Kaesang Siap Duet dengan Anies di Pilgub Jakarta, Ketum Projo: RK Dong Kalau Kita

Ketum Projo Budi Arie Setiadi menyatakan, pihaknya akan mendukung sosok yang didukung Presiden Jokowi, Prabowo-Gibran, hingga parpol KIM. Sejauh ini, kata dia, sosok yang digadang-gadang mendapat dukungan tersebut adalah Ridwan Kamil (RK).

oleh Tim News diperbarui 13 Jun 2024, 16:31 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2024, 16:30 WIB
Ketum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi
Ketum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketum Projo Budi Arie Setiadi di Tangerang. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Projo Budi Arie Setiadi merespons, pernyatan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep yang mengaku siap berduet dengan Anies Baswedan di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

"Ya itu biarin aja lah, itu kan masih 27 Agustus deadline nya pilkada. Tunggu aja," kata Budi Arie, saat di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Saat disinggung apakah Projo akan mendukung duet Anies-Kaesang di Pilgub Jakarta, dia menegaskan bahwa pihaknya akan mendukung sosok yang didudukung oleh Presiden Jokowi, presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo-Gibran, serta partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Adapun salah satu sosok yang digadang-gadang mendapat dukungan dari Jokowi, Prabowo-Gibran, hingga KIM adalah mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK).

"Oh enggak dong, kalau enggak didukung itu enggak. Pokoknya kita maunya yg didukung Jokowi, Pak Prabowo, Mas Gibran dan KIM. RK dong kalau kita," tegas dia.

Lebih lanjut, Budi pun enggan menjawab saat ditanya peluang Kaesang lebih besar berpasangan dengan Anies atau RK pada Pilgub Jakarta 2024 mendatang. Kata dia, masih ada waktu hingga akhir pendaftaran peserta pilkada.

"Ya tunggu aja kan msh ada 27 Agustus pendaftaran terakhir ya," imbuh dia.

Sementara itu, Kaesang mengaku tak masalah jika Projo tidak mendukung dirinya berduet dengan Anies.

"Itu balik lagi itu kan dari teman-teman Projo enggak masalah kan mereka punya pandangan politik yang berbeda enggak masalah," kata Kaesang, saat di kantor DPP PSI, Jakarta, Kamis (13/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PKB Buka Komunikasi dengan PSI, Ingin Duetkan Anies-Kaesang

Anies Baswedan saat bertandang ke Kantor DPW PKB DKI Jakarta, Jakarta Timur, Kamis (13/6/2024). Anies Baswedan menerima pinangan PKB untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6. com/Winda Nelfira)
Anies Baswedan saat bertandang ke Kantor DPW PKB DKI Jakarta, Jakarta Timur, Kamis (13/6/2024). Anies Baswedan menerima pinangan PKB untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6. com/Winda Nelfira)

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPW PKB Jakarta Hasbiallah Ilyas mengatakan, pihaknya telah menjalin komunikasi dengan PSI untuk Pilkada Jakarta 2024.

Komunikasi dengan PSI dilakukan usai DPW PKB Jakarta resmi mengusulkan nama Anies Baswedan sebagai calon gubernur tunggal untuk Pilgub Jakarta 2024. Komunikasi akan membahas peluang duet Kaesang dan Anies di Pilgub Jakarta.

"Kita terbuka dengan wakil gubernur siapapun, termasuk dengan Mas Kaesang yang kemarin di media (bilang) bahwa Mas Kaesang mau menjadi wakil Pak Anies," kata Hasbiallah di DPW PKB Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Menurut Hasbiallah, PKB Jakarta juga terbuka apabila putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi tersebut hendak mencalonkan diri mendampingi Anies Baswedan sebagai calon wakil gubernur (cawagub) di Pilkada Jakarta 2024.

"Kita juga bersedia kalau Mas Kaesang memang mau mencalonkan wakil gubernur DKI. Kita juga sudah komunikasi dengan PSI," ucap dia.

Adapun DPW PKB Jakarta mengusulkan nama Anies ke DPP PKB berdasarkan berbagai pertimbangan. Di antaranya, merujuk hasil survei dan usulan internal DPW PKB Jakarta.

"PKB sudah melakukan survei, yang paham Jakarta itu Anies Baswedan," ujar Hasbiallah.


Kaesang Siap Dipasangkan dengan Anies

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep di Kantor DPP PSI Jakarta, Selasa (4/6/2024). (Foto: Liputan6.com/Lizsa Egeham).

Sementara itu, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengaku, tidak masalah jika dirinya akan dipasangkan dengan Anies Baswedan di Pilkada 2024.

"Jadi ya saya enggak masalah juga kalau nantipun akan di pasangkan oleh Pak Anies," kata Kaesang kepada wartawan di DPP PSI, Jakarta, Rabu (12/6/204).

Putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu mengungkapkan alasan dirinya mau dipasangkan dengan Anies. Menurut dia, sosok Anies selain baik juga memiliki hasil survei tinggi.

“Ya enggak masalah, saya kira itu juga baik. Dan kita lihat juga kan Pak Anies juga kalau kita lihat surveinya sekarang yang paling tinggi," kata Kaesang.

Infografis Kaesang Pangarep Jadi Ketum PSI. (Liputan6.com/Abdillah
Infografis Kaesang Pangarep Jadi Ketum PSI. (Liputan6.com/Abdillah
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya