Buntut Laga Versus Schalke, Basel Hadapi Sanksi

Klub Basel terancam sanksi dari UEFA terkait penyelenggaraan laga versus Schalke 04, Selasa 1 Oktober. Ketika itu laga terhenti akibat demo.

oleh Vincent Hakim Roosadhy diperbarui 03 Okt 2013, 13:54 WIB
Diterbitkan 03 Okt 2013, 13:54 WIB
basel-131003b.jpg

Juara Swiss FC Basel kini menghadapi hukuman disiplin setelah para aktivis lingkungan hidup menginterupsi pertandingan Liga Champions, Selasa 1 Oktober lalu. Ketika itu, para aktivis memprotes perusahaan Rusia Gazprom yang menjadi salah satu dari sponsor kompetisi tersebut.

Pihak UEFA menyatakan Basel didakwa telah melakukan 'pengorganisasian yang tidak memadai' saat pertandingan kandang menjamu Schalke 04. Ketika itu empat pengunjuk rasa dari Greenpeace yang mengenakan kostum terusan berwarna jingga menuruni tali dari atap stadion dan membentangkan spanduk besar.

Spanduk itu bertuliskan 'Gazprom, jangan melanggar Arctic' dan 'Bebaskan Artic 30'. Para demonstran lalu kembali ke atas atap, sementara para ofisial menyaksikan dari pinggir lapangan dan pertandingan dilanjutkan. Tak jelas benar, bagaimana para demonstran bisa berada di atas atap stadion yang dimiliki klub, padahal di stadion tersebut juga terdapat pusat perbelanjaan dan rumah susun untuk para pensiunan.

Pihak otoritas Rusia telah menahan 30 orang pengunjuk rasa yang mengendarai kapal pemecah es The Arctic Sunrise, ketika mereka berusaha mencapai lokasi pengeboran minyak lepas pantai milik Gazprom yang dikelola oleh negara. Ke-30 orang itu, yang memprotes pengeboran minyak di Arctic telah ditahan dan akan dikurung selama dua bulan.

Pascapenangkapan para aktivis, Greenpeace menyatakan bahwa tindakan itu memperlihatkan 'kartu merah' bagi Gazprom, yang menjadi sponsor di Liga Champions dan juga Schalke 04. UEFA sendiri juga mengatakan pihaknya membuka kasus terpisah setelah para penggemar Schalke menyalakan suar sebelum pertandingan dimulai. (Ant)

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/18Rupn7">Hasil Lengkap Matchday Kedua Liga Champions Grup A Sampai D</a>
* <a href="http://bit.ly/15JSb7x">Libas Copenhagen, Madrid Kokoh di Puncak Grup B</a>
* <a href="http://bit.ly/GAjaYf">MU Gagal Raih Poin Penuh saat Jumpa Shakhtar</a>
* <a href="http://bit.ly/18QTGQ7">Kurang Bukti, Aksi Rasis kepada Messi Persib Tak Dijerat</a>
* <a href="http://bit.ly/18vn1ik">Giggs Lewati Rekor Raul Gonzalez</a>
* <a href="http://bit.ly/16HxhXt">Daftar Harga Tiket Kualifikasi Piala Asia U-19 di Senayan</a>

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya