Nadine Kaiser Anak Susi Pudjiastuti Menikah, Erick Thohir Bingung Pernikahan Dihadiri Bule dan Pakai Bahasa Prancis

Sederet pejabat negara hadir di pernikahan Nadine Kaiser, putri Susi Pudjiastuti. Salah satunya Erick Thohir yang ikut mengunggah momen sakral tersebut di akun Instagram miliknya.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 26 Agu 2024, 09:41 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 09:30 WIB
Penikahan anak dari Susi Pudjiastuti, Nadine Kaiser dengan Geoffrey Alain Gerald pada Minggu 25 Agustus 2024
Penikahan anak Susi Pudjiastuti, Nadine Kaiser dengan Geoffrey Alain Gerald pada Minggu 25 Agustus 2024. (Dok: IG @ik.lukminto https://www.instagram.com/ik.lukminto?igsh=eXhubXA1bWkxcWEy)

Liputan6.com, Jakarta - Nadine Kaiser, putri dari Susi Pudjiastuti yang merupakan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan era pertama Presiden Jokowi, resmi menikah dengan kekasihnya, Geoffrey Alain Gerald. Pernikahan digelar di Pangandaran, Jawa Barat, pada Minggu, 25 Agustus 2024.

Pernikahan berlangsung khidmat dengan konsep adat Jawa. Tampak pejabat negara menghadirinya, salah satunya Menteri BUMN Erick Thohir yang membagikan suasana pernikahan dengan sebuah konten di akun Instagram miliknya. 

"Kirain salah datang acara, ternyata bener nikahan anaknya Ibu Susi. Tamunya bule semua, sampai pembawa acaranya juga pakai Bahasa Prancis," tulis Erick di keterangan video yang ia unggah di TikTok dan Instagram pada 25 Agustus 2024.

Di video tersebut, ia memperlihatkan momen sakral saat Nadine dan Geoffrey melaksanakan akad nikah. Penghulu menuntun Geoffrey bacaan istighfar dan selawat, sebelum mengucap ijab kabul dan sah dinyatakan sebagai suami istri. 

Dalam konten tersebut, Erick juga menunjukkan tamu para bule yang berpakaian adat Jawa dengan nuansa hijau. Ia juga merekam momen pembawa acara yang notabene orang Indonesia memandu acara dengan menggunakan Bahasa Prancis. Selidik punya selidik, ternyata menantu Susi Pudjiastuti adalah warga negara Prancis.

Di konten tersebut, Erick tampak pangling dengan penampilan Susi yang mengenakan kebaya kutu baru. Rambut mantan menteri di era awal Presiden Joko Widodo tersebut juga disanggul, ia menyampirkan kerudung senada dengan warna seragam keluarga. Susi menyapa para tamunya, termasuk Erick, dan berterima kasih karena telah menyempatkan hadir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ucapan dari Warganet

Penikahan anak Susi Pudjiastuti, Nadine Kaiser dengan Geoffrey Alain Gerald pada Minggu 25 Agustus 2024
Penikahan anak Susi Pudjiastuti, Nadine Kaiser dengan Geoffrey Alain Gerald pada Minggu 25 Agustus 2024. (Dok: Instagram @elyssa_mysn https://www.instagram.com/elyssa_mysn?igsh=MWw5dnV2cXQycW9xNw%3D%3D)

Melihat penampilan Susi, Erick mengungkapkan bahwa ia merasa pangling. "Bu Susi kalau begini terus bagus ya? Hari ini Bu Susi agak laen nih, kalau Bu Susi begini luar biasa berkah," tanggapan Erick Thohir yang kala itu mengenakan batik serta kopiah ke acara undangan pernikahan.  

Unggahan video Erick mendapat banyak tanggapan dari warganet. "Bu Susi smakin energik ya pk...terlihat sehat walafiat aminn yarobbal allaminn," tulis seorang warganet. "Mentri lgi donk bu," sambung yang lain.

"Semoga di pemerintahan pak prabowo menteri kelautanya bu susi lagi..amiiinn," tulis warganet lagi. "Cantiknya bu @susipudjiastuti115 ❤️. Selamat ya bu atas pernikahan ananda," komentar warganet.

"Selamat Bu @susipudjiastuti115 atas pernikahan anaknya, semoga langgeng dan Sakinah mawadah warahmah," doa warganet lain. "Semoga Pak @erickthohir dan Bu @susipudjiastuti115 sama sama masuk kabinet Pak Prabowo🔥😍," yang lain menimpali. 

"Masha Allah Bu susii, kangenn udh lama ga liat," komentar warganet.


Tamu Lainnya di Pernikahan Nadine dan Geoffrey

Ganjar Pranowo
Didampingi istri, Ganjar Pranowo kondangan pernikahan putri Susi Pudjiastuti, Nadine Kaiser dan Geoffrey Alain Gerald di Pangandaran, Minggu (25/8/2024). (Foto: Dok. Instagram @ganjar_pranowo)

Tak hanya Erick Thohir, sederet pejabat dan politikus lainnya ikut hadir di acara pernikahan Nadien dan Geoffrey, eperti Krisdayanti yang hadir bersama Raul Lemos dan dua anaknya, Amora dan Kellen. Di momen tersebut, Krisdayanti juga bertemu beberapa tamu undangan lainnya.

Krisdayanti membagikan foto bersama Xanana Gusmao, Perdana Menteri Timor Leste, yang juga merupakan tamu undangan. Di keterangan, KD mengungkapkan jika Xanana Gusmao sempat terkejut melihat dua anaknya telah besar karena lama tak berjumpa.

Kridayanti juga berfoto dengan Susi Pudjiastuti. Keduanya sama-sama anggun dengan kebaya warna hijau dan bersanggul. Sementara itu, Raul Lemos tampil formal dengan kemeja batik lengan panjang.

Anggota DPR yang dicalonkan sebagai Wali Kota Batu tersebut juga membagikan fotonya bersama Ganjar Pranowo dan istri. Acara pernikahan putri Susi Pudjiastuti seolah menjadi ajang reuni bagi Kridayanti dan Ganjar yang sama-sama merupakan politikus dari PDI Perjuangan.


Siraman dan Acara Adat

Nadine Kaiser Putri Susi Pudjiastuti Resmi Menikah di Pangandaran. [@nuddyra]
Nadine Kaiser Putri Susi Pudjiastuti Resmi Menikah di Pangandaran. [@nuddyra]

Sebelum menikah, Nadine menjalani serangkaian prosesi adat Jawa seperti siraman pada Sabtu, 24 Agustus 2024. Nadine didampingi oleh kedua orangtua, termasuk mantan suami Susi sekaligus ayah Nadine yang berdarah Swiss, Daniel Kaiser, yang turut hadir dan jadi wali nikah.

Acara siraman yang berlangsung khidmat itu juga digelar di Pangandaran, Jawa Barat. Sebelum siraman dimulai, Nadine Kaiser terlihat melakukan sungkeman dengan kedua orangtuanya.

Kekompakan Susi Pudjiastuti dan mantan suaminya, Daniel Kaiser juga curi perhatian. Meski telah bercerai, keduanya tetap tampil kompak di hari bahagia sang putri dan tetap seperti satu keluarga.

Nadine yang berparas blasteran tampil anggun dalam balutan busana Jawa. Aura pengantinnya pun sudah mulai terlihat sebelum dipersunting oleh Geoffrey. Acara juga semakin ramai dengan kehadiran para sahabat calon bridesmaid-nya.

Jika menilik laman Instagram Nadine, ia telah mempersiapkan pernikahan sekitar Juli 2024. Dalam sebuah video tayangan, terlihat ia sedang fitting untuk busana pernikahannya itu dengan desainer Didiet Maulana. 

Infografis soal data pernikahan
Angka Pernikahan di Indonesia Selama 10 Tahun. (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya