Jenis Kucing Peliharaan Paling Populer dengan Karakteristik Menggemaskan

Kucing merupakan salah satu binatang favorit yang banyak dijadikan pilihan untuk dipelihara. Sebelum memelihara kucing, kenali terlebih dahulu jenis-jenis kucing dan karakteristiknya.

oleh Naba'ulma Chilmi Noor diperbarui 13 Mei 2024, 20:12 WIB
Diterbitkan 13 Mei 2024, 19:20 WIB
Jenis Kucing Peliharaan Paling Populer
Jenis-jenis kucing peliharaan paling populer dengan karakteristik yang berbeda (pexels/pixabay).

Liputan6.com, Malang Hewan peliharaan yang paling diminati adalah kucing karena wajahnya yang menggemaskan dan perawatannya yang sederhana. Kucing dikenal sebagai teman yang ramah dan dekat dengan manusia. Setiap jenis kucing memiliki karakteristik uniknya sendiri, maka sebaiknya kenali dengan baik sebelum memutuskan untuk memeliharanya, terutama jenis-jenis yang populer dan memiliki ciri khas lucu yang menggemaskan.

 

Berikut ini adalah jenis-jenis kucing populer dengan berbagai macam karakteristik berbeda yang cocok untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kucing Ras Persia

Gambar kucing Persia
Gambar kucing Persia (Sumber: Pixabay/lindarczyk)

Kucing Ras Persia sangat diminati sebagai hewan peliharaan karena sifatnya yang ramah dan mudah bergaul. Mereka memiliki kepala bulat, telinga kecil yang bulat, serta ekor dan kaki pendek yang membuatnya tampak menggemaskan.


Kucing Kampung

Editor Says: Kucing Kampung Juga Pantas Disayang
Kucing domestik (via: Ega Maharni)

Kucing Domestik atau yang juga dikenal sebagai Kucing Kampung, adalah kucing yang mudah dijumpai dan dipelihara tanpa perlu perawatan khusus seperti kucing ras lainnya.


Kucing Ras Anggora

Kucing Anggora/Shutterstock.
Kucing Anggora/Shutterstock.

Kucing Anggora memiliki ciri khas kepala segitiga, hidung mancung, dan bulu leher panjang yang menggemaskan. Bentuk tubuhnya cenderung lonjong, menambah kesan imut yang membuat kucing ini cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.


Kucing Jenis British Shorthair

Gambar kucing British Shorthair
Gambar kucing British Shorthair (Sumber: Pixabay/Uschi Leonhartsberger)

British Shorthair adalah pilihan populer sebagai hewan peliharaan karena proporsinya yang baik, bulu lebat dan halus, serta kepala bulat yang menggemaskan. Mereka juga mudah dirawat dan senang dengan kedamaian.


Kucing Ras Maine Coon

[Bintang] Kucing Maine coon
Kucing Maine coon | foto : Robert Sijka dari Boredpanda.com

Maine Coon merupakan salah satu kucing terbesar di dunia. Mereka termasuk kucing yang tangguh dan dapat bertahan di iklim ekstrem. Kucing maine coon memiliki bulu tebal, mata besar, dan cakar yang kuat.


Kucing Jenis American Shorthair

Kucing American Shorthair
Kucing american shorthair (pexels/petrebels).

Kucing American Shorthair yang terkenal dengan bulu perak dan corak mirip marmer, populer sebagai hewan peliharaan karena sifatnya yang ceria dan damai. Tubuhnya seimbang dan besar, dengan kaki pendek yang lurus.


Kucing Scottish Fold

Jadi Peliharaan yang Tengah Naik Daun, Ini 10 Fakta Unik Kucing Scottish Fold
Kucing Scottish Fold (Pixabay)

Kucing Scottish Fold sering dijadikan hewan peliharaan karena telinganya yang terlipat dan penampilannya yang menggemaskan, dilengkapi dengan mata besar seperti burung hantu dan tubuh bulat.


Kucing Balinese

Kucing Balinese
Kucing Balinese (Wikipedia)

Kucing Balinese menonjol dengan tubuh panjang dan bulu lebat, serta mata almond biru yang menawan. Mereka dikenal aktif, ceria, dan setia pada pemiliknya.


Kucing Munchkin

Munchkin Cat
Kucing Munchkin (Wikimedia Commons)

Kucing Munchkin dengan tubuh kecilnya yang unik dan kaki pendek, memiliki sifat yang manja dan sedikit pendiam, sangat cocok sebagai hewan peliharaan yang menggemaskan.


Kucing Sphynx

Kucing sphynx yang kepalanya berbentuk segitiga (Shutterstock)
Kucing sphynx yang kepalanya berbentuk segitiga (Shutterstock)

Jenis Kucing Apa yang Paling Penurut?

Kucing Anggora menonjol karena kepribadiannya yang patuh, menjadikannya salah satu ras kucing yang paling diminati sebagai hewan peliharaan. Mereka cenderung santai dan ramah, serta lincah berinteraksi dengan manusia

 


Apakah Merawat Kucing itu Mudah?

Merawat kucing tidaklah rumit dan biayanya relatif terjangkau, terutama bila dibandingkan dengan perawatan hewan peliharaan lainnya.


Termasuk Jenis Apakah Kucing Hidung Pesek?

Kucing peaknose memiliki ciri-ciri unik, terutama di bagian hidungnya. Keistimewaan utama dari jenis kucing ini adalah hidungnya yang sangat pesek atau cenderung masuk ke dalam.


Kucing Jenis Apa yang Pemalas?

Kucing Birma cenderung nyaman digendong ke mana pun oleh pemiliknya, sehingga sering dianggap sebagai ras kucing yang santai.


Apa Manfaat Memelihara Kucing?

Mengelus dan membelai kucing dapat memberikan dampak menenangkan yang menguntungkan. Afeksi terhadap kucing dapat mengurangi stres dan kecemasan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya