Hewan Paling Setia di Dunia, dari Hewan Buas sampai Serangga Cantik

Kehadiran kesetiaan tidak hanya dimiliki oleh manusia. Tuhan memberikan anugerah rasa setia kepada beberapa hewan. Mereka menunjukkan kesetiaan pada satu mitra sepanjang hidup mereka.

oleh Hesi Arny Erawati diperbarui 29 Nov 2023, 10:14 WIB
Diterbitkan 29 Nov 2023, 10:14 WIB
Kupu-kupu jadi salah satu hewan paling setia di dunia (pixabay)
Kupu-kupu jadi salah satu hewan paling setia di dunia (pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Jika berbicara tentang kesetiaan, apa yang terlintas dalam pikiranmu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kesetiaan memiliki beberapa makna. Kesetiaan dapat diartikan sebagai memegang teguh janji atau pendirian yang kuat. Selain itu, kesetiaan juga dapat diartikan sebagai ketaatan, patuh, dan kekokohan hati.

Setelah memahami makna kesetiaan, penting untuk diketahui bahwa Tuhan tidak hanya memberikan rasa setia kepada manusia di dunia ini. Tuhan juga melimpahkan rasa kesetiaan kepada beberapa hewan yang mendiami bumi ini.

Kesetiaan yang dimiliki oleh sebagian hewan ini tidak membuat mereka berubah hati meskipun pasangan mereka sudah pergi. Mereka setia pada satu pasangan sepanjang hidup mereka. Fakta alam ini sungguh mengejutkan, bukan?

Berikut adalah sembilan hewan yang dikenal sebagai hewan paling setia di dunia, yang telah dihimpun dari berbagai sumber pada Rabu (29/11/2023). Penasaran hewan apa saja yang termasuk di dalamnya? Mari simak lebih lanjut di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Serigala

Potret hewan buas serigala yang setia dan rela berkorban (Pixabay)
Potret hewan buas serigala yang setia dan rela berkorban (Pixabay)

Binatang ini memang terkenal buas. Namun, di sisi lain, serigala masuk ke dalam kategori hewan yang sangat setia. Selama pasangan serigala masih mampu berkembang biak, serigala tidak akan mencari pasangan lain.

Serigala merupakan hewan yang hidup secara berkelompok. Bukan hanya itu, serigala juga hewan yang bersedia mengorbankan diri. Ya, serigala bersedia mati untuk melindungi keluarganya, termasuk keturunannya.


Angsa

Potret hewan angsa yang jadi simbol cinta (Pixabay)
Potret hewan angsa yang jadi simbol cinta (Pixabay)

Umumnya, simbol cinta sering kali dikaitkan dengan hewan yang disebut sebagai angsa. Kepala sepasang angsa yang saling menyentuh dan membentuk simbol cinta atau hati kerap digunakan sebagai hiasan di kamar hotel untuk menyambut pasangan yang baru menikah.

Angsa akan selalu bersama dengan pasangannya hingga akhir hayat. Jika pasangannya telah meninggal dunia, angsa tidak akan memalingkan diri. Meskipun demikian, jika pada awalnya pasangan angsa tidak dapat melakukan reproduksi, angsa tersebut akan mencari pasangan yang baru.


Merpati

Potret burung merpati yang melambangkan cinta dan kedamaian (Pixabay)
Potret burung merpati yang melambangkan cinta dan kedamaian (Pixabay)

Selanjutnya, ada burung merpati yang juga dianggap sebagai simbol cinta, kebahagiaan, dan kedamaian. Tidak jarang, pada upacara pernikahan, seringkali diadakan sesi pelepasan sepasang burung merpati.

Burung merpati akan tetap setia kepada pasangannya hingga salah satu di antara keduanya meninggal dunia.Tak hanya itu, burung merpati termasuk dalam kategori hewan yang pintar, penuh romantisme, dan peduli terhadap keturunannya.

Meski terbang sejauh apapun, burung merpati selalu dapat menemukan jalan pulangnya. Kemudian, sepasang merpati akan bekerja sama untuk membangun sangkar mereka dan saling bergantian dalam proses pengeraman telur.


Siamang

Potret siamang yang menggendong anaknya (Pixabay)
Potret siamang yang menggendong anaknya (Pixabay)

Apabila mengunjungi kebun binatang, sering kali hewan siamang menyapa pengunjung dengan suara melengking khasnya. Siamang juga termasuk dalam kategori hewan yang memiliki kesetiaan.

Kesetiaan pasangan siamang dapat terbentuk karena mereka terbiasa melakukan aktivitas bersama, seperti bekerja sama dalam mencari makanan, merawat anak, dan membentuk kelompok bersama keturunannya.


Burung Parkit

Potret burung parkit yang cantik (Pixabay)
Potret burung parkit yang cantik (Pixabay)

Siapa yang senang memelihara burung parkit? Burung ini membutuhkan pasangan agar dapat merasa bahagia. Burung parkit menunjukkan kesetiaan yang sangat tinggi terhadap pasangannya. 

Jika burung parkit peliharaanmu kehilangan pasangan, mereka dapat menunjukkan perilaku mencabut bulu. Selain itu, burung cantik ini juga dapat menjadi hewan peliharaan yang setia terhadap pemiliknya.


Penguin Jambul

Potret penguin jambul si hewan yang setia (Pixabay)
Potret penguin jambul si hewan yang setia (Pixabay)

Saat mencari pasangan hidup, penguin jambul akan kembali ke wilayah tempat kelahiran mereka saat musim panas tiba. Menariknya, setelah menemukan pasangan, penguin jambul kemudian kembali ke lokasi sarang terakhir mereka di Antartika. Perjalanan penguin jambul ini sungguh menakjubkan!

Ketika proses penetasan telur tiba, penguin jambul bekerja sama untuk menjaga telur dan merawat anak-anak mereka. Meskipun demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil penguin betina yang memiliki pasangan jantan selama musim kawin.


Berang-berang

Potret berang-berang si hewan imut yang setia (Pixabay)
Potret berang-berang si hewan imut yang setia (Pixabay)

Hewan selanjutnya adalah berang-berang. Hewan ini termasuk dalam kategori yang setia kepada pasangannya hingga akhir hayat. Selain itu, berang-berang bersedia melakukan segala sesuatu demi keberlangsungan keluarganya.

Dalam aspek merawat anak, pasangan berang-berang bekerja sama secara harmonis. Mereka bersama-sama mengurus anak-anaknya hingga mencapai usia 2 tahun. Setelah anaknya mencapai 2 tahun, anak berang-berang kemudian meninggalkan induknya dan membentuk keluarga baru sendiri.


Kupu-kupu

Kupu-kupu si serangga cantik yang setia (Pixabay)
Kupu-kupu si serangga cantik yang setia (Pixabay)

Selanjutnya, terdapat kupu-kupu, serangga yang indah dengan corak sayapnya. Mungkin tidak terduga bahwa kupu-kupu memiliki sifat setia. Umur singkat dari kupu-kupu menjadi salah satu faktor penentu kesetiaannya.

Yang menarik, kupu-kupu betina yang telah berpasangan memiliki cara khusus ketika dihampiri oleh kupu-kupu jantan. Caranya adalah dengan menutup sayapnya. Tindakan tersebut menjadi simbol penolakan dari kupu-kupu betina.


Rayap

Serangga rayap ternyata termasuk hewan setia (Pixabay)
Serangga rayap ternyata termasuk hewan setia (Pixabay)

Siapa yang pernah mengalami lemarinya dimakan oleh rayap? Ternyata, rayap termasuk dalam kelompok serangga yang memiliki kesetiaan tinggi terhadap pasangannya. Rayap hidup dalam bentuk koloni, dengan hanya satu ratu yang memimpin.

Sang ratu ini menunjukkan kesetiaan yang luar biasa, karena hanya kawin dengan satu rayap jantan saja. Rayap jantan yang menjadi pasangan sang ratu kemudian akan segera meninggal dan tidak akan pernah kawin lagi.


Apakah Burung Hewan Setia?

Iya, terdapat beberapa burung yang termasuk hewan setia. Misalnya burung merpati, burung bangau dan burung elang. Ketiga burung tersebut sangat setia kepada pasangannya.

Selain itu, mereka juga bahu membahu membantu pasangannya untuk membangun sarang, cari makanan, serta mengerami telur sampai merawat anak-anak.


Hewan-Hewan Apa yang Paling Romantis?

Hewan yang termasuk kategori hewan paling romantis di antaranya berang-berang laut, gajah, kuda laut, burung manakin dan burung lovebirds.


Harimau Melambangkan Apa?

Harimau, sang raja hutan menggambarkan sikap setia dan kuat. Kuat artinya mampu bertahan menghadapi berbagai lika-liku halang rintang kehidupan.


Hewan Apa yang Paling Pendiam?

Hewan yang dijuluki sebagai hewan paling pendiam yaitu siput, cacing, kepiting, kura-kura, kerrang, landak laut, dan ubur-ubur.


Hewan Apa yang Paling Cantik?

Hewan yang paling cantik jatuh kepada burung merak, kuda friesian, harimau benggala putih, burung scarlet macaw, dan anjing siberian husky.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya