Partai Republik Desak Joe Biden Angkat Kaki dari Gedung Putih

Sejumlah pihak bahkan meminta agar Joe Biden dicopot dari jabatannya dengan menerapkan Amandemen ke-25 Konstitusi AS.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 22 Jul 2024, 17:15 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 17:15 WIB
Joe Biden Thanksgiving
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berdiri di samping Liberty, salah satu dari dua kalkun Thanksgiving nasional, setelah memberikan pengampunan kepada mereka dalam upacara di Halaman Selatan Gedung Putih, Washington, AS, Senin (20/11/2023). (AP Photo/Andrew Harnik)

Liputan6.com, Washington D.C - Sejumlah anggota Partai Republik mendesak Joe Biden untuk mundur dari jabatannya sebagai presiden Amerika Serikat (AS), tak lama usai ia mengumumkan keputusannya untuk mundur dari pencalonannya kembali dalam pemilhan presiden (pilpres) AS 2024.

Biden, saat mengumumkan pengunduran dirinya, mengatakan dia akan tetap menjabat sampai akhir masa jabatannya pada bulan Januari.

Kendati demikian, Gedung Putih telah mengonfirmasi bahwa Biden tidak akan mengundurkan diri, dengan menyatakan: "Dia berharap untuk menyelesaikan masa jabatannya dan memberikan hasil yang lebih bersejarah bagi rakyat Amerika."

Para pemimpin Partai Republik mengatakan bahwa keputusan Biden untuk mengundurkan diri menegaskan pandangan mereka bahwa ia tidak berada dalam kondisi kognitif yang baik untuk menjabat sebagai presiden.

"Jika Joe Biden tidak layak mencalonkan diri sebagai presiden, maka dia tidak layak menjabat sebagai presiden," kata Ketua DPR Mike Johnson, anggota Kongres dari Partai Republik yang paling berkuasa, seperti dilansir BBC, Senin (22/7/2024).

"Dia harus segera mengundurkan diri dari jabatannya. Tanggal 5 November tidak bisa segera tiba," tambahnya, merujuk pada tanggal pemilu AS.

Perwakilan New York Elise Stefanik, ketua konferensi Partai Republik, membuat pernyataan yang hampir sama dengan pernyataan Johnson tentang kemampuan Biden untuk menyelesaikan tugas kepresidenannya.

Ia juga mengatakan: "Dia harus segera mengundurkan diri."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanggapan Donald Trump

Donald Trump Ditembak Saat Kampanye
Ketika hendak meninggalkan panggung, Trump dilaporkan masih bisa mengepalkan tangan ke arah hadirin. (AP Photo/Evan Vucci)

Menanggapi pengumuman Biden untuk mundur, Donald Trump, mengatakan bahwa pemimpin Partai Demokrat itu "tidak layak untuk menjabat sejak awal". Meski demikian, ia tidak memintanya untuk mengundurkan diri dari jabatan.

Senator Steve Daines dari Montana, yang memimpin tim kampanye Senat Partai Republik, mengatakan bahwa menjadi presiden "adalah pekerjaan tersulit di dunia".

"Dan saya tidak lagi yakin bahwa Joe Biden dapat secara efektif menjalankan tugasnya sebagai Panglima Tertinggi," katanya dalam sebuah pernyataan.

Senator Partai Republik lainnya, Markwayne Mullin dari Oklahoma, melangkah lebih jauh dan menyarankan agar Biden dicopot dari jabatannya dengan menerapkan Amandemen ke-25 Konstitusi AS – sebuah metode yang tidak pernah digunakan untuk menggantikan presiden jika dia tidak dapat memenuhi tugasnya.


Desakan Biden untuk Mundur dari Pencalonan Kembali

Joe Biden
Biden sedang menghadiri misa di Gereja Katolik St. Edmond di Pantai Rehoboth, Delaware, ketika penembakan pada kampanye Trump terjadi. (SAMUEL CORUM / AFP)

Banyak politikus telah mengharapkan agar Biden mundur dari pencalonannya kembali.

Jawabannya yang bertele-tele dan seringkali tidak koheren dalam debat tanggal 27 Juni dengan Trump telah mengejutkan negara tersebut dan membuat orang bertanya-tanya apakah ia dapat menjabat sebagai presiden untuk empat tahun lagi.

Meskipun dalam pidato dan wawancara Biden sering menunjukkan semangat baru, ia juga dirundung kendala besar, terutama terkait masalah ingatan.

Partai Demokrat di kongres, khawatir bahwa kegoyahannya akan merusak peluang mereka untuk terpilih kembali, dan donor-donor besar mulai mendesaknya untuk keluar, namun mereka tidak mendesaknya untuk mengundurkan diri.

Presiden terakhir yang meninggalkan kampanye pemilihannya, Lyndon B. Johnson, juga menjalani sisa masa jabatannya. Seperti Biden, Johnson pernah mengatakan bahwa berhenti mencalonkan diri akan memungkinkan dia untuk fokus pada tugas kepresidenannya.

 

Infografis Trump Vs Biden Klaim Kemenangan Pemilu AS 2020
Infografis Trump Vs Biden Klaim Kemenangan Pemilu AS 2020 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya