Lars Lokke Rasmussen Terpilih Jadi Perdana Menteri Baru Denmark

Lars Lokke Rasmussen mengalahkan PM Incumbent Helle Thorning-Schmidt.

oleh Andreas Gerry Tuwo diperbarui 19 Jun 2015, 14:36 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2015, 14:36 WIB
Lars Lokke Rasmussen Terpilih Jadi Perdana Menteri Baru Denmark
Lars Lokke Rasmussen mengalahkan PM Incumbent Helle Thorning-Schmidt.

Liputan6.com, Copenhagen - Pemilu Denmark resmi berakhir. Pesta demokrasi ini melahirkan Perdana Menteri (PM) baru, Lars Lokke Rasmussen.

Pemimpin koalisi oposisi aliansi tengah-kanan mengalahkan PM incumbent Denmark, Helle Thorning-Schmidt. PM perempuan pertama Denmark ini merupakan pemimpin dari partai Sosial Demokratik.

Dalam perhitungan suara yang sudah dilaksanakan Aliansi Tengah Kanan mendapat 90 kursi di parlemen. Sementara koalisi yang dipimpin Thorning-Schmidt memperoleh 85 kursi.

Pasca-resmi memenangi pemilu, di depan pendukungnya Lokke Rasmussen mengaku gembira bisa menang dalam pemilu ini. Ia pun menegaskan siap memimpin negara yang terletak di Eropa Utara tersebut.

"Malam ini kami di beri kesempatan, tapi hanya satu kesempatan, kesempatan itu adalah memimpin Denmark," jelas Lokke Rasmussen seperti dikutip dari Reuters, Jumat (19/6/2015).

Kemenangan tipis Lokke dan koalisinya sudah diduga sebelumnya. Sebab, sebelum pemilu digelar, salah satu partai besar di Denmark Partai Rakyat Denmark menarik dukungannya kepada koalisi Thorning-Schmidt dan berbalik arah ke pihak Lokke Rasmussen.

Kekalahan dari Thorning-Schmidt dalam pemilu ternyata berbuntut panjang. Sebagai bentuk pertanggungjawaban perempuan yang sempat menghebohkan dunia karena foto selfie dengan Presiden AS Barack Obama ini memilih mundur dari jabatan Ketua Umum Partai Sosial Demokratik.

"Kami tidak dapat memenangi pemilu, kami kalah di garis akhir," ujar Thorning-Schmidt.

"Saya akan mundur dari kepemimpinan ini di waktu yang tepat dan waktu itu adalah sekarang ini," tandas dia. (Ger/Mut)

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya