Punya Pengalaman Buruk di Mandalika, Marc Marquez Agak Berhati-Hati di MotoGP Indonesia 2023

Marquez mengalami masalah berat pada MotoGP Indonesia 2022. Kini dia akan mencoba lebih berhati-hati.

oleh Thomas diperbarui 13 Okt 2023, 21:30 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2023, 21:30 WIB
Marc Marquez di MotoGP Indonesia 2023
Marc Marquez di MotoGP Indonesia 2023 (AFP)

Liputan6.com, Jakarta- Pembalap Repsol Honda Marc Marquez akan memilih berhati-hati saat menjalani balapan MotoGP Indonesia 2023. Pemuda Spanyol itu pernah punya pengalaman buruk di Sirkuit Mandalika pada balapan MotoGP 2022.

Seperti diketahui, Marquez beberapa kali crash pada MotoGP Indonesia 2022. Akibatnya penggemar Barcelona itu tak bisa ikut balapan di Sirkuit Mandalika. Bahkan Marquez akhirnya harus absen beberapa seri akibat insiden di Mandalika.

Kembali ke Sirkuit Mandalika, Marquez tampil cukup baik pada sesi latihan hari pertama, Jumat (13/10/2023). Marquez mampu menempati posisi enam setelah Aleix Espargaro, Maverick Vinales, Marco Bezzecchi, Brad Binder dan Jorge Martin.

Modal bagus ini membuat Marquez cukup percaya diri menatap MotoGP Indonesia 2023 yang akan melangsungkan sprint race pada 14 Oktober dan balapan 15 Oktober 2023.

"Hari ini berjalan sedikit lebih baik dari perkiraan, melompat langsung ke Q2 berada di atas apa yang kami pikir mungkin terjadi," ujar Marquez sesi wawancara dengan wartawan di media center MotoGP Indonesia 2023 yang turut dihadiri Liputan6.com.

Meski cukup bagus di sesi latihan Jumat, Marquez sebenarnya masih sedikit trauma dengan seringnya crash tahun lalu di Mandalika. Kakak dari Alex ini mengaku membalap dengan lebih berhati-hati saat turun di Sirkuit Mandalika.

"Tahun lalu saya cukup kesulitan di sini, tapi saya sudah merasa jauh lebih baik dan merasa nyaman sepanjang hari ini. Itu sedikit hati-hati setelah kecelakaan tahun lalu dan dengan begitu banyak balapan berturut-turut. Tujuan kami besok adalah mendapatkan posisi awal terbaik, jadi mari kita lihat langkah apa yang bisa kami ambil dalam semalam," tegas Marquez.


Marquez Baru Podium Perdana di 2023

Foto MotoGP: Senyum Sumringah Marc Marquez, Naik Podium Setelah 581 Hari Penantian
Marc Marquez merupakan juara bertahan MotoGP Jerman sepanjang 2013 hingga 2019. Namun sepanjang 2020 Marquez harus istirahat akibat cedera panjang yang dideritanya. (Foto: AP/DPA/Jens Buettner)

Marquez sendiri dalam grafik performa yang cukup menanjak. Pada seri MotoGP sebelum di Indoensia, Marquez untuk pertama kalinya meraih podium di musim 2023. Marquez finis ketiga dalam balapan basah di Jepang.

Saat itu race tak bisa diselesaikan karena cuaca buruk. Karena sudah berjalan setengahnya maka para pembalap tetap mendapat poin penuh sesuai posisi mereka di balapan sebelum dihentikan.


Marquez Pindah ke Ducati

Namun usai balapan di Jepang, Marquez membuat pengumuman mengejutkan. Dia memastikan meninggalkan Honda yang sudah diperkuat selama sebelas tahun. Marquez pindah ke Gresini Ducati mulai musim depan.

Kontrak Marquez bersama Repsol Honda sendiri seharusnya masih berlaku sampai MotoGP 2024. Namun atas kesepakatan bersama, Honda mengizinkan Marquez untuk berpisah lebih dini.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya