Sholat Tahajud: Pengertian, Tata Cara dan Manfaatnya

Sholat Tahajud adalah sholat sunah muakad yang didirikan pada malam hari atau malam menjelang pagi/ sepertiga malam setelah terjaga dari tidur.

oleh Putry Damayanty diperbarui 23 Mar 2023, 13:19 WIB
Diterbitkan 03 Feb 2023, 22:30 WIB
[Bintang] Jangan Malas Lagi, Ini 6 Manfaat Gerakan Salat untuk Kesehatan
Ilustrasi salat tahajud (Foto: moslemforall.com)

Liputan6.com, Jakarta - Tahajud berasal dari kata kerja ‘tahajjada’ yang berarti tetap terjaga di malam hari, berjaga malam. Sholat Tahajud adalah sholat sunah muakad yang didirikan pada malam hari atau malam menjelang pagi/ sepertiga malam setelah terjaga dari tidur.

Sholat bukanlah bagian dari sholat lima waktu yang diwajibkan bagi umat Muslim dan dapat dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas.Meskipun tidak wajib, seruan sholat tahajud tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-Isra’ ayat 79:

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Artinya: “Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

Adapun, dalam sebuah riwayat hadis yang dikemukakan oleh Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda:

“Bahwasanya Rasulullah saw ditanya orang, “Sholat manakah yang paling utama setelah sholat yang diwajibkan (sholat lima waktu)?” Rasulullah saw menjawab, “Sholat tahajud.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah).        

Umat Islam yang melaksanakan ibadah tahajud sebagai bentuk teladan Nabi Muhammad SAW yang tetap berjaga di malam hari bahkan setelah melaksanakan sholat lima waktu. Di dalam fiqih islam, mencegah seseorang yang ingin sholat tahajud sebanyak mungkin akan dianggap tercela.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Tata Cara Sholat Tahajud

Berikut cara sholat tahajud dua rakaat:

1. Membaca niat sholat tahajud

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tahajjudi rak’ataini lillahi ta’ala

Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sunah tahajud dua rakaat karena Allah SWT.”

2. Mengucap takbiratul ihram

3. Membaca surah Al-Fatihah

4. Membaca surah Al-Kafirun

5. Melakukan rukuk, iktidal, sujud pertama, duduk di antara dua sujud, dan sujud kedua seperti sholat fardu.

6. Membaca Al-Fatihah.

7. Membaca surah Al-Ikhlas

8. Melakukan rukuk, iktidal, sujud pertama, duduk di antara dua sujud, dan sujud kedua seperti sholat fardu.

9. Duduk dan membaca tasyahud akhir.

10. Salam.

11. Membaca doa sholat tahajud.

اَللهم رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاءُكَ حَقٌّ، وَقَوْلُكَ حَقٌّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهم لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ، فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي. أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لآ اِلَهَ إِلَّا أَنْتَ. وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Artinya: “Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar.”“Demikian pula Nabi Muhammad itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku.”“Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”


Manfaat Sholat Tahajud

Mengutip dari berbagi sumber berikut merupakan beberapa manfaat sholat tahajud:

1. Membuat tubuh lebih sehat dan dicegah dari perbuatan dosa

Rasulullah saw.pernah bersabda :“Lakukanlah sholat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit dari tubuh.” (HR. Tirmidzi).

2. Mendapatkan Ridha Allah SWT

Bagi umat muslim yang dapat menjalankan sholat sunnah tahajud secara rutin maka akan mendapatkan salah satu manfaat, yaitu mendapatkan ridha dari Allah Swt. Hal ini telah tercantum dalam hadits berikut ini yang berbunyi:

“Tiga orang yang diridhai Allah Swt. Yaitu seorang yang pada tengah malam bangun dan sholat, suatu kaum (jamaah) yang bershaf untuk sholat, dan suatu kaum yang berbaris untuk perang di jalan Allah.”  (HR. Abu Ya’la).

3. Dikabulkan doanya dan diampuni dosa-dosanya

Diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa Allah Swt. Turun ke langit dunia pada sepertiga malah terakhir dan mengabulkan doa serta mengampuni dosa. Hal ini telah diriwayatkan dalam sebuah hadits yang berbunyi:

“Pada tiap malam, Tuhan kamu turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Dia berfirman, “Barangsiapa yang menyeru-Ku, akan ku perkenankan seruannya. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaannya. Dan barangsiapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Masuk surga dengan damai

Dijelaskan dalam sebuah hadits yaitu: "Dirikanlah sholat di waktu malam ketika manusia sedang tidur, dan masuklah surga dengan kedamaian." (HR. Ahmad, Ibnu Hibban, dan Hakim).

5.Diberi ketentraman hati dan pikiran

Sholat tahajud yang dilakukan secara konsisten dapat membawa ketentraman hati dan pikiran. Sholat tahajud adalah waktu untuk berkomunikasi kepada Allah Swt., dimana umat muslim dapat mencurahkan segala isi hati dan memohon pertolongan kepada Allah Swt.

6. Meningkatkan imunitas dan meredakan stres

Sholat tahajud ternyata dapat meningkatkan respon ketahanan tubuh imunologik dan mengurangi stres. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya