Ini Berbagai Jenis Kolak, Makanan Khas Ramadan di Indonesia yang Bercita Rasa Legit

Kolak adalah takjil bercita rasa gurih dan legit. Umumnya, makanan yang satu ini terbuat dari pisang, dengan kuah campuran gula merah dan santan. Di samping itu, ada berbagai jenis kolak yang juga biasa muncul saat Ramadan.

oleh Mega Dwi Anggraeni diperbarui 23 Mar 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 23 Mar 2023, 11:00 WIB
Kolak Pisang
Ilustrasi Kolak Pisang Credit: Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Saat Ramadan, ada berbagai makanan khas yang biasanya muncul sebagai menu berbuka. Tentu saja makanan khas Ramadan yang paling populer di Indonesia adalah kolak.

Kolak adalah takjil bercitarasa gurih dan legit. Kolak yang paling umum ditemukan saat Ramadan adalah kolak pisang. Makanan yang satu ini terbuat dari pisang, dengan kuah campuran gula merah dan santan. Tidak ketinggalan, daun pandan yang digunakan sebagai penambah aroma.

Meski secara umum terbuat dari pisang, tetapi ada kolak lainnya yang biasa ditemukan saat Ramadan. Seperti kolak labu hingga nangka. Bahkan, tidak jarang juga yang memasukan berbagai jenis bahan ke dalam panci kolak.

Apa saja sih kolak yang menjadi makanan khas Ramadan? Yuk intip beberapa di antaranya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aneka Kolak, Makanan Khas Ramadan di Indonesia

Kolak Labu
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Danil Padila's

1. Kolak Pisang

Kolak pisang adalah jenis kolak yang paling umum dan populer. Pisang direbus dengan santan, gula, dan daun pandan

2. Kolak Ubi

Kolak ubi adalah kolak yang terbuat dari ubi jalar yang dipotong kecil-kecil dan direbus bersama santan dan gula. Rasanya manis dan lembut, dengan tekstur yang mirip dengan kolak pisang.

3. Kolak Labu

Kolak labu adalah kolak yang terbuat dari labu kuning yang dipotong kecil-kecil dan direbus bersama santan dan gula. Kolak labu memiliki rasa yang lembut dan manis.

 


Selanjutnya

kolak biji salak
Ilustrasi kolak biji salak./Copyright shutterstock.com/g/arissetya

4. Kolak Biji Salak

Kolak biji salak adalah kolak yang terbuat dari biji salak yang direbus bersama santan dan gula. Biji salak biasanya terbuat dari adonan ubi dan tepung tapioka, yang membuat teksturnya kenyal.

5. Kolak Ketan

Kolak ketan adalah kolak yang terbuat dari ketan yang direbus bersama santan dan gula. Biasanya disajikan dengan tambahan kelapa parut sebagai topping.

6. Kolak Nangka

Jenis kolak selanjutnya, yaitu kolak nangka yang tentunya akan berikan rasa manis legit dari bumbu dan buah.

Nangka yang sudah dimasak menjadi kolak akan memberikan tekstur empuk, kenyal, dan sedikit berserat.

Itu dia beberapa jenis kolak sebagai makanan khas Ramadan. Biasanya kolak juga ditambahkan kolang kaling hingga rasa dan teksturnya semakin kaya.

Kira-kira kolak apa yang jadi favorit kamu?

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya