Jadwal Vietnam vs Timnas Indonesia: Laga Kedua Grup D Piala Asia 2023, Siaran Langsung di Televisi

Timnas Indonesia akan menghadapi laga berat lainnya melawan Vietnam di grup D Piala Asia 2023. Pertandingan ini akan menentukan langkah kedua negara di fase berikutnya.

oleh Defri Saefullah diperbarui 17 Jan 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2024, 07:00 WIB
Indonesia Vs Irak
Pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan berebut bola dengan pemain Irak Merchas Ghazi Salih pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia di Stadion Ahmad Bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024). Timnas Indonesia memulai petualangan di Piala Asia 2023 dengan mengecewakan setelah kalah 1-3 ketika menghadapi Irak. (AP Photo/Hussein Sayed)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia menelan kekalahan 1-3 dari Irak pada laga pertama grup D Piala Asia 2023. Tiga gol Irak dicetak oleh Mohanad Ali, Osama Rashid dan Aymen Hussein.

Sedangkan Indonesia sempat membalas lewat Marselino Ferdinan yang membuat skor 1-1. Drama terjadi saat gol kedua karena dituding offside sedangkan gol ketiga karena kelengahan bek menjaga second ball Irak.

Indonesia berikutnya bakal menghadapi Vietnam. Ini laga sesama negara Asia Tenggara. Rekor pertemuannya, Timnas Indonesia tak pernah menang sejak 2016.

Shin Tae-Yong harus menemukan formula yang tepat untuk mengalahkan Vietnam. Kebetulan, negara Vietcong ini tidak diperkuat 10 pemain inti mereka, salah satunya kiper tanggung Dong Van Nam.

Vietnam juga dilatih pelatih anyar Philippe Troussier. Meski banyak bawa pemain muda, Vietnam sudah unjuk kemampuan bisa membuat repot Timnas Jepang.

Vietnam dan Timnas Indonesia sama-sama main bertahan di pertemuan pertama. Apakah kedua tim akan bermain terbuka demi kemenangan pertama?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Timnas Indonesia Disorot Media Vietnam

Timnas Indonesia vs Timnas Kamboja Grup A Piala AFF 2022
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kanan) memberikan bola kepada pemainnya, Pratama Arhan saat laga Grup A Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia melawan Timnas Kamboja yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

 

Permainan Timnas Indonesia lawan Irak mendapatkan sorotan dari media Vietnam, Soha VN. Mereka menuliskan berita soal kemungkinan Philippe Troussier khawatirkan para pemain sayap Timnas Indonesia.

"Dengan para pemain sayap Indonesia yang spesial, apakah Troussier akan senang atau khawatir? " tulis Soha VN.

Soha memuji permainan Timnas Indonesia yang tak gentar melawan Irak yang pernah kalahkan Garuda 5-1. Hal ini disebut media Vietnam tersebut sebagai sesuatu yang pantas ditakuti sekaligus disambut oleh Philippe Troussier.

 


Serangan Timnas Indonesia Dapat Pujian

Piala Asia 2023: Timnas Indonesia vs Irak
Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan (kanan) menguasai bola dibayangi bek Timnas Irak, Hussein Ali Haidar pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023 Qatar di Ahmad bin Ali Stadium, Al-Rayyan, Doha, Senin (15/1/2024). (Dok. PSSI)

 

Media Vietnam tak melihat kekalahan 1-3 Timnas Indonesia sebagai kelemahan. Mereka bahkan menilai skuad Garuda membuat serangan yang berbahaya.

"Meski mereka kalah besar, tapi tak bisa dipungkiri, Indonesia bisa menekan lawan dengan gaya bermain yang bagus," tulis mereka.

Media Vietnam tersebut juga memuji karena Indonesia bisa lepas 8 tembakan, meski hanya menguasai 35 persen bola.

"Jumlah tembakan Timnas Indonesia, dalam kondisi tak menguasai bola, menunjukkan bagaimana determinasi Shin Tae-Yong yang ogah bertahan total melawan tim kuat."

 


Jadwal Timnas Indonesia vs Vietnam

Justin Hubner - Timnas Indonesia 1-3 Timnas Irak di Piala Asia 2023
Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner (tengah) memenangkan duel udara saat menghadapi Timnas Irak dalam laga Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad Bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024). (AFP/Karim Jaafar)

 

Jumat, 19 Januari 2024

21.30 WIB Vietnam vs Indonesia

Venue: Abdullah bin Naser

Live: RCTI

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya