Kiai Tebuireng: Baliho Erick Thohir Wajar, Tak Ada Unsur Politik

Menurutnya wajar jika masyarakat ikut bereuforia menyambut Erick Thohir.

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Feb 2023, 21:47 WIB
Diterbitkan 03 Feb 2023, 18:38 WIB
Pembukaan Porseni NU
Menteri BUMN Erick Thohir, Rais 'Aam PBNU KH Miftahul Akhyar, Ketua Peringatan Satu Abad NU Yenny Wahid, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Ketua Panitia Porseni NU Nusron Wahid membunyikaan terompet sebagai tanda dibukanya Porseni Nu di GOR Sritex Arena, Sollo, Senin malam (16/1).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Jakarta - Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, KH Fahmi Amrullah Hadzik menilai masyarakat wajar memberikan sambutan kepada Menteri BUMN Erick Thohir yang merupakan Ketua Steering Committee (panitia pengarah) peringatan 1 Abad NU. Baliho tersebut juga tak ada unsur politik.

“Kalau saya sebenarnya wajar ya, karena Pak Erick ini dipasang sebagai ketua panitia. Maka, kalau sekadar mengucapkan selamat datang kepada warga nahdliyin yang datang ke Sidoarjo untuk memperingati satu abad, saya pikir wajar,” ujar Gus Fahmi, Kamis 2 Februari 2023.

Dia pun melihat bahwa baliho Erick Thohir yang tersebar di beberapa titik di Surabaya tidak mengandung muatan politik. Menurutnya wajar jika masyarakat ikut bereuforia menyambut Erick Thohir.

“Saya melihat tulisan yang di baliho itu sebenarnya tidak ada yang bermasalah, ya artinya wajar lah, dan nggak ada tendensi politik dan sebagainya, toh Pak Erick ini juga bukan anggota parpol, murni birokrat, murni pengusaha,” ucapnya.

Jadi, menurut dia, sebenarnya tidak ada masalah dalam pemasangan baliho tersebut. Kendati demikian, menurut dia, wajar juga jika ada kekhawatiran dari Wakil Ketua PWNU Abdussalam Shohib (Gus Salam) menjelang Pilpres 2024.

“Saya pikir untuk saat sekarang ini, Pak Erick sebagai ketua panitia peringatan satu abad. Jadi wajar kalau kemudian dia bikin baliho mengucapkan selamat datang itu. Soal ditafsirkan macam-macam ya itu tergantung yang menafsiri saja saya kira,” kata Gus Fahmi.

 


Momentum Satu Kali Seumur Hidup

Dia pun mengimbau kepada seluruh warga nahdliyin untuk datang ke Resepsi Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU. Karena, menurut Gus Fahmi, momentum Harlah Satu Abad NU ini mungkin hanya bisa disaksikan satu kali seumur hidup.

“Mari kita sukseskan satu abad NU ini, khususnya kepada warga nahdliyin dengan berbondong-bondong untuk hadir ke Sidoarjo. Karena, mungkin momen ini kita hanya punya keempatan satu kali ini,” ucapnya.

Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir
Infografis Gebrakan 30 Hari Menteri BUMN Erick Thohir. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya