8 Destinasi Wisata di Tana Tidung Kaltara, Terkenal Nyaman dan Asri

Berikut 8 destinasi wisata Tana Tidung yang bisa kamu kunjungi

oleh Switzy Sabandar diperbarui 31 Jan 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 31 Jan 2023, 06:00 WIB
Pelabuhan di Tana Tidung
Pembangunan Pelabuhan di Tana Tidung Kalimantan Utara (Kaltara).

Liputan6.com, Kaltara - Tana Tidung merupakan salah satu kabupaten yang berada di Kalimantan Utara (Kaltara). Seperti sebagian besar wilayah Kalimantan lainnya, Tana Tidung juga memiliki sederet destinasi wisata yang layak dikunjungi.

Kabupaten ini memiliki jumlah penduduk yang paling sedikit dari semua kabupaten dan kota yang ada di Kalimantan Utara. Hal tersebut justru membuat kabupaten ini terasa nyaman dan asri.

Berikut 8 destinasi wisata Tana Tidung yang bisa kamu kunjungi:

1. Air Terjun Gunung Rian

Air Terjun Gunung Rian terletak di Desa Rian, Kecamatan Sasayap, Tana Tidung, Kalimantan Utara. Mengutip dari laman resmi Desa Sebawang Kabupaten Tana Tidung, Gunung Rian merupakan salah satu hutan lindung yang cukup luas di kawasan tersebut.

Kawasan wisata Kaltara ini mempunyai batu putih serta air terjun yang sangat jernih. Air terjun tersebut memiliki tinggi yang terdiri dari tujuh tingkat.

2. Air Terjun Long Beluah

Selain Air Terjun Gunung Rian, terdapat destinasi wisata air terjun indah lainnya yang bisa dikunjungi. Destinasi wisata tersebut bernama Air Terjun Long Beluah yang menawarkan hamparan pepohonan rindang. Destinasi wisata ini sangat cocok dijadikan tempat refreshing karena menawarkan nuansa alam yang sejuk dan menenangkan.

3. Baloy Adat Tidung

Baloy Adat Tidung atau Boloi Adat Tidung merupakan rumah adat Kalimantan Utara, khususnya Tidung, yang dapat dikunjungi oleh masyarakat umum. Bangunan milik Suku Tidung ini merupakan tempat yang memiliki nilai sejarah.

Berkunjung ke destinasi wisata ini juga dapat membuat pengunjung menambah wawasan terkait Tana Tidung. Destinasi wisata ini berlokasi di Sesayap, Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara.

4. Danau Hijau Desa Menjelutung

Danau Hijau Desa Menjelutung berlokasi di Desa Menjelutung, Kecamatan Sesayap Hilir, Tana Tidung, Kalimantan Utara. Danau yang cukup luas dan dikelilingi pepohonan rindang ini menjadi salah satu destinasi yang cocok untuk bersantai. Lokasi ini juga memiliki beberapa spot menarik yang cocok dijadioan lokasi berfoto.

 


5. Gua Buong Baru

Gua Buong Baru berlokasi di Kecamatan Betayau, Tana Tidung, Kalimantan Utara. Destinasi wisata ini menyimpan bunker yang merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda zaman dahulu.

Gua ini bahkan terletak di dalam hutan karena menjadi bekas area persembunyian para penjajah zaman perang. Para wisatawan bisa mencapai bunker dengan menempuh perjalan selama satu jam dari Tideng Pale.

6. Hutan Lindung Sungai Sesayap

Hutan Lindung Sungai Sesayap berlokasi di Kecamatan Sesayap, Tana Tidung, Kalimantan Utara. Hutan ini merupakan deretan hutan yang berada dalam genangan air sungai.

Pengunjung dapat menyusuri perairan dengan menggunakan perahu dayung. Berwisata menyusuri sungai tersebut akan terasa semakin menyenangkan karena akan ditemani dengan rindangnya pepohonan di sekitar.

7. Persemaian Inhutani

Kabupaten Tana Tidung juga memiliki Persemaian Inhutani yang menjadi tempat konservasi hutan. Pengunjung bisa melihat proses persemaian bibit-bibit tanaman yang dikembangkan dan ditanam kembali di lahan terbuka.

Pengunjung juga akan merasa lebih dekat dengan alam karena akan melihat peoohonan yang telah berumur puluhan tahun yang tersebar di kawasan ini. Lokasi ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata edukasi bersama si kecil.

8. Tugu Latsitarda

Tugu Latsitarda berlokasi di Seludau, Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara. Tugu ini merupakan bangunan unik di atas permukaan tanah yang luas. Berbeda dengan tugu pada umumnya, Tugu Latsitarda berbentuk setengah lingkaran dan di bagian bawahnya terdapat tempat air.

(Resla Aknaita Chak)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya