Benahi Stunting, Menkes Terawan Harap Ibu-Ibu Giatkan Posyandu

Masalah stunting harus cepat dibereskan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 30 Okt 2019, 06:00 WIB
Diterbitkan 30 Okt 2019, 06:00 WIB
Terawan, Terawan Agus Putranto, Dr Terawan, Dokter Terawan, Menkes, Menteri Kesehatan
Menteri Kesehatan Dr dr Terawan Agus Putranto SpRad (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Stunting merupakan pekerjaan rumah (PR) yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Dr dr Terawan Agus Putranto SpRad saat menunjuknya menjadi Menteri Kesehatan di Kabinet Indonesia Maju.

Terawan pun bertekad menjalankan tugas tersebut, dan bisa menurunkan angka stunting melebihi standar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

"Mau setinggi apa pun pangkat dan dan derajat kami, kami ini tetap pelayan. Kami akan berjuang," kata Menkes belum lama ini.

Bahkan, lanjut Terawan, kalau memang harus blusukan untuk belanja masalah, akan dia lakukan. "Kalau masalah tidak dibelanjakan, kita tidak tahu masalah utamanya. Dengan belanja masalah, kita jadi tahu harus berbuat apa," kata Terawan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Menarik Terkait Menkes Terawan


Menkes Terawan Baru Pulang dari Gorontalo

Terawan
Pidato Menkes Terawan Agus Putranto usai serah terima jabatan (sertijab) di Kementerian Kesehatan, Jakarta pada Kamis malam (24/10/2019). (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Saat Health Liputan6.com bertanya lima kota pertama yang kira-kira akan dia datangi untuk menanggulangi masalah stunting ini, Terawan mengatakan bahwa dia baru saja pulang dari Gorontalo pada Minggu, 27 Oktober 2019, malam.

"Saya baru dari Gorontalo, (salah satu) wilayah dengan stunting," katanya.

"Saya berusaha untuk sampai daerah, di mana saya bisa kemukakan bahwa PKK harus digerakkan," Dr Terawan melanjutkan.

Menurut Terawan, salah satu langkah yang harus dilakukan untuk menurunkan angka stunting adalah lebih meningkatkan lagi kegiatan-kegiatan yang ada di posyandu.

"Posyandu harus digiatkan lagi. Komunikasi antara ibu-ibu menjadi baik, tidak ngerumpi saja, tapi menolong bayi-bayi, menolong saling membantu pemberian peningkatan gizi," katanya.

 


Isi Piringku dan Isi Perutku

Menkes Terawan dan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo (Foto: Aditya Eka Prawira/Liputan6.com)
Menkes Terawan dan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo (Foto: Aditya Eka Prawira/Liputan6.com)

Soal peningkatan gizi ini, Terawan mengatakan jangan hanya sekadar melihat gizi yang ada di piring makan, tapi bagaimana gizi itu sampai ke perut.

"Jadi, tidak hanya sampai Isi Piringku tapi juga Isi Perutku. Karena percuma kalau isi piringku lalu diambil sama orang," ujarnya.

Setelah Gorontalo, Menkes Terawan akan mengecek kota-kota atau daerah-daerah dengan angka stunting yang paling tinggi.

"Kalau bisa remote area, terluar, tersulit, atau tidak terjangkau aksesnya," katanya.

"Saya kebetulan tentara, bisa meninjaunya sampai (ke pelosok). Sehingga bisa dilihat lihat juga kearifanlokalnya mau kita bangun seperti apa," ujar Terawan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya