Cenderung Diabaikan, 10 Benda di Rumah Ini Rawan Jadi Sarang Penyakit

Adanya debu atau kotoran lain yang tidak dibersihkan segera, dapat mendatangkan berbagai penyakit jika terlalu lama didiamkan.

oleh Nisa Mutia Sari diperbarui 13 Feb 2019, 16:30 WIB
Diterbitkan 13 Feb 2019, 16:30 WIB
Tren Hunian untuk Interior Rumah Anda yang Lebih Kekinian
Sedang mencari tren interior untuk membuat rumah lebih kekinian? Simak di sini tipsnya. Sumber foto: Informa.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki rumah yang bersih menjadi hal yang diinginkan bagi setiap orang. Ya, hal itu tentu saja untuk mendapatkan kenyamanan serta kesehatan bagi penghuni rumah. Namun karena kegiatanmu yang sangat banyak, terkadang hal ini dijadikan alasan untuk tidak membersihkan rumah.

Padahal, dengan meluangkan waktu di akhir pekan bisa untuk membersihkan benda-benda atau perabotan yang ada di rumah. Dan kegiatan ini akan membantu mendapatkan suasana dan kondisi rumah yang nyaman dan sehat. Siapa sangka, benda-benda atau perabotan yang ada di rumah ini bisa menjadi sarang penyakit.

Adanya debu atau kotoran lain yang tidak dibersihkan segera, dapat mendatangkan berbagai penyakit jika terlalu lama didiamkan. Oleh karena itu, kamu perlu membersihkan dan merawat benda-benda yang terkadang dianggap sepele ini.

Berikut benda-benda yang sering diabaikan padahal harus dibersihkan seperti Liputan6.com lansir dari Boldsky, Rabu (13/2/2019).


Karpet dan Kepala Shower

20160802-memasang shower di rumah-rumahcom-boy
Dibandingkan menggunakan bathtub atau bak mandi, shower memang lebih menghemat air.

1. Karpet

Karpet merupakan salah satu benda yang hampir ada di setiap rumah. Banyak aktivitas yang dilakukan di atas karpet. Tanpa disadari, karpet menyimpan banyak kotoran, terutama bagi kamu yang memiliki anak kecil atau hewan peliharaan.

Oleh karena itu, kamu perlu membersihkannya paling tidak seminggu sekali. Hal ini perlu dilakukan guna mengurangi kotoran yang menumpuk. Kamu bisa membersihkannya dengan mesin khusus penyedot debu atau mencucinya dengan busa yang banyak.

2. Kepala Shower

Bagi yang menggunakan shower untuk mandi, kamu juga perlu secara rutin membersihkannya secara teratur. Kepala shower ini merupakan salah satu tempat yang menyimpan banyak kotoran. Kamu bisa membersihkannya dengan cara menyeka dengan kain kering setiap beberapa minggu.

Atau paling tidak dua kali dalam setahun untuk melakukan pembersihan secara mendalam. Kamu bisa melakukannya dengan cara mengisi kantong plastik dengan cuka dan air. Kemudian kepala shower dimasukkan ke dalam kantong plastik yang sudah terisi dengan air dan cuka, kemudian ikat. Tunggu sekitar 3 menit, setelah itu keluarkan kepala shower dari plastik dan lanjutkan dengan digosok, dicuci dan ditepuk kering.


Mesin Cuci dan Oven

Ketepatan Proses Memanggang Tentukan Kesempurnaan Kue Lebaran Anda
Ilustrasi adonan kue dalam oven.

3. Bagian dalam Mesin Cuci

Bagian dalam mesin cuci ini merupakan salah satu tempat yang paling mudah terjadinya penumpukan jamur. Kamu bisa mencegahnya dengan membersihkannya secara rutin.

Cukup mudah, kamu hanya perlu mengosongkan mesin cuci, kemudian tuangkan tiga sendok teh pemutih dan tambahkan air. Nyalakan mesin cuci untuk membersihkan bagian dalam tersebut.

4. Rak pada Oven

Bagian dalam oven juga tak kalah kotor. Seperti rak atau wadah untuk memasak sering terkena lemak, debu, dan sisa-sisa makanan yang dipanggang membuat mereka sulit untuk dibersihkan. Namun kamu tetap harus membersihkannya secara rutin. Terutama setelah digunakan.

Cara membersihkannya, ambil seperempat cangkir cuka putih, campurkan dengan sabun pencuci piring, tambahkan air, dan masukkan ke dalam botol penyemprot. Kamu bisa menyemprotkan rak oven dengan racikan tadi, diamkan selama setengah jam. Setelah itu bersihkan dengan kain kering.


Rak Sepatu dan Kulkas

Kulkas.
Kulkas, salah satu bagian terjorok di dapur. (Sumber kapanlagi.com)

5. Rak Sepatu

Rak sepatu merupakan salah satu benda di rumah yang sering diabaikan. Namun kamu harus tetap rutin membersihkannya seminggu sekali. Cukup dengan membersihkan debu pada rak dengan menggunakan kain bersih.

6. Kumparan pada Kulkas

Kumparan kulkas, yang terletak di bagian belakang ini ternyata juga perlu dibersihkan secara rutin. Cukup mudah membersihkannya. Kamu hanya perlu menyikatnya dengan sikat bulu kemudian menyedotnya dengan mesin penyedot debu.

Namun, pastikan kulkas dimatikan terlebih dahulu. Memberihkan kulkas dengan teratur mampu meningkatkan kemampuan kerja mesinnya.


Wadah Pisau dan Kasur

Kasur produk Mollis Mattress
Kasur produk Mollis Mattress (dok. Mollis Mattress/Dadan Eka Permana)

7. Wadah Pisau

Benda ini juga sering diabaikan di rumah, padahal penting banget untuk tetap menjaga kebersihannya. Kamu perlu sesekali membalikkan wadah pisau ini sebentar. Hal ini untuk memastikan kotoran-kotoran kecil keluar.

Setelah itu, kamu juga bisa menggunakan penyemprot udara untuk mengeluarkan sisa-sisa kotoran tersebut. Kemudian, rendam wadah tersebut dengan sabun selama 20 menit dan bilas dengan air bersih. Selanjutnya, keringkan.

8. Kasur

Kamu perlu memperhatikan kebersihan pada kasur juga, mungkin saja ada kotoran atau noda di kasur. Jika memang didapati adanya kotoran atau noda di kasur, segera bersihkan dengan sabun dan gosok di area yang kotor.

Kamu bisa menggunakan handuk microfiber untuk membersihkannya. Setelah selesai, gosok area tadi dengan handuk yang telah dibasahi air bersih.


Buku dan Mainan Lunak

6 Cara Pintar Merapikan Barang-barang dalam Kamar Anda
Sisipkan kertas-kertas penting di belakang rak buku (Foto: purewow.com)

9. Buku

Jika kamu memiliki banyak koleksi buku, tak ada salahnya untuk sesekali membersihkan debu yang ada di buku setiap minggu. Kain mikrofiber kecil dapat membantu dalam hal ini. Tak hanya membantu bukumu selalu dalam kondisi yang baik, namun hal ini juga akan menghindarkan rumahmu dari kuman.

10. Mainan Lunak

Mainan lunak seperti boneka akan menghasilkan banyak debu atau kotoran lain jika didiamkan. Untuk mencegah alergi yang diakibatkan dari adanya debu pada mainan, kamu bisa mencoba mencuci mainan tersebut sebulan sekali.

Kamu bisa mencucinya dengan mesin cuci yang telah dicampurkan sabun dan pelembut kain. Cukup operasikan mesin cuci dengan mode pelan atau halus.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya