Water Jelly, Jurus Tetap Adem dan Terhidrasi Saat Musim Panas Ala Jepang

Jika tidak menyukai tekstur air, Anda mungkin ingin mencoba menjaga diri tetap terhidrasi dengan produk baru musim panas Jepang: water jelly atau jeli air.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 31 Jul 2022, 19:10 WIB
Diterbitkan 31 Jul 2022, 19:10 WIB
Water Jelly produk baru Jepang untuk mendinginkan diri saat musim panas. (Supplied)
Water Jelly produk baru Jepang untuk mendinginkan diri saat musim panas. (Supplied)

Liputan6.com, Tokyo - Jika tidak menyukai tekstur air, Anda mungkin ingin mencoba menjaga diri tetap terhidrasi dengan produk baru musim panas Jepang: water jelly atau jeli air.

Mengutip Oddity Central, Minggu (31/7/2022), sebotol air dari mesin penjual otomatis Jepang ini tidak mengalir seperti yang Anda harapkan; sebagai gantinya, keluar sebagai jeli. Itulah mengapa disebut jeli air.

Anda bisa meminumnya langsung dari botolnya, memakannya dengan sendok, atau menambahkannya dengan buah dan menikmatinya sebagai suguhan yang menyegarkan.

Menurut video TikTok berisi seorang pembeli jeli air di mesin penjual, tidak terlalu banyak informasi tentang jeli air online, setidaknya di luar Jepang. 

@japanontiktok Water Jelly #japan #japanthings #japanese #vendingmachine #fyp ♬ Love You So - The King Khan & BBQ Show

Kendati demikian water jelly kabarnya adalah salah satu minuman 'terpanas' di Jepang saat ini.

Menurut siaran pers PR Times, produk ini diluncurkan tahun 2021 lalu dan akhirnya menjadi hit musim panas. Terjual 2,8 kali lebih baik daripada yang diharapkan produsen – sebuah perusahaan bernama JR East Cross Station Water Business Company – yang diharapkan.

Meskipun warnanya yang bening dan namanya yang membingungkan – From AQUA Water Jelly – membuatnya tampak seperti air dalam bentuk jelly, ini sebenarnya adalah produk dengan rasa bukan seperti air mineral biasa.

Rasa paling populer yang tersedia adalah ramune -- minuman ringan berkarbonasi yang mulut botolnya disumbat dengan sebuah kelereng. Merupakan campuran gula atau sirup jagung fruktosa tinggi ditambah asidulan dan citarasa sitrun atau jeruk nipis. Simbol modern musim panas di Jepang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kalori Tinggi

Ilustrasi puding jeli
Ilustrasi puding jeli (iStock)

Produk ini kandungan kalorinya 55 kalori per 100 ml, sangat tinggi, mengingat 100 ml Coca Cola hanya mengandung 37,5 kalori.

From Aqua water jelly ini harus didinginkan agar teksturnya seperti agar-agar, tetapi Anda juga bisa membekukannya jika ingin dikonsumsi sebagai sorbet.

Meskipun beberapa komentator di TikTok berpendapat bahwa jeli air memudahkan orang tua dan orang-orang dengan kesulitan menelan untuk tetap terhidrasi, karena meluncur dengan perlahan ke tenggorokan

Data pasar menunjukkan bahwa produk tersebut paling populer di kalangan konsumen antara usia 30 dan 50 tahun.

Setelah peluncuran yang sukses tahun 2021 lalu, pembuat jeli air initelah meningkatkan produksi untuk memenuhi permintaan, dan juga memperkenalkan botol 515 gram yang lebih besar. Sayangnya, water jelly saat ini hanya tersedia di Jepang.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


3 Kudapan Nikmat di Musim Panas

Ilustrasi cuaca panas
Ilustrasi cuaca panas. Sumber foto: unsplash.com/Maxime Bhm.

Banyak cairan terbuang di musim panas membuat kita membutuhkan asupan makanan dan minuman yang mampu mengembalikan jumlah cairan yang sudah terbuang. Berikut ini beberapa jenis cemilan yang dapat Anda konsumsi di musim panas, seperti dikutip laman Health Me Up, Senin (14/4/2014)

1. Salad semangka

Semangka adalah camilan terbaik yang dapat Anda makan di musim panas. Bila mengonsumsi semangka dianggap sudah biasa, cobalah untuk membuat salad semangka.

Cara, potong dadu buah semangka, tambahkan keju feta, kacang pinus, dan dan daun kemangi.

2. Yoghurt dengan buah-buahan

Konsumsilah beberapa jenis buah seperti anggur, jeruk, dan mangga di musim panas. Selain kaya vitamin C, ketiga jenis buah ini juga dipercaya dapat mengambalikan cairan yang sudah terbuang.

Agar lebih asyik dalam mengonsumsinya, campurkan buah-buahan itu dengan yoghurt sehat. Jangan lupa, tambahkan kacang untuk menambah kegaringan.

Bagi perempuan yang rutin mengonsumsi buah, apa pun musimnya, dapat mencegah terjadinya segala jenis kanker di tubuhnya.

Kepala Departemen Radioterapi RSCM, Prof, DR. Dr. Soehartati Gondhowiardjo, SpRad (K) OnkRad mengatakan, mengonsumsi buah adalah bentuk pencegahan yang dapat dilakukan agar terhindar dari kanker. Karena, bila sudah terkena kanker, dibutuhkan biaya besar untuk menyembuhkannya.

3. Roti lapis sehat

Anda penggemar berat roti lapis (sandwich) ? Di musim panas, Anda dapat mengganti isi dari roti lapis itu dengan mentimun, tomat, selada, dan tuna dingin. Meski musim panas, Anda juga membutuhkan asupan protein. 


5 Jenis Buah yang Cocok Dikonsumsi Kala Cuaca Panas

Ilustrasi musim kemarau, panas
Ilustrasi musim kemarau, panas. (Photo by Brett Sayles/pexels)

Berikut buah-buahan yang cocok untuk dikonsumsi di musim panas kali ini, dikutip dari situs Times of India, Selasa (21/7/2015):

1. Anggur

Buah yang dipercaya dapat menyembuhkan migrain ini juga baik untuk kita yang memiliki masalah pencernaan. Anggur yang kaya vitamin C dan K cocok dikonsumsi untuk melindungi tubuh dari sengatan matahari.

2. Mentimun

Timun kaya serat, kalium, rendah kalori, namun tinggi kandungan vitamin C, A, dan K. Selain mencegah terjadinya dehidrasi, timun juga dapat membantu mengontrol tekanan darah kita.

3. Apel

Apel kaya serat dan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apabila disantap tanpa mengupas kulitnya, apel dapat mengurangi kadar kolesterol di tubuh kita.

4. Jeruk

Buah oranye yang kaya kandungan vitamin C, kalsium, dan kalium dapat menstabilkan tekanan darah dan menjaga imunitas tubuh.

5. Semangka

Buah semangka cocok dikonsumsi buat kita yang sedang berdiet. Selain tinggi kandungan air, buah semangka juga kaya vitamin A dan C. 

Infografis Pencegahan dan Bahaya Mengintai Akibat Cuaca Panas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pencegahan dan Bahaya Mengintai Akibat Cuaca Panas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya