Saham Bursa Kripto Coinbase Naik 62% Sepanjang 2023, Ini Penyebabnya

November menjadi kenaikan cukup besar karena kapitalisasi pasar Coinbase bertambah USD 12 miliar atau setara Rp 186,4 triliun

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 01 Des 2023, 11:35 WIB
Diterbitkan 01 Des 2023, 11:31 WIB
Saham Bursa Kripto Coinbase Naik 62% Sepanjang 2023, Ini Penyebabnya
Harga Bitcoin (Foto: Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Saham Coinbase Global Inc reli 62 persen pada bulan ini dan mendapatkan euforia wall street di sekitar bursa kripto terbesar Amerika Serikat (AS). Ini menandakan kenaikan tiga kali lipat saham Coinbase sepanjang 2023. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (1/12/2023), pengungkapan penipuan Sam Bankman-Fried FTX dan kasus pertukaran kripto Binance membantu saham naik lebih dari tiga kali lipat sepanjang 2023, dengan kenaikan pada November.

November menjadi kenaikan cukup besar karena kapitalisasi pasar Coinbase bertambah USD 12 miliar atau setara Rp 186,4 triliun (asumsi kurs Rp 15.553 per dolar AS).

Saham Coinbase mengalami kenaikan terbesar bulan ini sejak Januari, masing-masing melampaui USD 120 atau setara Rp 1,8 juta dan diperdagangkan di atas target harga rata-rata analis sekitar USD 84 atau setara Rp 1,3 juta.

Momentum telah terbangun tahun ini di belakang Coinbase berkat kejelasan yang dibawa oleh perhitungan hukum para pesaing. Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) juga semakin dekat untuk memberi lampu hijau pada ETF Bitcoin yang terdaftar di AS.

Bitcoin sendiri telah melonjak hampir 130 persen sejauh ini pada 2023, termasuk lonjakan sekitar 9 persen pada November. Bagi para pedagang, semua itu menjadi alasan untuk optimis setelah perusahaan membukukan kerugian selama tujuh kuartal berturut-turut. 

Pada awal bulan, juri di New York memutuskan Bankman-Fried bersalah karena terlibat dalam penipuan besar-besaran terkait dengan runtuhnya bursa kripto FTX miliknya. 

Kemudian minggu lalu, Binance menyelesaikan perselisihan besar dengan Departemen Kehakiman AS, setuju untuk membayar denda USD 4,3 miliar atau setara Rp 66,8 triliun setelah CEO Changpeng Zhao mengundurkan diri.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Coinbase Kena Denda Pengadilan Rusia, Ini Penyebabnya

(Ilustrasi bursa saham Nasdaq, pencatatan saham coinbase) Dok: Unsplash/Meric Dagli
(Ilustrasi bursa saham Nasdaq, pencatatan saham coinbase) Dok: Unsplash/Meric Dagli

Sebelumnya diberitakan, pertukaran mata uang kripto AS, Coinbase, baru-baru ini terkena denda melebihi USD 11.000 oleh pengadilan Rusia. Denda tersebut berasal dari penolakan bursa kripto untuk mematuhi undang-undang yang mewajibkan perusahaan asing untuk melokalisasi data masing-masing pengguna atau pelanggan Rusia.

Melansir Bitcoin, Sabtu (18/11/2023), pengadilan di Rusia baru-baru ini mengenakan denda lebih dari USD 11,000 pada bursa mata uang kripto AS, Coinbase.

Pengadilan mengatakan denda tersebut berkaitan dengan dugaan penolakan Coinbase untuk melokalisasi data warga negara Rusia yang menggunakan platform pertukaran kripto.

Menurut laporan dari salah satu media online, ketidakpatuhan Coinbase terhadap peraturan data Rusia berarti pertukaran kripto bersalah atas pelanggaran administratif.

Sebagaimana dicatat dalam laporan tersebut, AIDA International juga didenda serupa karena menolak mematuhi peraturan data baru di negara tersebut.

Sejak akhir Mei, Layanan Federal Rusia untuk Pengawasan Komunikasi, Teknologi Informasi dan Media Massa atau Roskomnadzor (RZN) telah mewajibkan perusahaan asing untuk melokalisasi database pengguna Rusia. Lebih dari 600 perwakilan perusahaan asing diyakini telah memenuhi persyaratan tersebut.

Beberapa perusahaan raksasa global termasuk Spotify, Apple, Whatsapp, Match Group (yang memiliki Tinder), dan Airbnb telah dikenakan sanksi karena melanggar persyaratan tersebut.

Undang-undang lokalisasi data yang disahkan pada 2014 dipandang oleh beberapa penentang Presiden Vladimir Putin sebagai senjata yang digunakan Rusia untuk melawan sebagian besar organisasi Barat.

Namun, menurut laporan lokal, Telegram Messenger, aplikasi media sosial yang didirikan oleh pengusaha kelahiran Rusia Pavel Durov, juga dikenakan denda.

Pada Agustus, Zoom Video Communications, yang didirikan pada 2011 oleh pengusaha miliarder Tiongkok-Amerika Eric S Yuan, didenda lebih dari USD 167.000 karena berulang kali menolak melokalisasi data pengguna Rusia.

 


Situs Pertukaran Kripto Coinbase Diblokir di Kazakhstan, Ada Apa?

Coinbase. AP/ Seth Wenig
Coinbase. AP/ Seth Wenig

Sebelumnya diberitakan, situs web Coinbase dilaporkan diblokir di Kazakhstan, selain coinbase, situs web yang terkait dengan New York Mercantile Exchange (NYMEX) dan Interactive Brokers juga dilarang. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Jumat (10/11/2023), pemerintah Kazakhstan mengatakan mereka melakukan ini karena situs-situs tersebut diduga tidak mematuhi pasal 5 Pasal 11 Undang-Undang tentang Aset Digital Kazakhstan.

Komite Informasi Kementerian Kebudayaan dan Informasi Kazakhstan menerima permintaan dari Kementerian Pengembangan Digital, Inovasi, dan Industri Dirgantara Republik Kazakhstan yang meminta untuk memblokir sumber internet Coinbase, yang melanggar paragraf 5 pasal 11.

Pemerintah Kazakhstan, bersama dengan Bank Nasionalnya, telah menetapkan pembatasan pada platform web keuangan tertentu, dengan pengecualian yang diterapkan pada zona Pusat Keuangan Internasional Astana (AIFC). 

Menurut laporan media lokal, Kursiv News, pelarangan situs NYMEX terjadi karena situs tersebut memfasilitasi perdagangan berjangka aset mata uang kripto, bitcoin dan ethereum, aktivitas yang berada di luar domain regulasi AIFC.

Di Kazakhstan, operasi penambangan bitcoin juga menghadapi tantangan, sehingga mendorong operator berlisensi untuk mengajukan banding kepada pihak berwenang untuk merevisi kebijakan perpajakan yang mempengaruhi sektor mereka. 

Perwakilan dari beberapa perwakilan industri terbesar telah mengindikasikan bahwa lingkungan perpajakan saat ini mungkin memaksa mereka untuk menghentikan aktivitas mereka di Asia Tengah, yang juga mencakup Eropa.

 


Mahkamah Agung AS Sepakat Tangani Kasus Coinbase

Ilustrasi Kripto atau Penambangan kripto. Foto: Freepik
Ilustrasi Kripto atau Penambangan kripto. Foto: Freepik

Sebelumnya diberitakan, Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS) telah menyepakati untuk menangani kasus Coinbase mengenai apakah pertukaran kripto tersebut dapat memaksa pengguna untuk menyelesaikan perselisihan melalui arbitrase pribadi, bukan di pengadilan.  Kasus ini bermula dari undian dogecoin (DOGE) di mana pengguna menuduh Coinbase melakukan iklan palsu.

Melansir Bitcoin, Selasa (7/11/2023), Mahkamah Agung AS mengumumkan pada Jumat mendengarkan banding Coinbase mengenai apakah pertukaran kripto dapat memaksa pengguna untuk menyelesaikan perselisihan melalui arbitrase pribadi, bukan di pengadilan.

Kasus ini melibatkan undian Coinbase pada 2021 yang menawarkan kesempatan kepada peserta untuk memenangkan hadiah hingga USD 1.200.000 dalam meme cryptocurrency dogecoin (DOGE).  

Sejumlah pengguna menuduh mereka ditipu dengan membayar untuk mengikuti undian meskipun ada opsi untuk berpartisipasi secara gratis.  Menuduh Coinbase melakukan iklan palsu yang melanggar hukum California, pengguna mengajukan gugatan class action terhadap pertukaran mata uang kripto.

Pengguna ingin perselisihan tersebut disidangkan di pengadilan California.  Namun, platform kripto tersebut berpendapat ketika pengguna mendaftar ke akun Coinbase, mereka setuju untuk menyelesaikan semua perselisihan dengan perusahaan melalui arbitrase.

Meskipun mengakui klausul arbitrase dalam Perjanjian Pengguna Coinbase, seorang hakim federal di California menolak permintaan pertukaran kripto untuk memindahkan perselisihan ke arbitrase.  

"Pengadilan distrik menetapkan bahwa klausul pemilihan forum terpisah dalam 'Aturan Resmi' Undian menggantikan perjanjian arbitrase Perjanjian Pengguna, termasuk klausul delegasinya,” kata dokumen yang diajukan Coinbase ke Mahkamah Agung.

Coinbase mengajukan banding atas penolakan mosi untuk memaksakan arbitrase.  Namun, Pengadilan Banding Wilayah AS Kesembilan di San Francisco menegaskan penolakan mosi Coinbase.  Sekarang terserah Mahkamah Agung AS untuk memutuskan apakah pertukaran kripto dapat memaksa pengguna melakukan arbitrase.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya