Hari Kanker Sedunia, Erick Thohir: Yuk Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Kanker

Tepat hari ini, Jumat (4//2/2022), diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 04 Feb 2022, 14:35 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2022, 13:09 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. Dok Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir. Dok Kementerian BUMN

Liputan6.com, Jakarta - Tepat hari ini, Jumat (4//2/2022), diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day. Bedasarkan kalender WHO, Hari Kanker Sedunia diperingati setiap 4 Februari tiap tahunnya sejak diresmikan pada 2005 silam.

Tahun ini tema yang diusung yakni "Close the Care Gap" yang artinya hentikan kesenjangan perawatan. Tema ini diangkat untuk menyadarkan masyarakat mengenai risiko kesenjangan perawatan yang dialami para penyitas kanker.

Dalam peringatan setahun sekali ini, Menteri BUMN, Erick Thohir melalui akun Twitter pribadinya juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit kanker.

"Mengajak teman-teman semua meningkatkan kewaspadaan akan penyakit kanker. BUMN bermitra dengan Mayo Clinic, rumah sakit kanker nomor satu di dunia, tengah mendirikan rumah sakit di Sanur, Bali. Selamat Hari Kanker Sedunia. #WorldCancerDay," tulis @erickthohir.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ucapan dari Erick Thohir hingga warganet

Hari Kanker Sedunia
Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia, deteksi dini dinilai penting untuk mencegah dan mengetahui status kesehatanmu. | pexels.com/@anntarazevich

 

Publik di penjuru dunia pun merayakannya dengan berbagai cara, salah satunya dengan membuat beragam ucapan di lini masa Twitter.

Pantauan Citizen6-Liputan6.com, lini masa Twitter hingga kini diramaikan dengan ucapan Hari Kanker Sedunia dan mengajak warganet lainnya untuk memberikan semangat bagi para penyitas kanker yang tengah berjuang.

"Hari Kanker Sedunia.Semangat melawan kanker. Semangat berjuang untuk ibu dan para penyintas kanker yang lainnya.Semangat, kuat, hebat, sehat," ucapan akun @nokturnalian.

"Mereka luar biasa, menunjuakan bahwa hidup sangatlah berarti, mari tetaplah berjuang dan tetap semangat. Selamat Hari Kanker Sedunia 2022," tulis akun @Hansunriko.

"Selamat hari kanker sedunia ma dihita saluhutna. Semoga survivor diberi kesabaran yg luas dlm pengobatan, dijauhkan dr stigma, panjang umur dan bahagia selalu. Jangan kalah sm sel jahat itu," kata akun @misallnya.


Kanker masih menjadi permasalahan yang serius di seluruh dunia

Memicu Penyakit Kanker
Ilustrasi Penyakit Kanker Credit: pexels,com/Tom

Peringatan yang dimonitori oleh International Union Against Cancer ini dirasa perlu mengingat saat ini penyakit kanker masih menjadi permasalahan yang serius di seluruh dunia, baik di negara-negara yang sudah maju ataupun pada negara-negara yang masih berkembang.

Dengan adanya peringatam Hari Kanker Sedunia diharapkan seluruh masyarakat mampu meningkatkan langkah pencegahan, deteksi dini maupun pengobatan bagi yang sudah terkena kanker.

Yuk, ajak orang-orang di sekitar Anda untuk hidup lebih sehat dengan pola makan yang baik dan rajin berolahraga.


Infografis: Redam Kanker dengan Cukai Rokok

Infografis: Redam Kanker dengan Cukai Rokok (Liputan6.com / Abdillah)
(Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya