129 Tenaga Kesehatan Teladan Dapat Penghargaan Menkes

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nafsiah Mboi memberikan penghargaan kepada 129 tenaga kesehatan teladan tingkat nasional 2013.

oleh Kusmiyati diperbarui 15 Agu 2013, 15:44 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2013, 15:44 WIB
health-mia-130815b.jpg
Mengabdi dan menjadi pelayan masyarakat merupakan tugas dari seorang tenaga kesehatan (nakes). Tenaga kesehatan berperan besar menentukan pembangunan kesehatan. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nafsiah Mboi memberikan penghargaan kepada 129 Nakes teladan di Puskesmas Tingkat Nasional 2013.

"Nakes menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, cinta kasih dan rasa bangga melayani masyarakat ciptaan Tuhan," ujar dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH., di Kantor Kemenkes RI, Jakarta (15/8/2013).

Nakes teladan tersebut berasal dari 33 provinsi di Indonesia dengan empat kategori yaitu tenaga dokter (dokter umum dan gigi), tenaga keperawatan (bidan/perawat), tenaga kesehatan masyarakat, dan tenaga gizi (utrisi/dietetik).

"Tenaga kesehatan layak disebut sebagai pahlawan bangsa, pahlawan kemanusiaan dan kesehatan karena telah meningkatkan kualitas hidup rakyat Indonesia yang sebaik-baiknya," kata Menkes.

Pemilihan nakes teladan di Puskesmas dilakukan dengan cermat, obyektif, transparan, dan adil yang dinilai oleh atasan sendiri, lingkungan dan masyarakat di wilayah tempat nakes teladan tersebut.

Selain apresiasi, Menkes menyampaikan selamat atas prestasi dan terpilihnya Nakes Teladan Nasional dan memberikan plakat, pengharaan dan sebuah laptop.

Bank Negara Indonesia (BNI) 46 pun menyediakan tabungan untuk Nakes tauladan dengan total Rp. 1,29 milyar.

"Saya yakin dan percaya, prestasi ini dicapai berkat kerja keras, kerja cerdas, komintmen dan dedikasi melayani masyarakat dan bertanggung jawab secara sungguh-sungguh," ujar Menkes. (Mia/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya