Wajib Tahu, Manfaat Melihat Dedaunan Hijau bagi Tubuh Manusia

Bagi pecinta flora, dedaunan menjadi salah satu bagian penting dalam menata keindahan sebuah pohon, tetapi ada sesuatu yang menarik hatinya.

oleh Panji Prayitno diperbarui 20 Jun 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2023, 10:00 WIB
Wajib Tahu, Manfaat Melihat Dedaunan Hijau Bagi Tubuh Manusia
Belalang pada daun hijau

Liputan6.com, Jakarta - Dedaunan hijau merujuk pada daun-daun tumbuhan yang memiliki warna hijau karena kandungan pigmen klorofil. Klorofil adalah pigmen hijau yang ditemukan dalam dedaunan hijau.

Fungsi utama klorofil adalah dalam proses fotosintesis, yaitu proses di mana tumbuhan menggunakan energi matahari untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi glukosa (gula) dan oksigen.

Pertumbuhan dedaunan di pohon tergantung jenis dan usia tanaman yang ditanam oleh kita. Bagi pecinta flora, dedaunan menjadi salah satu bagian penting dalam menata keindahan sebuah tumbuhan.

Namun, dari sudut pandang psikologi, melihat dedaunan memiliki segudang manfaat yang tanpa disadari oleh manusia. Berikut beberapa manfaat psikologis dirangkum dari berbagai sumber:

Relaksasi dan Pengurangan Stres

Melihat dedaunan hijau diketahui memiliki efek menenangkan dan dapat mengurangi tingkat stres. Pemandangan alam yang hijau dan rimbun dapat membantu mengurangi ketegangan mental dan fisik, serta memicu perasaan rileks.

Tingkatkan Konsentrasi

Menatap dedaunan hijau dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Alam hijau memberikan rangsangan visual yang menenangkan dan dapat membantu merangsang pikiran secara positif, sehingga membantu memusatkan perhatian.

Restorasi Mental

Dedaunan hijau dapat berperan dalam memulihkan kelelahan mental. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengamati alam hijau dapat memperbaiki mood dan memulihkan perhatian yang terkuras.

Meningkatkan Kreativitas

Lingkungan alami, termasuk dedaunan hijau, diketahui dapat merangsang pemikiran kreatif. Pemandangan hijau dapat membantu merangsang imajinasi dan memicu ide-ide baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Melihat Dedaunan

Kesehatan Mental

Paparan terhadap alam hijau telah terbukti memiliki dampak positif pada kesehatan mental secara keseluruhan. Melihat dedaunan hijau dapat mengurangi gejala depresi, kecemasan, dan stres yang berhubungan dengan gangguan mental.

Menurunkan Mata Lelah

Saat kita terlalu lama terpaku pada layar komputer atau gawai, mata kita dapat mengalami kelelahan. Melihat dedaunan hijau dapat memberikan perubahan visual yang menyegarkan bagi mata dan membantu mengurangi kelelahan mata.

Meningkatkan Perasaan Kehidupan

Mengamati dedaunan hijau dan alam secara keseluruhan dapat memberikan perasaan terhubung dengan alam dan sesuatu yang lebih besar dari diri sendiri. Hal ini dapat meningkatkan perasaan kehidupan dan kesejahteraan umum.

Manfaat psikologis dari melihat dedaunan hijau dapat bervariasi dirasakan oleh individu. Beberapa orang mungkin lebih merasakan manfaatnya daripada yang lain, dan faktor-faktor seperti preferensi pribadi dan konteks juga dapat memengaruhinya.

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya