6 Doa Keberuntungan agar Selamat Dunia Akhirat dan Dijauhkan dari Kemiskinan

Keberuntungan adalah pemberian dari Allah, oleh karena itu selain ikhtiar dengan sungguh-sungguh, kita juga perlu membaca doa keberuntungan.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 15 Jun 2023, 18:30 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2023, 18:30 WIB
Niat dan Sholat Malam
Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak ingin menjadi orang yang beruntung? Setiap orang pasti ingin menjadi orang yang beruntung. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memohon kepada Allah SWT dengan membaca doa keberuntungan. Sebab, keberuntungan pada akhirnya adalah pemberian. 

Meski demikian, keberuntungan tidak datang tanpa alasan. Sebab, selain keberuntungan adalah pemberian Allah SWT kepada hambaNya yang Dia kehendaki, keberuntungan juga akan datang kepada mereka yang mau berusaha.

Dengan kata lain, untuk menjadi orang yang beruntung, selain membaca doa keberuntungan, kita juga harus berusaha semaksimal mungkin agar keberuntungan tersebut datang mendekati kita.

Ada banyak sekali doa keberuntungan dalam agama Islam. Doa keberuntungan dalam agama Islam bisa mendatangkan perlindungan dari Allah SWT, sehingga kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, maupun doa keberuntungan untuk dilimpahkan rezeki.

Dikutip Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (15/6/2023), berikut kumpulan doa keberuntungan dalam ajaran agama Islam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Doa Keberuntungan agar Diberi Pertolongan dan Dimudahkan Urusan

Keberuntungan bisa hadir dalam berbagai bentuk, bisa pertolongan maupun kemudahan dalam berbagai urusan. Oleh karena itu, penting bagi kita selain berusaha, untuk membaca doa keberuntungan agar mendapatkan pertolongan dan dimudahkan urusannya oleh Allah SWT.

Doa keberuntungan ini merupakan bagian dari dzikir pagi yang pernah diajarkan Rasulullah SAW. Berikut bacaannya,

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

Yaa Hayyu Yaa Qoyyum, bi-rohmatika as-taghiits, wa ash-lih lii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan

Artinya: “Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri (tidak butuh segala sesuatu), dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata (tanpa mendapat pertolongan dari-Mu).”


Doa Keberuntungan agar Dimudahkan Rezeki dan Kesempatan Bertobat

ilustrasi berdoa. freepik.com
ilustrasi berdoa. freepik.com

Kesempatan bertobat merupakan salah satu bentuk keberuntungan yang sering kita abaikan. Padahal banyak sekali orang yang belum sempat bertobat sampai ajalnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memohon kepada Allah SWT agar senantiasa diberi kesempatan untuk bertobat dengan membaca doa keberuntungan berikut ini.

اللهم ارزقني فقها في الدين وزيادة في العلم وكفاية في الرزق وصحة في البدن وتوبة قبل الموت وراحة عند الموت ومغفرة بعد الموت ونجاة عند الحساب وجوازا على الصراط يا ذا الفضل والاحسان برحمتك يا ارحم الراحمين

Allahummarzuqni fiqhan fiddini wa ziyadatan fil 'ilmi wa kifayatan fir rizqi wa shihhatan fil badani wa tawbatan qoblal maut wa rakhatan 'indal maut wa maghfiratan ba'dal maut wa najatan 'indal hisabi wa jawazan 'alash shirathi ya dzal fadlli wal ihsani bi rahmatika ya arhamar rahimin.

Artinya: "Ya Allah, anugerahilah aku agar paham dalam masalah agama, tambahan dalam ilmu, kecukupan dalam rizeki, kesehatan tubuh, taubat sebelum mati, ketenangan ketika mati, ampunan setelah mati, keberuntungan pada saat hitungan amal, dan bisa melewati titian (shirath), wahai Dzat pemberi keutamaan dan kebaikan, dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Maha Pengasih di antara para pengasih."


Doa Keberuntungan agar Mendapatkan Rezeki tanpa Repot dan Dijauhkan dari Kemiskinan

Aktivitas Muslim Kashmir di Bulan Suci Ramadan
Muslim Kashmir sedang berdoa selama bulan ramadan di sebuah tempat suci di Srinagar, Kashmir yang dikuasai India, 7 Mei 2019. Saat ini umat Islam di seluruh dunia sedang menjalankan ibadah di bulan Ramadan dengan menahan lapar, haus, dan hawa nafsu mulai fajar hingga senja. (AP/Mukhtar Khan)

Kekayaan dan rezeki yang berlimpah merupakan bentuk keberuntungan lainnya. Apalagi banyak sekali orang yang telah bekerja keras, namun dia tidak kunjung kaya. Ini membuktikan bahwa kekayaan merupakan salah satu keberuntungan yang merupakan pemberian dari Allah SWT. Bagi kita yang menginginkan harta benda dan telah bekerja keras, penting bagi kita untuk membaca doa keberuntungan agar diberi harta benda oleh Allah SWT Yang Mahakaya. Berikut bacaanya,

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma innii as aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi’an thayyiban min ghairita’abin wala masyaqqatin walaa dhoirin wa laa nashabin innaka ‘alaa kulli syai in qadiir.

Artinya: “Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan, sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.”

Selain doa tersebut, kita juga dapat membaca doa keberuntungan berikut ini agar mendapatkan kekayaan dari Allah SWT.

اَللَّهُمَّ يَاغَنِيُّ يَامُغْنِيْ أَغْنِنِيْ غِنًى أَبَدًا وَيَاعَزِيْزُ يَامُعِزُّ أَعِزَّنِيْ بِإِعْزَازٍ عِزَّةَ قُدْرَتِكَ وَيَامُيَسِّرَاْلأُمُوْرِ يَسِّرْ لِيْ أُمُوْرَ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ يَاخَيْرَ مَنْ يُرْجَى يَا اللهُ

Alloohumma yaa ghoniyyu yaa mughnii aghninii ginan abadan wa yaa ‘aziizu yaa mu’izzu a’izzani bi-i’zaazin ‘izzatia qudrotika, wa yaa muyassirol umuuri yassir lii umuurod dun-yaa waddiini yaa khoiro man yurjaa yaa allooh.

Artinya: “Ya Allah, Dzat Yang Maha kaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan yang abadi kepadaku. Wahai Dzat Yang Mahamulia dan yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling diharapkan, Ya Allah.”


Doa Keberuntungan agar Mendapat Manfaat dari Setiap Perbuatan yang Dilakukan

FOTO: Kasus COVID-19 Mulai Landai, MUI Izinkan Saf Salat Kembali Rapat
Umat muslim berdoa di Masjid Cut Meutia, Jakarta, Kamis (10/3/2022). MUI mengizinkan saf salat kembali rapat seiring kasus COVID-19 mulai landai, selain itu aktivitas pengajian di masjid dan perkantoran dapat dilaksanakan dengan disiplin menjaga kesehatan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Keberuntungan juga bisa hadir sebagai manfaat dari apa yang telah kita lakukan, baik itu sedekah, bekerja, belajar, dan sebagainya. Oleh karena itu, agar setiap perbuatan yang kita lakukan menghasilkan manfaat, setidaknya bagi diri sendiri, alangkah baiknya jika senantiasa untuk membaca doa keberuntungan berikut ini.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ، وَالْفَوْزَ بالْجَنَّةِ، وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ

Allahumma inni as'aluka mujibati rahmatika, wa 'aza'ima maghfiratika, was-salamata min kulli ithmin, wal-ghanimata min kulli birrin, wal-fawza bil- jannati, wannajata mina-nar

Artinya: "Ya Allah, aku mohon rahmat-Mu dan sarana pengampunan-Mu, keselamatan dari setiap dosa, manfaat dari setiap perbuatan baik, kesuksesan dalam mencapai surga-Mu, dan pembebasan dari api neraka."


Doa Keberuntungan agar Mendapat Kebaikan di Dunia dan Akhirat

Satu Juta Jemaah Dapat Beribadah Haji Tahun Ini
Umat Muslim berdoa selama bulan puasa Ramadhan di sekitar Ka'bah, tempat suci umat Islam, di kompleks Masjidil Haram di kota Saudi Mekah (9/4/2022). Pengumuman tersebut diterbitkan melalui surat Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi. (AFP/Abdel Ghani Bashir)

Manusia yang paling beruntung adalah manusia yang bisa mendapatkan kebaikan, baik di dunia dan akhirat. Keberuntungan semacam itu seharusnya adalah jenis keberuntungan yang diharapkan oleh kita semua sebagai muslim. Adapun doa keberuntungan yang bisa kita baca untuk mendapatkan kebaikan duni dan akhirat yakni sebagai berikut,

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah, waqina adzabannar.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (Al-Baqarah: 201).” (HR Bukhari).

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya