Intip, 7 Kebiasaan Pasangan yang Setia Satu Sama Lain

Setia atau tidaknya pasangan dapat dilihat dari kebiasaan mereka terhadap satu sama lain.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Feb 2022, 21:00 WIB
Diterbitkan 05 Feb 2022, 21:00 WIB
pasangan menikah
ilustrasi pasangan setia/Photo by Smoke Weddings from Pexels

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan yang setia satu sama lain memiliki hubungan yang didasarkan pada persahabatan yang mendalam.

"Mereka, melakukan hal-hal kecil yang menyenangkan satu sama lain setiap hari. Alhasil, mereka berdua merasa penting dan diperhatikan dalam hubungan. Kondisi ini membuat mereka melakukan hal-hal yang membuat pasangan mereka bahagia, dan suka menghabiskan waktu berkualitas bersama berbicara dan berkomunikasi tentang kehidupan," jelas konselor hubungan Heidi McBain MA LMFT, melansir Bustle. 

Memiliki komunikasi yang terbuka dan berlandaskan persahabatan yang baik merupakan dua kesamaan yang dimiliki oleh pasangan yang setia. Namun, ada juga beberapa kebiasaan lainnya yang diungkapkan oleh para ahli. Apa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Tidak Berpura-pura Sempurna

Pasangan yang setia satu sama lain mengakui bahwa dirinya dan hubungan mereka tidak sempurna.

"(Dalam hubungan) mereka pasti ada rintangan, dan itulah yang diharapkan," ucap terapis Julia Colangelo LCSW. "Tapi mereka bersedia menyelesaikannya."

Entah itu saling memaafkan saat melakukan kesalahan, atau berkomunikasi tentang masalah apa pun yang mungkin mereka hadapi, pasangan yang setia satu sama lain tahu bahwa hubungan harus terus diperbaiki.

2. Membuat Hubungan Menjadi Prioritas

Seperti yang dikatakan Sarah E. Clark, terapis berlisensi dan pakar hubungan ini mengatakan pasangan yang setia sering mendiskusikan hubungan mereka dan bagaimana mereka dapat meningkat.

"Mereka tahu bahwa mereka tidak akan keluar dari hubungan mereka untuk mendapatkan apa yang hilang, jadi mereka berusaha untuk mempertahankan dan meningkatkan hal-hal dengan pasangan mereka," katanya.

Hubungan membutuhkan pengasuhan dan pasangan yang setia tahu bagaimana melakukannya.


3. Merawat Diri Sendiri

Perawatan diri adalah bagian penting untuk membuat suatu hubungan berhasil.

"Jika Anda mengharapkan pasangan untuk memberikan semua yang Anda inginkan dan butuhkan, maka Anda akan terus-menerus kecewa dan tergoda untuk mencari orang lain untuk memenuhi apa yang hilang," kata Clark.

"Pasangan yang setia tahu bahwa perlu melihat ke dalam diri mereka sendiri serta hubungan mereka untuk dipenuhi."

Sementara pasangan akan berkontribusi pada kebahagiaan, tahu untuk tidak bergantung pada pasangan mereka untuk semua kebahagiaan mereka.

4. Tidak Takut Menjadi Tergantung Satu Sama Lain

Saat menjalin hubungan, penting untuk membuka. Menurut Montgomery, pasangan yang tetap setia tahu kapan mereka perlu berbagi pemikiran satu sama lain, meskipun itu tantangan untuk melakukannya.

"Ketika pasangan Anda adalah orang yang Anda andalkan setelah hari yang berat atau orang yang Anda bagikan rahasia dan kerentanan terdalam Anda, itu mempertahankan perasaan bahwa mereka 'mendapatkan' Anda tidak seperti orang lain," katanya.

Dan, itu membuat Anda merasa dekat, terhubung, dan kurang membutuhkan perhatian orang lain.


5. Terus-menerus Menunjukkan Dukungan

Pasangan yang setia adalah pemandu sorak terbaik untuk satu sama lain. Pasangan saling mendukung dalam detail kehidupan sehari-hari mereka. 

"Menyadari dan memeriksa pasangan Anda penting dalam hubungan," kata Montgomery. 

Selain itu, menunjukkan rasa syukur pada satu sama lain jugalah penting. Penelitian menemukan bahwa rasa syukur adalah kunci keberhasilan hubungan.

"Ungkapan terima kasih dan pujian tidak hanya terasa enak untuk didengar, tetapi juga memperkuat hubungan Anda dan mengingatkan Anda tentang apa yang Anda sukai dari pasangan Anda," kata Montgomery.

Pasangan yang tetap setia tidak segan-segan memberikan pujian pada pasangannya di sana-sini, dan menunjukkan penghargaannya.


6. Terus Melakukan dan Belajar Hal Baru Bersama

"Penelitian menunjukkan bahwa melakukan hal-hal baru bersama-sama dapat melepaskan zat kimia yang sama di otak kita seperti ketika Anda pertama kali jatuh cinta," kata Montgomery.

"Ini adalah bagian penting dari menjaga hubungan tetap segar dan menarik."

Itu sebabnya dia mengatakan pasangan yang setia akan meluangkan waktu untuk mengeksplorasi dan menemukan hal-hal baru bersama.

7. Berjuang Dengan Cara yang Sehat

Jika Anda belum mengetahuinya, bertengkar (dengan cara yang benar dan sehat) penting untuk mempertahankan hubungan jangka panjang yang sukses. Menurut Dr. Claudia Luiz, psikoanalis dan penulis, itu adalah salah satu kebiasaan umum pasangan yang tetap setia satu sama lain.

"Kebiasaan bertengkar tidak akan mudah atau nyaman, tapi bisa mendekatkan pasangan," kata Luiz.

Pasangan ini tahu bahwa menghindari masalah hanya dapat menciptakan masalah yang lebih besar di masa depan jika dibiarkan tidak terselesaikan.

 

Reporter: Lianna Leticia


Infografis 3 Kombinasi Vaksin Booster Covid-19 Januari 2022

Infografis 3 Kombinasi Vaksin Booster Covid-19 Januari 2022
Infografis 3 Kombinasi Vaksin Booster Covid-19 Januari 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya