Tanggul Jebol di Sisi Timur Pelabuhan Muara Baru Diperbaiki

Tinggi genangan akibat rob sempat mencapai 50 cm sampai 100 cm, dan saat ini hanya tinggal sekitar 30 cm.

oleh Moch Harun Syah diperbarui 08 Jun 2016, 19:22 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2016, 19:22 WIB
Markas Diterjang Rob, Polsek Muara Baru Tetap Buka Layanan
Banjir air pasang laut atau rob setinggi 30 hingga 50 sentimeter menggenangi kawasan Muara Baru.

Liputan6.com, Jakarta - Genangan rob atau pasang air laut di kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman di Muara Baru, Jakarta Utara, perlahan mulai surut. Air rob yang cukup tinggi di kawasan tersebut disebabkan jebolnya tanggul sepanjang 30 meter di sisi timur pelabuhan atau kade timur.

Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta, Rahmat Irawan, mengatakan, proses perbaikan tanggul tengah dikebut. Meski begitu perbaikan tanggul belum permanen.

"Kita sudah buatkan tanggul sifatnya sementara. Pakai batu, karung pasir, dan beberapa material agar tak merembes ke Kawasan Pelabuhan Nizam Zachman lagi ya. Ini dibantu instansi yang terkait untuk pembuatan tanggul sementara," kata Rahmat saat dikonfirmasi, Jakarta Utara, Rabu (8/6/2016) sore.

Ia menuturkan, tinggi genangan hampir mencapai 50 cm sampai 100 cm, tapi saat ini tinggal sekitar 30 cm. Dia berharap air rob yang masuk atau merembes tak lagi separah beberapa hari belakangan.

"Untuk hari ini, yakin tidak meninggi. Mumpung tidak sedang ekstrem ya, kami buatkan dulu tanggul sementara, lalu kita rapikan. Saat ini kami masih fokus untuk pengeringan genangan di ruas jalan yang ada di kawasan pelabuhan. Agar aktivitas kembali normal," tutur Rahmat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya