Heboh Pelanggan Tinggalkan Sampah Popok Bayi di Bawah Meja Restoran

Video memperlihatkan pelanggan meninggalkan sampah popok bayi di bawah meja restoran ini telah menimbulkan ragam komentar.

oleh Asnida Riani diperbarui 13 Apr 2022, 13:04 WIB
Diterbitkan 13 Apr 2022, 13:04 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi sampah popok bayi ditemukan di bawah meja restoran. (dok. unsplash @zelleduda)

Liputan6.com, Jakarta - Warganet dihebohkan oleh video singkat di TikTok yang diunggah pengguna @nzkiia, baru-baru ini. Dalam klip tersebut, tampak sampah popok bayi seolah ditinggalkan di meja sebuah restoran.

Ia menulis, "Apa susahnya sih dibuang ke tempat sampah. Masa ditinggal gitu aja di bawah meja yang mana orang lagi rame bgt loh, even benar ada yg ngebersihin tapi masa iya popok. Itu bukan sampah makanan loh. Maaf ini cuman pendapat saya saja."

Dalam rekaman berdurasi tujuh detik tersebut, sampah popok bayi itu berada di bawah meja yang terdapat makanan-makanan yang sepertinya tidak habis dimakan. Dalam komentar tambahan, si pemilik akun menuliskan, "Saya share video ini bukan maksud apa apa, buat jadi pelajaran untuk kita semua biar ga ada lagi yang seperti ini."

"And thanks to bu ibu yang udah komen. Banyak banget pelajaran yang saya dapat, how to treat baby lagi diajak jalan terus keadaannya begini, walaupun belum jadi ibu-ibu," imbuhnya.

Si pemilik akun menambahkan dalam komentar tersebut, "Masih stay positif mungkin ibunya lupa, dan yang nanyain ga ada toilet di situ? Jawabannya 'ada.' Ini tuh resto yang lumayan high class, fasilitas lengkap."

Unggahan yang sampai artikel ini ditulis sudah ditonton lebih dari 150 ribu kali itu pun menuai berbagai komentar. Tidak sedikit pengguna yang justru memberikan tips bagaimana mempersiapkan kebutuhan anak saat berada di luar rumah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ragam Tanggapan

Ilustrasi restoran
Ilustrasi sampah popok bayi ditemukan di bawah meja restoran. Photo by Sandra Seitamaa on Unsplash

Salah satu warganet menulis, "Pentingnya bawa kresek sepaket sama pampers klo pada punya bayi + tisuu basah jangan lupa." Ini disepakati pengguna lain. Ia berkomentar, "Itulah alasanku ke mana-mana bawa kresek kecil. Sumpah berguna banget kalo misal ke mana-mana (ga cuma ke resto aja). Bisa jadi tempat sampah, tempat baju kotor, dan lain-lain."

Ada juga yang berkomentar, "Lagian bersihin popok kok ga ke kamar mandi sih? Bisa-bisanya ganti popok di tempat rame." "Baru tadi pas buka puasa di luar. Pas lagi makan ada anak kecil yg pup trus ganti popok nya di tempat makan ga dibawa ke kamar mandi," imbuh pengguna lain.

Di salah satu komentar, si pemilik akun menimpali, "Yang aku lihat juga ibunya masih muda. Mungkin new mom kali yah." Ada juga yang menuliskan, "Kalo ada kejadian ngebersihin popok di tempat makan, tapi gak di kamar mandi kita komplain boleh gak sih? Tapi takutnya malah kita yang diocehin."


Kasus Serupa

Hong Kong Temukan Varian Omicron Transmisi Lokal, Klaster Restoran Diduga Jadi Penyebab
Ilustrasi sampah popok bayi ditemukan di bawah meja restoran. (dok. Jay Wennington/Unsplash)

Bukan buang sampah popok bayi, perkara mengganti pokok di meja restoran nyatanya pernah jadi debat online, beberapa waktu lalu. CBC melaporkan, seperti dilansir Rabu (13/4/2022), bahwa kisah seorang ibu di Ottawa, Kanada jadi pemicu kontroversi tersebut.

Dilaporkan bahwa ibu itu "dihukum" karena mengganti popok bayinya di meja restoran. Ini telah memicu berbagai dukungan, kemarahan, dan rasa jijik secara online setelah ditayangkan di program Ottawa Morning.

Debatnya bahkan sampai membuat petisi untuk menuntut semua bisnis di Ontario untuk memasang meja ganti bayi, termasuk restoran, pusat komunitas, dan bioskop. Perubahan pada Ontario Building Code yang berlaku sejak Januari 2015 mengharuskan restoran yang baru dibangun dan lebih besar untuk memiliki kamar kecil keluarga dengan meja ganti pokok bayi.

Tapi, aturan tersebut kala itu tidak berlaku untuk bisnis yang lebih tua. Salah satu warganet berkomentar, "Jika restoran tidak memiliki meja ganti popok, itu adalah kesalahan mereka. Di mana lagi orangtua harus mengganti popok bayinya, lantai kamar mandi?"


Kasus Lainnya

Ilustrasi Restoran
Ilustrasi sampah popok bayi ditemukan di bawah meja restoran. (dok. Pixabay.com/neshom)

Kondisi serupa juga pernah dilaporkan Huffpost. Keputusan seorang ibu untuk mengganti popok bayinya di atas meja makan di tengah Restoran Chipotle membuat banyak orang mengernyitkan dahi kala itu.

Menurut The Consumerist, ibu yang dimaksud sedang makan dengan putrinya yang berusia 16 bulan ketika bayinya membutuhkan penggantian popok. Namun, ketika ibu menemukan bahwa restoran itu tidak memiliki meja ganti, ia mengganti popok anaknya di atas meja restoran.

Suami wanita itu, Chad, dilaporkan mengirim surat ke markas Chipotle, membela perilaku istrinya dan mengkritik karyawan restoran karena memberi tahu bahwa mereka harus pergi jika mencoba mengganti popok lagi di ruang makan.

Ia mengatakan bahwa meski pilihan istrinya untuk mengganti popok bayi di meja makan mungkin dianggap "tidak menyenangkan," para karyawan menunjukkan "ketidakmampuan/keengganan untuk berempati dengan orangtua yang menemukan alternatif yang kurang nyaman bahkan pada hari yang indah seperti kemarin, apalagi hari yang sangat dingin seperti yang pasti akan kita alami."

Chipotle menanggapi surat Chad dengan mengatakan bahwa mereka "saat ini dalam proses perkuatan lokasi dengan menyediakan meja ganti popok."

Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan
Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya