Peringatan 10 Tahun Meninggalnya Arafat di Gaza Dibatalkan

Peringatan meninggalnya Arafat tidak dilangsungkan di Gaza sejak 2007, pasca-6 pendukung Fatah tewas dalam bentrokan dengan Hamas.

oleh Rochmanuddin diperbarui 10 Nov 2014, 05:30 WIB
Diterbitkan 10 Nov 2014, 05:30 WIB
Peringatan 10 Tahun Meninggalnya Arafat di Gaza Dibatalkan
Peringatan meninggalnya Arafat tidak dilangsungkan di Gaza sejak 2007, pasca-6 pendukung Fatah tewas dalam bentrokan dengan Hamas. (BBC)

Liputan6.com, Gaza - Upacara yang rencananya digelar di Gaza untuk menandai 10 tahun meninggalnya pemimpin Palestina, Yasser Arafat, dibatalkan.

Gerakan Fatah, yang didirikan Arafat menyatakan, upacara yang rencananya akan diselenggarakan pada Selasa 11 November itu dibatalkan karena kelompok Hamas --yang menguasai Gaza-- tidak bisa menjamin acara itu akan berlangsung aman.

"Kami membatalkan acara ini karena Hamas mengatakan bahwa mereka tidak bisa memberikan jaminan keamanan," ungkap Faisal Abu Shala, pejabat Fatah di Gaza kepada kantor berita Associated Press, seperti dilansir BBC, Senin (10/11/2014).

Beberapa bangunan milik Fatah dan panggung yang rencananya akan dipakai untuk menandai 10 tahun meninggalnya Arafat, menjadi sasaran ledakan bom pada Jumat 7 November pekan lalu.

Fatah menuduh Hamas berada di balik ledakan bom tersebut, namun Hamas menyatakan ledakan tersebut merupakan dampak dari pertikaian internal Fatah.

Peringatan meninggalnya Arafat tidak dilangsungkan di Gaza sejak 2007, ketika setidaknya 6 pendukung Fatah tewas dalam bentrokan dengan anggota Hamas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya