Jadi Direktur Telkom Indonesia, Honesti Basyir Bakal Pamit dari Biofarma

PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) resmi mengangkat Honesti Basyir sebagai direktur Telkom dalam RUPST, 30 Mei 2023.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 31 Mei 2023, 11:24 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2023, 11:24 WIB
Jadi Direktur Telkom, Honesti Basyir Bakal Pamit dari Biofarma
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) resmi mengangkat Honesti Basyir untuk mengisi kursi direksi perseroan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) resmi mengangkat Honesti Basyir untuk mengisi kursi direksi perseroan. Melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Telkom Indonesia yang diselenggarakan Selasa, 30 Mei 2023, pemegang saham menyetujui pengangkatan Honesti Basyir sebagai Direktur Group Business Development Telkom.

Posisi direksi yang dijabat Honesti ini baru, seiring dihapuskannya posisi Direktur Konsumer. Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menerangkan, pergantian nomenklatur itu setali dengan spin off IndiHome ke Telkomsel. Sehingga direksi baru ini akan lebih fokus untuk perkembangan bisnis perseroan yang lebih variatif ke depannya.

"Dugaan saya begini, agar Telkom ini memiliki direktur yang fokus kepada berbagai anak usaha atau unit yang merupakan sumber pertumbuhan revenue ke depannya, data center salah satunya dan nanti ada beberapa lagi akan di bawah direktur yang baru," ujar Ririek, dikutip Rabu (31/5/2023).

Setelah resmi ditunjuk menjadi direksi Telkom melalui RUPST, Honesti Basyir akan segera pamit dari posisinya saat ini sebagai Direktur Utama Bio Farma. Menurut dia, secara hukum tidak diperkenankan bagi direksi khususnya BUMN merangkap jabatan sebagai direksi di dua perusahaan BUMN sekaligus.

"Iya, otomatis (mundur) karena secara legal tidak boleh merangkap," imbuh Ririek.

Perjalanan Karier

Melansir laman Bio Farma, Honesti Basyir diangkat sebagai Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) adalah sesuai Surat Keputusan Menteri BUMN nomor SK-203/MBU/09/2019 tanggal 13 September 2019. Pria yang lahir pada 24 Juni 1968 itu menyelesaikan meraih Sarjana Teknik Industri di Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung pada tahun 1992 dan meraih gelar Magister Keuangan Perusahaan di Institut Manajemen Telkom pada tahun 2002.

Karier Honesti di PT Telkom tercatat sudah dirintis sejak 2012. Saat itu, dia menjabat sebagai CEO Telkom Group hingga 2014. Berlanjut, Honesti menduduki posisi CMO Wholesale and International Business Telkom Group pada 2014-2017.

Pada waktu hampir bersamaan, Honesti juga menjabat President Commissioner of TELIN pada 2015–2017 dan President Commissioner of Metra pada 2016 – 2017. Honesti pernah menjabat sebagai CEO of PT Kimia Farma Tbk pada 2017–2019 sebelum bergabung dengan Bio Farma sebagai Direktur Utama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tebar Dividen 2022

Ilustrasi dividen (Photo by Gerd Atlmann on Pixabay)
Ilustrasi dividen (Photo by Gerd Atlmann on Pixabay)

Sebelumnya, Telkom telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Selasa, 30 Mei 2023. Pada rapat tersebut, pemegang saham menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp 16,6 triliun atau Rp 167,6 per lembar saham. Besaran dividen yang dibagikan itu setara 80 persen laba perseroan untuk tahun buku 2022. Sementara sisa laba sebesar 20 persen atau Rp 4,2 triliun dialokasikan sebagai laba ditahan.

Dividen akan dibayarkan paling lambat pada 5 Juli 2023 bagi pemegang saham yang tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada penutupan perdagangan 13 Juni 2023.

Sepanjang 2022, Telkom membukukan pendapatan Rp 147,30 triliun, naik 2,86 persen dari periode 2021 sebesar Rp 143,2 triliun. Sayangnya, laba perseroan justru susut 16,18 persen menjadi Rp 20,75 triliun pada 2022 dari periode 2021 sebesar Rp 24,7 triliun. Dengan melihat kondisi itu, perseroan mencatat laba per saham dasar turun menjadi 209,49 pada 2022 dari periode sama tahun sebelumnya 249,94.

Selain pembagian dividen, RUPST Telkom juga menyetujui rencana aksi korporasi pemisahan segmen usaha (spin-off) IndiHome ke Telkomsel.

Pemisahan IndiHome dalam rangka implementasi Fixed Mobile Convergence (FMC) merupakan bagian dari strategi utama perusahaan “Five Bold Moves” yang strategis bagi Telkom dalam mendukung terciptanya inklusi digital melalui peningkatan keandalan konektivitas yang lebih luas dan merata bagi masyarakat.

Sinergi antara IndiHome dan Telkomsel yang merupakan pemimpin pasar bisnis broadband diharapkan akan memudahkan masyarakat dalam mengakses beragam layanan digital. Telkomsel akan memiliki mesin pertumbuhan baru yang akan memperkuat kinerja perusahaan ke depannya.

Dari sisi bisnis, integrasi layanan broadband ini diharapkan dapat menjadikan belanja modal (capital expenditure) perusahaan lebih efisien dan mampu menciptakan nilai yang optimal bagi seluruh pemangku kepentingan.

 


Perubahan Manajemen

Perseroan Bagikan Dividen Rp16,6 Triliun
Jajaran Direksi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berfoto bersama usai penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun Buku 2022 di Jakarta, Selasa (30/5).

RUPST juga menyetujui perubahan susunan pengurus Dewan Komisaris dan Dewan Direksi Perseroan. Perubahan susunan perseroan diharapkan dapat berkontribusi pada meningkatnya kinerja perseroan serta menyukseskan langkah transformasi yang tengah dilakukan Telkom.    

Adapun susunan Dewan Komisaris dan Dewan Direksi hasil RUPST Tahun Buku 2022 adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama/Komisaris Independen: Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro

Komisaris Independen: Wawan Iriawan

Komisaris Independen: Bono Daru Adji

Komisaris Independen: Abdi Negara Nurdin

Komisaris: Arya Mahendra Sinulingga

Komisaris: Marcelino Pandin

Komisaris: Ismail Komisaris: Rizal Mallarangeng

Komisaris: Isa Rachmatarwata

Komisaris: Silmy Karim

Dewan Direksi

Direktur Utama: Ririek Adriansyah

Direktur Enterprise & Business Service: FM Venusiana R

Direktur Digital Business: Muhamad Fajrin Rasyid

Direktur Human Capital Management: Afriwandi

Direktur Keuangan & Manajemen Risiko: Heri Supriadi

Direktur Network & IT Solution: Herlan Wijanarko

Direktur Strategy Portfolio: Budi Setyawan Wijaya

Direktur Wholesale & International Service: Bogi Witjaksono

Direktur Group Business Development: Honesti Basyir

Infografis Ekonomi RI Jauh Lebih Baik dari Negara Lain
Infografis Ekonomi RI Jauh Lebih Baik dari Negara Lain (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya