Trivia Saham: Kenali 5 Love Languages dalam Keuangan

Ada lima bahasa cinta utama yang dapat diartikan bagaimana cara seseorang mengelola keuangannya. Apa saja bahasa cinta utama itu? Ternyata salah satunya dari pemberian hadiah.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 19 Feb 2023, 07:44 WIB
Diterbitkan 19 Feb 2023, 07:44 WIB
Lima Bahasa Cinta Utama
Berikut sejumlah lima bahasa cinta utama. Dari lima bahasa utama tersebut juga dapat diterjemahkan dalam cara seseorang kelola keuangan. (Foto: Unsplash/Mayofi)

Liputan6.com, Jakarta - Mengenal bahasa cinta dalam mengelola keuangan. Secara garis besar, love languages atau bahasa cita merupakan konsep yang dikembangkan oleh Dr. Gary Chapman, seorang penulis dan konselor yang berfokus pada pernikahan dan hubungan sosial. Ia menyatakan bahwa setiap individu memiliki bahasa cinta unik yang merepresentasikan cara mereka menerima dan mengekspresikan cinta dan afeksi.

Ada lima bahasa cinta utama. Di antaranya gifts, words of affirmation, physical touch, acts of service dan quality time. Menariknya, lima bahasa cinta itu ternyata juga bisa diterjemahkan dalam cara seseorang mengelola keuangan.

1. Hadiah (Gifts)

Jika menerima hadiah atau receiving gifts adalah love languages yang paling dominan, maka sudah bisa dipastikan Anda adalah orang yang senang dengan pemberian. Tak hanya itu, Anda juga rupanya juga menikmati setiap proses membungkus dan memberikan hadiah kepada orang lain.

Dalam hal keuangan, salah satu contoh adalah saat kurir paket dari belanja online mengetuk pintu rumahmu, dan berteriak, “Pakeeet!”. Bahkan orang-orang dengan dominan bahasa cinta ini, tak merasa sayang jika harus selalu mengisi dompet digital mereka untuk belanja online.

Dengan kebiasaan dan love languages demikian, atur kas operasional agar jangan sampai boncos. Jangan pernah lupa untuk menyisihkan uang di rekening belanja setiap bulan. Melansir laman QM Financial, Minggu (19/2/2023), alokasi untuk belanja sebaiknya 10 persen dari penghasilan. Namun, kalau ingin lebih tak jadi soal asalkan tidak mengganggu pos lain yang sama pentingnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2.Kata-Kata Dukungan (Words of Affirmation)

Ilustrasi sepasang kekasih, pacar
Ilustrasi sepasang kekasih, pacar. (Foto oleh Josh Hild: https://www.pexels.com/id-id/foto/siluet-manusia-yang-melompat-di-lapangan-pada-malam-hari-4606770/)

(Words of Affirmation)Jika love languages utama Anda adalah words of affirmation, maka Anda akan merasa sangat dicintai ketika pasangan atau orang yang berarti untuk Anda mengungkapkan dukungannya terhadap Anda.

Dalam hal keuangan, Anda akan cenderung senang jika menerima atau bisa memberi informasi yang berkaitan dengan uang. Anda suka membicarakan soal keuangan dengan pasangan, keluarga, ataupun orang-orang terdekat yang berarti. Anda bahkan kemungkinan punya mentor keuangan khusus sebagai tempat untuk berbagi masalah keuangan.

Anda mungkin juga suka ikut berbagai seminar atau kelas-kelas keuangan yang menghadirkan pembicara berpengalaman, karena hal ini memberimu kesempatan untuk langsung bertanya mengenai permasalahan ini. Anda berharap mendapatkan jawaban yang bisa langsung memberikan solusi untuk masalah keuangan Anda.

 

3. Waktu yang Berkualitas (Quality Time)

Bahasa cinta yang satu ini membuat Anda kamu betah menghabiskan waktu dengan berada di dekat orang yang Anda cintai, dan membuat Anda merasa aksis.

Dalam kaitannya dengan uang, Anda juga akan senang saat ada uang di dekat Anda. Sehingga cenderung lebih suka menabung daripada belanja. Sebaliknya, Anda akan merasa sedih jika uang menjauhi Anda, alias hanya mampir ke rekening, sebelum ludes untuk membiayai keperluan sehari-hari.

Karena kecenderungan tersebut, maka tak ayal tabungan Anda relatif lebih besar daripada orang lain. Anda merasa aman jika uang anteng di rekening. Namun tak ada salahnya menyisihkan sedikit untuk bersenang-senang. Anda juga perlu membangun aset yang harus agar memberikan passive income ke depannya.

Untuk tabungan, QM Financial merekomendasikan sebesar 10–20 persen dari pendapatan. Namun besaran itu tergantung kondisi, kemampuan, dan kebutuhan masing-masing.

 

 


4. Sentuhan Fisik (Physical Tiuch)

Ilustrasi berjalan bersama, romantis, pasangan
Ilustrasi berjalan bersama, romantis, pasangan. (Photo by Arina Krasnikova from Pexels)

Jika sentuhan fisik adalah love languages utama Anda, maka Anda akan merasa sangat berharga saat pasangan memberikan sentuhan fisik seperti memeluk dan menggenggam tangan Anda di depan umum. Hal yang sama juga berlaku di keuangan Anda. Anda kemungkinan lebih suka menyimpan uang cash di dompet.

Anda juga suka menghitung-hitung dan mengatur letak uang di dompet. Mislanya, gambar harus menghadap ke arah yang sama, dan urut dari nominal besar ke nominal kecil atau sebaliknya. Begitu juga dengan kebiasaan belanja, Anda lebih suka bayar dengan cash. Bayar dengan uang fisik terasa lebih memuaskan, ketimbang dengan kartu kredit atau metode cashless lainnya.

Anda juga barangkali lebih suka mencatat pengeluaran secara manual di buku catatan ketimbang menggunakan aplikasi keuangan. Untuk investasi, Anda mungkin juga lebih suka menyimpan emas, benda-benda collectibles mahal yang bernilai. Misalnya seperti lukisan atau tas dan barang bermerek lainnya

 

 


5. Tindakan yang Menunjukkan Kepedulian (Acts of Service)

Ilustrasi Olahraga dengan Pasangan
Ilustrasi Olahraga dengan Pasangan (Photo created by pressfoto on Freepik)

Jika acts of service merupakan love languages utama Anda, maka kamu merasa paling dicintai ketika pasangan, teman, atau orang terdekat melakukan sesuatu untuk Anda yang bersifat meringankan, bahkan memanjakan. Misalnya, pasangan mau mencuci piringnya sendiri setelah makan.

Hal itu bisa membuatmu merasa sangat dihargai. Atau, ketika pasangan menawarkan diri untuk memasak atau membelikan sesuatu saat melihat Anda keletihan dan kelaparan. Dalam hal keuangan, Anda akan bahagia jika bisa menggunakan uang untuk membuat hidup lebih mudah.

Anda bahagia ketika bisa beli makanan online, karena berarti tidak perlu memasak. Anda akan merasa dimanjakan ketika bisa seharian mendapatkan perawatan di spa, mulai dari massage, creambath, dan perawatan lainnya.

Jika memang ini adalah hal yang membuat Anda bahagia, sama seperti yang lain, jangan lupa untuk mengalokasikan uang secara khusus ya. Anda dapat tentukan sendiri besarannya berapa, dan sisihkan setiap bulannya. 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya