Sediakan Fasilitas bagi Difabel, Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud di Semarang Ramah Penyandang Disabilitas

Pasangan Ganjar-Mahfud diharapkan dapat memperjuangkan kesetaraan bagi penyandang disabilitas.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 10 Feb 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 10 Feb 2024, 17:00 WIB
ilustrasi alat bantu disabilitas
ilustrasi alat bantu disabilitas. Unsplash.

Liputan6.com, Jakarta - Kampanye akbar Hajatan Rakyat Semarang yang diadakan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, dinilai ramah terhadap penyandang disabilitas.

Salah satu penyandang disabilitas fisik asal Krapyak, Semarang, Edi (55), turut hadir dalam acara tersebut. Dia menempatkan sepeda motor roda tiganya di panggung VIP disabilitas yang terletak di samping kiri panggung utama.

Area tersebut cukup luas untuk memarkir minimal 20 unit sepeda motor roda tiga milik pendukung Ganjar-Mahfud.

Edi, yang memiliki disabilitas fisik di kaki, berharap pasangan Ganjar-Mahfud dapat memperjuangkan kesetaraan layanan KPR (kredit perumahan rakyat) bagi penyandang disabilitas.

"Saya berharap Ganjar-Mahfud dapat membantu penyandang disabilitas untuk mendapatkan KPR. Selama ini kami tidak bisa, karena dianggap tidak memiliki pekerjaan tetap dan sering diabaikan, padahal kami bisa membayar cicilan," ujar Edi, yang mengaku berwirausaha gorengan sebagai mata pencahariannya, dilansir Antara. 

Pendapat serupa juga disampaikan oleh penyandang disabilitas fisik lainnya, Agus Kelana (47), yang datang dari Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggunakan motor roda tiga.

Dengan doa dan sedikit perbekalan, Agus, yang merupakan anggota Difagana (Difabel Siaga Bencana), berharap pasangan Ganjar-Mahfud dapat memperhatikan kesejahteraan penyandang disabilitas.

"Ketika Ganjar menjadi presiden, kami ingin melihat bukan hanya janji, tetapi bukti nyata," ujar Agus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fasilitas bagi Penyandang Disabilitas

 

Selain ramah terhadap penyandang disabilitas fisik, acara kampanye tersebut juga menyediakan fasilitas untuk pengguna kursi roda, penyandang disabilitas rungu dengan bantuan relawan juru Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo), serta relawan yang membantu penyandang disabilitas netra.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya