portugal itu memilih pindah ke Italia dan bergabung dengan Juventus.

Kini, Lionel Messi mungkin bisa mengikuti langkah Cristiano Ronaldo, yaitu meninggalkan Barcelona. dia bisa pindah ke Italia dan memilih Inter Milan sebagai klub barunya. Dengan demikian, keduanya dapat berhadapan di Derby d'Italia musim selanjutnya.

Kepergian Cristiano Ronaldo dari Real Madrid dan seandainya Lionel Messi meninggalkan Barcelona, memiliki persamaan serta perbedaan. Berikut persamaan dan perbedaan itu seperti dikutip dari Marca.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Lionel Messi di Bawah Ini


Lingkungan yang berbeda

Lionel Messi - Barcelona - Liga Champions
Bintang Barcelona Lionel Messi merayakan golnya ke gawang Napoli pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Camp Nou, Minggu (9/8/2020). Barcelona menang 3-1. (AP Photo/Joan Monfort)

Ronaldo selalu merasa seolah-olah memberi lebih banyak kepada Real Madrid daripada yang dia terima. Bintang asal Portugal itu kerap mengungkapkan merasa tidak dihargai seperti yang diinginkan dan keluhan itu menyebabkan perpecahan di ruang ganti. Pada September 2012, ia mengungkapkan kekesalannya.

Sementara itu, Messi selalu dipuja publik Camp Nou. Bahkan krisis Barcelona di Turin, Roma, Liverpool, dan Lisbon akibat tersingkir pada fase gugur Liga Champions tak pernah merugikan Messi. Kepergian pemain berjuluk La Pulga tersebut tak ada hubungannya dengan kurangnya apresiasi dari suporter. 


Kondisi Klub

Ekspresi Lionel Messi Cs Setelah Dibuat Hancur Lebur Oleh Bayern Munchen di Liga Champions
Striker Barcelona, Lionel Messi, tampak kecewa usai ditaklukkan Bayern Munchen pada laga perempat final Liga Champions di Estadio da Luz, Sabtu (15/8/2020). Barcelona takluk 2-8 dari Bayern Munchen. (Manu Fernandez/POOL/AFP)

Mungkin perbedaan paling mencolok antara keduanya ketika Ronaldo meninggalkan Real Madrid. Pemain berusia 35 tahun tersebut pergi setelah memenangkan final Liga Champions 2018 melawan Liverpool di Kiev.

Itu adalah trofi Liga Champions ketiga Real Madrid berturut-turut dan keempat dalam lima tahun.

Sementara Barcelona saat ini berada dalam titik terendah dengan Messi. Krisis saat ini jauh lebih buruk daripada masalah yang mereka hadapi pada 2008 silam. Masalah ini jauh lebih rumit daripada sebuah skuat yang membutuhkan perbaikan.


Legenda mutlak

Cristiano Ronaldo dan 5 Algojo Penalti Terbaik di Dunia
3. Lionel Messi (75 gol penalti) - Bintang Barcelona, Lionel Messi, memiliki ketajaman mencetak gol yang tidak diragukan lagi. Untuk urusan penalti, pemain asal Argentina ini telah mengemas 75 gol lewat titik putih.(AFP/Lluis Gene)

Ronaldo meninggalkan Real Madrid sejajar dengan legenda klub Alfredo Di Stefano. Sedangkan Messi tidak memiliki orang yang dekat dengannya dalam sejarah Barcelona.

Ronaldo pergi dengan 451 gol dalam 438 pertandingan untuk Real Madrid. Sementara Messi mencetak 634 gol untuk Barcelona dan telah memenangkan 10 gelar Liga Spanyol dan empat dari lima trofi Eropa di masanya.


Pengaruh atas klub

Pesona Ansu Fati, Talenta Muda Barcelona
Bersama Lionel Messi, Ansu Fati disebut-sebut bisa menjadi duet yang sangat mematikan di lini serang Barcelona musim ini. (AFP/Lluis Gene)

Barcelona mengorbit di sekitar Messi, yang menjadi lebih nyata setiap tahun. Sementara Real Madrid menyadari pentingnya Ronaldo, tapi ia tidak pernah memengaruhi atas apa yang terjadi di lapangan.

Disetujui Presiden

Jika Messi benar-benar ingin meninggalkan Barcelona, ​​itu harus dengan mencapai kesepakatan dengan Presiden Josep Maria Bartomeu. Ini untuk mengurangi klausul pelepasannya sebesar 700 juta euro.

Hal tersebut dilakukan Ronaldo saat meninggalkan Real Madrid pada 2018 silam. Ia pergi dengan nilai transfer 117 juta euro.


Hubungan dengan Pelatih

Pelatih Barcelona, Quique Setien.
Pelatih Barcelona, Quique Setien. (AFP/Lluis Gene)

Zinedine Zidane dan Ronaldo berpisah secara damai. Karena itu, juru taktik asal Prancis tersebut telah mengantisipasi kepergiannya.

Namun, hubungan Messi dengan Quique Setien sangat buruk. Dia sangat berkomitmen untuk Ernesto Valverde dan tidak pernah ramah kepada Setien. Sekarang tergantung Ronald Koeman untuk memperbaiki situasi dengan Messi.

Peran di Ruang Ganti

Messi adalah sosok dominan di Camp Nou, meski Gerard Pique yang berbicara paling banyak di luar ruang ganti. Ronaldo memang penting, tapi tak pernah paling terasa karena kehadiran Sergio Ramos.

 


Liga Champions

Ekspresi Lionel Messi Cs Setelah Dibuat Hancur Lebur Oleh Bayern Munchen di Liga Champions
Pemain Barcelona tertunduk lesu usai ditaklukkan Bayern Munchen pada laga perempat final Liga Champions di Estadio da Luz, Sabtu (15/8/2020). Barcelona takluk 2-8 dari Bayern Munchen. (Rafael Marchante / POOL / AFP)

Tak diragukan lagi, tujuan terbesar Ronaldo dan Messi adalah sukses di Eropa. Ronaldo memenangkan empat trofi Liga Champions bersama Real Madrid tapi telah gagal dalam dua upaya pertamanya dengan Juventus.

Messi juga telah memenangkan empat trofi Liga Champions bersama Barcelona. Tapi, ia belum pernah lagi mengangkat trofi bergengsi tersebut.

Sekarang, pemain berusia 33 tahun tersebut harus memutuskan apakah Barcelona adalah tempat terbaik baginya untuk menaklukkan Eropa lagi atau harus mencari di tempat lain. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya