Sering Tidur Pakai Bantal? Coba Singkirkan, Lalu Rasakan 5 Manfaat Ini

Tidak seperti bantal batu kuno, bantal yang kita gunakan saat ini lembut dan empuk, dan banyak orang tidak dapat tidur tanpa memeluk bantal besar yang nyaman.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 02 Des 2020, 19:10 WIB
Diterbitkan 02 Des 2020, 19:10 WIB
Mengubah Posisi Tidur
Ilustrasi Mendapat Mimpi Buruk Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Bantal pertama yang pertama kali ketahui berasal dari zaman Mesopotamia Kuno. Benda itu terbuat dari batu, dan hanya orang kaya yang mampu membelinya.

Tidak seperti bantal batu kuno, bantal yang kita gunakan saat ini lembut dan empuk, dan banyak orang tidak dapat tidur tanpa memeluk bantal besar yang nyaman.

Namun nyatanya, tidur dengan bantal mungkin bukan cara terbaik untuk beristirahat, karena bisa memengaruhi tubuh dan mood Anda.

Dikutip dari Bright Side, Rabu (2/12/2020), rasanya sulit untuk berpisah dengan bantal favorit, tetapi tidur tanpa bantal ternyatamemiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini di antaranya:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Mencegah sakit punggung

Ilustrasi bantal (Pixabay)
Ilustrasi bantal (Pixabay)

Banyak bantal yang dapat menyebabkan posisi tidur yang tidak wajar dan efek penyangga yang diberikannya tidak bertahan lama. Meskipun bantal itu sendiri tidak akan menyebabkan punggung Anda sakit, hal itu dapat memperburuk banyak gejala yang mendasarinya.

Saat Anda tidur tanpa bantal, tulang punggung Anda bisa beristirahat dan tubuh dalam posisi aslinya.


2. Mengatasi nyeri leher

Tidur Tanpa Bantal
Tidur Tanpa Bantal (Sumber: Pixabay)

Kebanyakan bantal tidak dapat membantu Anda tidur dengan posisi yang benar, dan bahkan dapat memperburuk postur tidur. Menekuk leher dengan cara apa pun dalam waktu lama akan membuat Anda tidak nyaman, dan bantal yang terlalu keras atau terlalu empuk, juga dapat menyebabkan nyeri leher.


3. Memerangi sakit kepala

Meletakkan Laptop di Bantal atau Kasur
Meletakkan Laptop di Bantal atau Kasur (Sumber: Pixabay)

Jika Anda bangun dengan sakit kepala atau pusing, bantal Anda mungkin penyebabnya. Bantal yang terlalu tinggi menyebabkan kepala dan leher Anda menambah ketegangan pada otot leher. Ini mungkin membuat Anda pusing di pagi hari setelah bangun dari tempat tidur.

 


4. Mengurangi stres

Ilustrasi tidur, bermimpi
Ilustrasi tidur, bermimpi. (Gambar oleh 溢 徐 dari Pixabay)

Jika bantal membuat Anda tidak nyaman di malam hari, Anda mungkin akan bolak-balik saat tidur. Semakin banyak gangguan tidur yang Anda alami, semakin sedikit waktu yang dimiliki tubuh untuk banyak fungsi penting.

Kurang tidur secara terus menerus dapat memengaruhi suasana hati dan kemampuan berpikir Anda, dan akan menyebabkan tubuh melepaskan lebih banyak hormon stres di siang hari.

 


5. Mencegah jerawat wajah

Ilustrasi orang tidur.
Ilustrasi orang tidur. (dok. Manbob86/Pixabay/ Tri Ayu Lutfiani)

Kulit Anda akan berterima kasih karena telah menyingkirkan bantal. Wajah Anda biasanya menempel di bantal hampir sepanjang malam.

Anda mungkin tidak mencuci sarung bantal dalam waktu yang rutin. Dan sarung bantal tersebut mengumpulkan kotoran, minyak, dan debu rumah tangga. Semua ini dapat menyebabkan jerawat, peradangan, dan kerutan dini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya