Kemlu RI: 19 WNI Tak Ada yang Jadi Korban Israel Serang Pelabuhan Yaman Balas Serangan Houthi

Saluran televisi Almasirah mengatakan tiga orang tewas dan 87 lainnya luka-luka dalam serangan balasan Israel ke Houthi Yaman yang mengenai fasilitas minyak di kota pelabuhan Hodeidah.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 21 Jul 2024, 16:55 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2024, 16:55 WIB
Asap dan api membubung dari sebuah lokasi di Hodeidah, Yaman, pada Sabtu, 20 Juli 2024 akibat serangan Israel. (AP)
Asap dan api membubung dari sebuah lokasi di Hodeidah, Yaman, pada Sabtu, 20 Juli 2024 akibat serangan Israel. (AP)

Liputan6.com, Jakarta - Serangan udara dahsyat mengguncang kota pelabuhan Hodeidah di Laut Merah sehari setelah para pejabat Israel bersumpah akan membalas dendam atas pesawat tak berawak yang menyerang Tel Aviv.

Serangan udara menghantam kilang minyak dan infrastruktur listrik, sehingga memicu kebakaran besar. Ini adalah serangan langsung pertama ke Yaman sejak pemberontak Houthi di sana mulai menargetkan Israel dengan rudal dan drone tahun lalu.

Saluran televisi Almasirah mengatakan tiga orang tewas dan 87 lainnya luka-luka dalam serangan terhadap fasilitas minyak tersebut.

Jatuhnya korban jiwa akibat serangan Israel ke Yaman dibenarkan oleh perwakilan Indonesia di wilayah tersebut. Meski tak menyebut pasti jumlah korban tewas.

"Israel telah melakukan serangan udara ke Pelabuhan Hudaidah (Hodeidah), Yaman, pada tanggal 20 Juli 2024. Serangan tersebut telah mengakibatkan jatuhnya korban jiwa," kata Direktur Pelindungan WNI Kemlu RI Judha Nugraha dalam pesan singkatnya yang diterima Minggu (21/7/2024).

"KBRI Muscat telah berkomunikasi dengan para WNI yang tinggal di wilayah Hodeidah. Hingga saat ini tidak ada WNI yang menjadi korban serangan," jelas Judha.

Judha menuturkan, dalam catatan lapor diri KBRI Muscat, terdapat 19 orang WNI yang menetap di wilayah Hodeidah.

Saluran televisi Almasirah, yang dijalankan oleh gerakan Houthi Yaman, mengatakan pada Sabtu (20/7) malam bahwa serangan udara menargetkan kota tersebut.

Menurut gambar yang beredar di media sosial, belum dapat segera diverifikasi, menunjukkan kepulan asap dan api di dekat pelabuhan. Almasirah mengatakan tiga orang tewas dan 87 luka-luka dalam serangan terhadap fasilitas minyak tersebut.

Israel Defense Forces (IDF) atau Pasukan Pertahanan Israel, seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (21/7/2024) mengatakan jet tempurnya menyerang sasaran militer di Pelabuhan Hodeidah di Yaman "sebagai tanggapan atas ratusan serangan yang dilakukan terhadap negara Israel dalam beberapa bulan terakhir".

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan pada malam harinya bahwa pelabuhan tersebut menjadi sasaran karena digunakan "untuk tujuan militer".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Ada Tempat yang Tak Bisa Dijangkau Israel

Tangki minyak terbakar di pelabuhan di Hodeidah, Yaman, Sabtu, 20 Juli 2024, akibat serangan Israel. (AP)
Tangki minyak terbakar di pelabuhan di Hodeidah, Yaman, Sabtu, 20 Juli 2024, akibat serangan Israel. (AP)

Serangan tersebut, tambah pihak militer Israel, "menjelaskan kepada musuh-musuh kita bahwa tidak ada tempat yang tidak dapat dijangkau oleh negara Israel".

Menteri Pertahanan Yoav Gallant mengatakan "api yang saat ini berkobar di Hodeidah terlihat di seluruh Timur Tengah dan signifikansinya jelas… Pertama kali mereka melukai warga negara Israel, kami menyerang mereka. Dan kami akan melakukan ini di mana pun diperlukan".

Kelompok Houthi bersumpah untuk "menekan" Israel dengan serangan lebih lanjut sebagai tanggapan atas serangan tersebut.

Almasirah TV awalnya mengatakan serangan di Hodeidah dilakukan oleh pasukan AS dan Inggris tetapi kemudian menarik referensi tersebut, menurut Reuters. Pasukan Inggris dan AS telah melakukan serangan berulang kali terhadap Hodeidah, baru-baru ini pada bulan lalu.

Sementara outlet berita Arab Saudi Al Arabiya, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, mengatakan serangan yang menargetkan depot bahan bakar dan kilang minyak di pelabuhan tersebut dilakukan dalam operasi gabungan oleh Israel, AS, dan Inggris. Dikatakan 12 pesawat Israel, termasuk jet tempur model F-35, ikut serta dalam serangan tersebut.

Empat pejabat AS mengatakan Israel bertindak sendiri dalam serangan hari Sabtu (19/7) terhadap Houthi, tanpa keterlibatan militer AS, lapor New York Times.


Klaim Israel, Pembalasan untuk Houthi

Asap dan api membubung dari sebuah lokasi di kota pelabuhan Hodeidah, Yaman, pada Sabtu, 20 Juli 2024, setelah serangan Israel. (AP)
Asap dan api membubung dari sebuah lokasi di kota pelabuhan Hodeidah, Yaman, pada Sabtu, 20 Juli 2024, setelah serangan Israel. (AP)

Serangan udara terbaru di Hodeidah terjadi usai janji Menteri Pertahanan Yoav Gallant, untuk "pembalasan" setelah pesawat tak berawak Houthi menyerang pusat Tel Aviv, menewaskan satu orang dan melukai 10 orang lainnya. Kelompok Houthi segera mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, mengklaim bahwa mereka telah menggunakan drone jenis baru yang tidak terdeteksi oleh radar dan sistem pertahanan udara.

Pejabat Israel malah menyalahkan "kesalahan manusia" dan mengatakan militer sedang menyelidiki apa yang salah. Juru bicara kepala militer Laksamana Muda Daniel Hagari mengatakan drone tersebut telah terdeteksi oleh pertahanan udara tetapi terdapat "error" yang berarti drone tersebut tidak dapat dicegat.

Polisi setempat menggambarkan bagaimana pesawat tak berawak itu meledak di atas sebuah blok apartemen, menyebabkan ledakan yang mengguncang kota pelabuhan, menewaskan satu orang dan meresahkan penduduk, serta terganggu oleh serangan yang jarang terjadi tersebut.

Gallant berjanji untuk memperkuat pertahanan udara Israel setelah serangan itu di tengah meningkatnya serangan roket dari Hizbullah yang melanda Israel utara. IDF mengatakan rentetan 40 roket menargetkan Dataran Tinggi Golan dan Galilea sehari setelah serangan pesawat tak berawak, menantang pertahanan udara Israel.

 


Riwayat Serangan Houthi untuk Israel

Serangan Israel ke Hodeida yang dikuasai Houthi. (AFP)
Serangan Israel ke Hodeida yang dikuasai Houthi. (AFP)

Houthi Yaman, milisi dukungan Iran yang menguasai sebagian besar wilayah barat negara itu termasuk garis pantai, telah menargetkan kapal-kapal di Teluk Aden dan mengganggu aktivitas maritim di Laut Merah selama berbulan-bulan sebagai tanggapan atas serangan Israel di Gaza.

Israel menembak jatuh pesawat tak berawak yang diduga milik Houthi menuju pelabuhan Eilat di Laut Merah awal bulan ini dengan sebuah jet tempur, sementara serangan kelompok tersebut terhadap pelayaran telah sangat mengganggu bisnis di pelabuhan utama Israel.

Adapun AS dan Inggris telah berulang kali menyerang kota pelabuhan Hodeidah sebagai balasannya, meskipun kelompok tersebut berjanji untuk melanjutkan serangan mereka selama perang di Gaza masih berlangsung.

Serangan udara, laut, dan artileri Israel di wilayah kantong tersebut telah menewaskan lebih dari 38.000 orang sejak Oktober.

Netanyahu sedang bersiap melakukan perjalanan ke AS untuk berpidato di depan Kongres pada hari Rabu (24/7), sementara ia berada di bawah tekanan domestik dan internasional yang semakin meningkat untuk menyetujui kesepakatan gencatan senjata di Gaza dan membawa pulang sandera.

Hal ini diperparah dengan keputusan yang luas dan memberatkan pada hari Jumat (19/7) dari Mahkamah Internasional PBB (ICJ) yang menyatakan bahwa kebijakan pemukiman Israel dan pendudukan di Tepi Barat melanggar hukum internasional.

ICJ memerintahkan Israel untuk mengakhiri pendudukannya di wilayah Palestina “secepat mungkin” dan melakukan reparasi penuh. Hal ini tidak mengikat, namun akan sulit untuk diabaikan oleh sekutu Israel, terutama karena pengadilan juga memutuskan bahwa negara-negara anggota mempunyai kewajiban untuk tidak mengakui pendudukan sebagai hal yang sah dan tidak memberikan bantuan atau membantu pendudukan tersebut.

Kementerian Luar Negeri Inggris pada hari Jumat (19/7) menyatakan kembali komitmennya terhadap solusi dua negara, karena pihaknya "dengan hati-hati mempertimbangkan" keputusan tersebut.

Menteri Luar Negeri David Lammy juga mengumumkan bahwa Inggris akan melanjutkan pendanaan ke Unwra, badan PBB untuk pengungsi Palestina pada hari Jumat (19/7), menandai perpecahan yang jarang terjadi dengan Washington mengenai kebijakan perang Gaza.

Partai Buruh berjanji dalam manifesto pemilunya untuk mengakui negara Palestina sebagai bagian dari proses perdamaian, untuk menciptakan “Israel yang aman dan tenteram di samping negara Palestina yang layak dan berdaulat”, namun tidak menentukan tanggalnya.

Netanyahu menanggapi keputusan ICJ, yang dikecam oleh politisi Israel lainnya karena dianggap antisemit, dengan secara efektif mengklaim Tepi Barat dan Yerusalem Timur yang diduduki.

"Orang-orang Yahudi bukanlah penjajah di tanah mereka sendiri, termasuk di ibu kota abadi kami, Yerusalem, atau di Yudea dan Samaria,” katanya dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat (19/7), menggunakan istilah alkitabiah untuk Tepi Barat yang diduduki dan umum di Israel.

Sementara itu, pada hari Rabu (17/7) Knesset, parlemen Israel, mengeluarkan resolusi yang menentang pembentukan negara Palestina. Pendukungnya termasuk Benny Gantz, saingan politik utama Netanyahu.

AS mengkritik cakupan keputusan ICJ. "Kami sudah jelas bahwa program dukungan pemerintah Israel terhadap pemukiman tidak sejalan dengan hukum internasional dan menghambat upaya perdamaian," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS pada hari Sabtu.

"Namun, kami khawatir luasnya pendapat pengadilan akan mempersulit upaya penyelesaian konflik," tambah pihak AS.

Departemen Luar Negeri mengatakan pendapat ICJ bahwa Israel harus menarik diri sesegera mungkin dari wilayah Palestina “tidak konsisten dengan kerangka kerja yang ada” untuk menyelesaikan konflik.

Washington mengatakan kerangka tersebut mempertimbangkan kebutuhan keamanan Israel, yang menurut mereka menjadi sorotan setelah serangan 7 Oktober.

  

Infografis Serangan Terkini Israel di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Serangan Terkini Israel di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya