ICW: Kasus Budi Gunawan yang Dilimpahkan Bisa Dihentikan?

Aktivis ICW Emerson Yuntho mengatakan, ragu adalah status Jaksa Agung HM Prasetyo yang merupakan kader partai.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 02 Mar 2015, 22:28 WIB
Diterbitkan 02 Mar 2015, 22:28 WIB
[INFOGRAFIS] "Maju Mundur Cantik" Calon Kapolri Budi Gunawan
Presiden Jokowi telah mengetuk palu, calon Kapolri Budi Gunawan pun digantikan oleh Badrodin Haiti.

Liputan6.com, Nusa Dua - Aktivis Indonesia Coruption Watch (ICW) Emerson Yuntho meragukan pelimpahan kasus Komjen Pol Budi Gunawan terkait dugaan rekening tidak wajar, dari Komisi Pemberantasan korupsi (KPK) kepada Kejaksaan Agung (Kejagung).

"Proses pelimpahan ini riskan disalahgunakan untuk kepentingan penghentian penyidikan atau penuntutan terhadap Komjen Budi Gunawan," ujar Emerson di KPK, Jakarta, Senin (2/3/2015).

Berbeda dengan KPK, lanjut Emerson, hanya kepolisian dan kejaksaan yang dapat menghentikan proses penyidikan terhadap suatu perkara korupsi.

"Sulit bagi kepolisian untuk menangani secara objektif penanganan kasus korupsi yang melibatkan jenderal polisi, karena alasan konflik kepentingan dan membela semangat korps (espirit de corps). Pihak Kejaksaan juga seringkali begitu mudah menghentikan suatu kasus korupsi (SP3) yang ditangani tanpa alasan yang dapat dipertanggungjawabkan," papar dia.

Selain itu, lanjut Emerson, yang membuat dirinya ragu adalah status Jaksa Agung HM Prasetyo yang merupakan kader partai.

"Apalagi saat ini Jaksa Agung, HM Prasetyo merupakan politisi dari Partai Nasdem. Sebagaimana diketahui, Nasdem adalah salah satu pendukung Komjen Pol Budi Gunawan sebagai calon Kapolri," tandas Emerson. (Rmn)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya