6 Juli 2013: Militan Boko Haram Serang Sekolah Asrama di Nigeria, 30 Orang Termasuk Guru Tewas

Para militan ini telah melakukan serangkaian serangan terhadap sekolah-sekolah di wilayah tersebut, termasuk satu serangan di mana pria bersenjata menembaki anak-anak yang sedang mengikuti ujian di dalam kelas.

oleh Najma Ramadhanya diperbarui 06 Jul 2024, 07:45 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi bendera Nigeria. (Unsplash/Emmanuel Ikwuegbu)
Ilustrasi bendera Nigeria. (Unsplash/Emmanuel Ikwuegbu)

Liputan6.com, Yobe - Pada Sabtu 6 Juli 2013, militan Islam menyerang sebuah sekolah asrama sebelum fajar dengan menyiramkan bahan bakar ke asrama dan membakarnya ketika para siswa sedang tertidur.

Setidaknya 30 orang tewas dalam serangan paling mematikan di sekolah-sekolah di timur laut Nigeria yang bergolak ini.

Pihak berwenang menyalahkan kejadian tersebut pada Boko Haram, sebuah kelompok radikal yang namanya memiliki arti "pendidikan Barat adalah dosa", seperti dilansir dari Newsday, Sabtu (6/7/2024).

Para militan ini telah melakukan serangkaian serangan terhadap sekolah-sekolah di wilayah tersebut, termasuk satu serangan di mana pria bersenjata menembaki anak-anak yang sedang mengikuti ujian di dalam kelas.

"Kami sedang tidur ketika mendengar tembakan. Ketika saya bangun, seseorang menodongkan senjata ke arah saya," kata Musa Hassan, 15 tahun, kepada Associated Press mengenai serangan di Sekolah Menengah Negeri di desa Mamudo di negara bagian Yobe.

Musa Hassan menggunakan tangannya untuk membela diri, dan terkena tembakan yang membuat keempat jari tangan kanannya terputus. Nyawanya terselamatkan ketika para militan pergi setelah menembaknya.

Hassan mengenang bagaimana pria bersenjata datang dengan membawa jeriken bahan bakar yang mereka gunakan untuk membakar blok administrasi sekolah dan salah satu asrama.

"Mereka membakar anak-anak hidup-hidup," katanya, dengan kengerian yang terlihat di matanya yang lebar. Ia dan para guru di kamar mayat mengatakan puluhan anak dari sekolah berjumlah 1.200 siswa tersebut melarikan diri ke hutan tetapi belum terlihat sejak itu.

Pada hari kejadian Sabtu 6 Juli 2013, di kamar mayat Rumah Sakit Umum Potiskum, beberapa kilometer dari lokasi serangan, orang tua berteriak kesakitan saat mereka mencoba mengidentifikasi para korban. Banyak yang hangus hingga tak bisa dikenali.

Beberapa orang tua tidak tahu apakah anak-anak mereka selamat atau tewas.

Malam Abdullahi, seorang petani, menemukan mayat dua anak laki-lakinya, yang satu berusia 10 tahun ditembak di punggung saat ia tampaknya mencoba melarikan diri, dan yang lainnya berusia 12 tahun ditembak di dada.

"Pria bersenjata itu menyerang sekolah dan tidak ada perlindungan untuk siswa meskipun semua tentara ada," katanya sambil menangis di atas dua jenazah. Ia mengatakan menarik tiga putranya yang tersisa dari sekolah lain."


Boko Haram yang Gencar Menyerang

Ilustrasi militan ISIS (AFP)
Ilustrasi militan islam (AFP)

Militan Islam dari Boko Haram dan kelompok pecahannya telah membunuh lebih dari 1.600 warga sipil dalam serangan bom bunuh diri dan serangan lainnya sejak 2010, menurut perkiraan dari AP.

Presiden Goodluck Jonathan menyatakan keadaan darurat pada 14 Mei 2013 dan mengerahkan ribuan tentara untuk menghentikan pemberontakan, mengakui bahwa para militan telah menguasai beberapa kota dan desa.

Serangan hari Sabtu 6 Juli 2013 menewaskan 29 siswa dan guru bahasa Inggris Mohammed Musa, yang ditembak di dada, menurut seorang guru lain, Ibrahim Abdu.

Petugas polisi tiba setelah pria bersenjata dan mengangkut mayat-mayat ke rumah sakit mengkonfirmasi bahwa setidaknya 30 orang tewas.

Boko Haram, yang basis kekuatannya berada 230 kilometer jauhnya di kota Maiduguri, ibu kota negara bagian tetangga Borno, telah berada di balik serangkaian serangan di sekolah-sekolah pada tahun 2012.

Pada hari Kamis 4 Juli 2013, pria bersenjata mendatangi rumah kepala sekolah dasar dan menembak seluruh keluarganya. Para saksi mengatakan mereka menyerang pada pukul 7 pagi saat pemilik Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak Swasta Godiya sedang bersiap untuk meninggalkan rumahnya di kota Biu, sekitar 180 kilometer dari Maiduguri.

Penduduk Anjikwi Bala mengatakan kepada AP bahwa Hassan Godiya, istri, dan empat anaknya semuanya terbunuh.

Ia mengatakan para pembunuh, yang diduga adalah pejuang Boko Haram, melarikan diri.


Serangan yang Terjadi Sebulan Sebelumnya

Ilustrasi pistol (pixabay)
Ilustrasi pistol (pixabay)

Pada pekan setelah kejadian, penduduk negara bagian Yobe meminta militer untuk memulihkan layanan telepon seluler di daerah yang dalam keadaan darurat. Mereka mengatakan bahwa layanan tersebut bisa membantu mencegah serangan pada 16 Juni 2013 di sebuah sekolah di Damaturu, ibu kota negara bagian Yobe, yang menewaskan tujuh siswa, dua guru, dua tentara, dan dua ekstremis menurut militer.

Warga mengatakan kepada AP bahwa mereka memperhatikan gerakan mencurigakan dari orang asing dan bisa memberi tahu tentara dan polisi jika ponsel mereka berfungsi. Sebaliknya, militer mengatakan mereka terlibat dalam baku tembak selama lima jam sebelum para militan melarikan diri.

Sehari kemudian, 17 Juni 2013, ekstremis menembaki siswa yang sedang duduk di meja mereka saat mereka menulis ujian di Maiduguri, menewaskan setidaknya sembilan siswa.

Pejabat negara bagian Borno mengatakan lebih dari 20.000 orang telah melarikan diri ke Kamerun dalam beberapa pekan terakhir saat itu akibat kekerasan tersebut.

Militer mengklaim sukses dalam menguasai kembali negara bagian Adamawa, Borno, dan Yobe.

Namun, area tersebut mencakup sekitar 155.000 kilometer persegi atau seperenam dari negara yang luas ini. Pemberontakan ini merupakan ancaman terbesar dalam beberapa tahun terhadap keamanan produsen minyak terbesar di Afrika.


Militan yang Menargetkan Warga Sipil

Ilustrasi Al-Shabab serang pangkalan militer pasukan Uni Afrika di Kota Golweyn, wilayah Shabelle, Somalia. (AFP)
Ilustrasi militer. (AFP)

Tentara mengatakan bahwa mereka telah membunuh dan menangkap ratusan pejuang militan.

Namun, operasi militer yang keras, termasuk serangan dengan jet tempur dan helikopter di kamp-kamp militan, tampaknya telah memaksa para ekstremis melarikan diri ke pegunungan berbatu dengan gua-gua. Dari mana mereka muncul untuk menyerang sekolah-sekolah dan pasar-pasar.

Para militan semakin menargetkan warga sipil, termasuk petugas kesehatan dalam kampanye vaksinasi, pedagang, guru, dan pekerja pemerintah.

Petani telah diusir dari lahan mereka oleh para ekstremis dan pos pemeriksaan militer, meningkatkan ancaman kekurangan pangan yang menambah kesulitan bagi masyarakat yang sudah terbebani oleh jam malam dari senja hingga fajar dan penutupan layanan telepon seluler oleh militer serta larangan menggunakan telepon satelit.

Infografis Jaringan isis di Belgia dan Prancis
Infografis Jaringan isis di Belgia dan Prancis (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya